aplikasi screenshot

5 Aplikasi Screenshot di Laptop PC

Saat ini screenshot menjadi hal yang populer dilakukan banyak orang di seluruh dunia, tidak terkecuali di negara Indonesia. Penggunaan screenshot sudha lebih dari sebatas untuk menangkap dan membagikan pesan error yang ditampilkan layar laptop.

Meskipin lebih sering digunakan pengguna smartphone, pengguna laptop tidak jarang menggunakan screenshot untuk menangkap informasi tertentu pada layar laptopnya. Berikut rekomendasi oleh mastekno.com tentang aplikasi screenshot terbaik untuk PC dan Laptop.

Aplikasi Screenshot Laptop

Berikut ini adalah beberapa aplikasi screenshot laptop terbaik, antara lain.

Snipping Tool

Aplikasi ini bisa digunakan di Windows 7, 8, 8.1 dan Windows 10. Aplikasi ini memungkinnkan kalian untuk screenshot layar penuh, jendela tunggal atau area layar tertentu.

Ada beberapa fitur tambahan dari aplikasi ini, seperti Penhapus, Stabilo, Pensil, dan lain sebagainya. Kalian bisa menyimpan hasil screenshot dalam berbagai bentuk file, antara lain PNG, JPEG, GIF, atau MHT.

Greenshot

Greenshot adalah sebuah aplikasi screenshot gratis dan open-source untuk Windows, aplikasi ini juga tersedia untuk MacOS. Ukuran dari aplikasi ini hanya berukuran 1,69 MB,

Aplikasi ini dilengkapi dengan sjumlah fitur, yakni Snipping Tool, screenshot halaman web, membuat anotasi, beberapa opsi ekspor, dan lain sebagainya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Thomas Braun, Jenis Klingen, dan Robin Krom, aplikasi ini dirilis pada tahun 2007. Sampai saat ini aplikasi ini sudah dilengkapi dengan 30 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

ShareX

ShareX adalah sebuah aplikasi screenshot open-source dan gratis untuk digunakan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah memungkinkan pengguna untuk mengunggah hasil screenshot ke berbagai tujuan atau layanan.

Ada banyak fitur keren dari aplikasi ini adalah Scrolling Capture, Webpage Capture, menambahkan watermark ke hasil screenshot, dan masih banyak lagi lainnya.

Snagit

Snagit adalah salah satu aplikasi screenshot yang berbayar, beberapa fitur utam yang dimiliki Snagit adalah template yang bisa digunakan untuk membuat dokumentasi visual, materi pelatihan, tutorial, membuat video, dan tujuan berbagi yang mendukung korporasi.

Fitur lain dari aplikasi ini adalah menunjukkan gambar yang diperbesar dari area dimana kursor melayang, efek khusus, editing ukuran gambar, dan lain sebagianya.

PicPick

Aplikasi ini bersifat freemium yang berarti menawarkan layanan dasar secara graatis, dan mengenakan biaya hanya untuk fitur lanjutan. Jika kalian pengguna rumahan, kalian cukup menggunakan PicPick yang gratis. Sementara jika untuk keperluan bisnis, sebaiknya gunakan PicPick premium yang menawarkan banyak sekali fitur profesional.

Aplikasi ini hanya berukuran 15 MB dan antarmuka Windows yang modern sudah menunjukkan jika aplikasi ini lebih dari sekedar aplikasi screenshot biasa.

Aplikasi ini sangat membantu bagi para blogger, karena aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti menyisipkan teks, menerapkan efek, dan menambahkan tanda seperti angka dan panah untuk menambahkan keterangan pada screenshot.

Nah, itulah beberapa 5 (lima) aplikasi screenshot laptop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *