2 Cara Screenshot di PC yang Paling Sering Dipakai

Dari 12 aplikasi screenshot PC terbaik yang saya tahu, ada dua aplikasi yang sampai sekarang paling sering saya pakai. Entah untuk kebutuhan menulis artikel tutorial, maupun untuk kebutuhan komunikasi.

Dua aplikasi yang saya maksud adalah Lightshot dan Snipping Tools. Nah, di artikel ini saya akan jelaskan tahapan-tahapan bagaimana cara screenshot di PC menggunakan kedua aplikasi tersebut.

Sejauh ini sih kedua aplikasi tersebut sangat memudahkan pekerjaan saya. Bisa jadi nanti teman-teman juga akan mendapatkan insight baru setelah membaca artikel ini.

Screenshot Menggunakan Aplikasi Lightshot

Langkah pertama tentu harus dipastikan dulu di PC kita sudah terinstall aplikasi Lightshot. Jika belum, ya silahkan download dan install.

Jika belum tahu di mana downloadnya, klik aja link website resmi Lightshot berikut: Download Lightshot.

Setelah terinstall, kita akan menemukan icon seperti bulu ayam muncul di menu Start dan di Taskbar.

Ketika kita hendak melakukan screenshot, silahkan klik tombol “Prt Sc” yang ada pada keyboard PC kita. Biasanya ada di pojok kanan atas, dekat tombol “NumLk.”

Setelah di klik, layar PC akan tampak redup. Selanjutnya kita tinggal klik bidang layar PC lalu sesuaikan bidang layar yang hendak kita ambil.

Sebelum kita save gambar hasil screenshot, kita bisa menambahkan beberapa komponen dengan memanfaatkan menu yang ada di Lightshot.

Ada komponen untuk membuat gambar kotak, membuat garis, menulis bebas, stabilo, menambahkan text, dan lain sebagainya. Dalam penulisan artikel tutorial, kita butuh elemen-elemen ini untuk menjelaskan gambar sebagai ilustrasi.

Cara kedua yang bisa kita lakukan untuk screenshot menggunakan Lightshot adalah dengan klik icon aplikasi Lightshot yang ada di taskbar.

Namun, cara kedua ini kadang kotak yang tampil dari pelebaran taskbar akan ikut tertangkap screenshot. Jika kita enggak jeli, bisa jadi penampakan ini terkesan menutupi gambar pada bidang layar yang ingin kita tangkap.

Jika kita merasa kurang nyaman dengan aplikasi Lightshot, kita bisa coba melakukan screenshot dengan menggunakan aplikasi Snipping Tools. Bagaimana caranya?

Screenshot Menggunakan Aplikasi Snipping Tools

Cara kedua untuk melakukan screenshot di PC yaitu menggunakan aplikasi Snipping Tools. Aplikasi ini enggak perlu kita download, karena sudah bawaan dari sistem Windows.

Awalnya memang enggak muncul begitu saja, tapi kita perlu memunculkan aplikasi Snipping Tools ke taskbar atau tombol start. Bagi pengguna Windows 10 bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama, ketikkan “Snipping Tools” pada kolom search atau pencarian di taskbar. Setelah muncul hasil pencarian, silakan klik “Pin to taskbar.”

Kedua, silakan atur mode screenshot yang kita inginkan. Caranya klik icon Snipping Tools yang ada di taskbar, setelah muncul jendela baru klik “Mode” lalu pilih salah satu dari 4 mode yang disediakan.

Enggak perlu dijelaskan satu-satu ya? Coba aja satu persatu mode yang ada. Nantinya kita akan paham mode mana yang pas kita pakai untuk screenshot bidang yang kita butuhkan.

Ketiga, untuk melakukan screenshot dengan aplikasi Snipping Tools, kita tinggal klik menu “New.” Beberapa detik kemudian otomatis layar PC kita akan tercapture sesuai dengan mode yang kita pilih.

Jika kita pilih mode “Rectangular Snip” maka kita perlu menyeleksi bidang yang kita screenshot. Setelah itu otomatis gambar tersebut akan muncul di jendela baru atau semacam lembar kerja editing di aplikasi Snipping Tools.

Nah, di jendela baru ini kita bisa melakukan editing ke gambar hasil screenshot sebelum kita save. Misalnya bisa kita tambahkan coretan atau stabilo menggunakan menu yang ada di sana.

Atau bisa juga kita lakukan editing di lembar kerja aplikasi Paint 3D. Kita tinggal klik aja icon aplikasi Paint 3D yang ada di menu bar aplikasi Snipping Tools. Di aplikasi Paint 3D ini kita bisa lebih detail melakukan editing gambar dengan menu editing yang lebih lengkap.

Inilah kelebihan menggunakan aplikasi Snipping Tools, aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi editing gambar Paint 3D. Keduanya sama-sama aplikasi bawaan Windows, jadi memang diintegrasikan agar pengguna lebih puas menikmati fitur-fitur yang disediakan.

Pada prinsipnya apapun aplikasi screenshot yang kita pakai, enggak ada masalah. Asal kita nyaman dan mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Baik aplikasi Lightshot maupun Snipping Tools, yang penting kita bisa memanfaatkan teknologi untuk mewujudkan kreatifitas kita. Terus jaga produktivitas ya. [SNs]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *