cara mencegah kanker serviks

5 Cara Mencegah Timbulnya Penyakit Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang sangat diwaspadai oleh setiap orang. Penyakit ini bahkan menjadi momok yang menakutkan bagi mereka yang menderita kanker serviks. Apabila penderita gagal mendapat perawatan maka bisa menjadi fatal. Sebeum semuanya terlambat, sebaiknya Anda mengetahui cara mencegah kanker serviks yang dapat dilakukan secara alami.

Kanker serviks terjadi ketika sel-sel tumbuh secara tidak terkontrol dan mulai tumbuh di luar kendali dan terus berkembang. Gaya hidup, gen atau faktor risiko yang semuanya memainkan peran dalam perkembangan sel kanker. Namun kabar baiknya, kanker dapat dicegah dengan beberapa cara yang dapat Anda lakukan di rumah sebelum terlambat.

Cara Mencegah Kanker Serviks Sebelum Terlambat

Konsumsi makanan sehat

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang sehat dapat mencegah penyakit kanker hingga 10%. Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran telah dikaitkan menjadi penurunan risiko kanker mulut, lambung, esophagus, paru-paru dan laring.

Sedangkan konsumsi terlalu banyak daging merah seperti domba, sapi, kambing dan daging olahan seperti bacon, salami, hot dog telah dikaitkan sebagai peningkatan risiko kanker. Sementara seseorang yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat mengurangi risiko kanker usus.

Melakukan vaksinasi

Infeksi dengan jenis virus tertentu dapat meningkatkan risiko terhadap jenis kanker tertentu, sebagai contohnya virus yang menyebabkan hepatitis B (HBV) dapat meningkatkan risiko terhadap kanker hati. Sedangkan infeksi dari human papillomavirus (HPV) dapat meningkatkan risiko kanker serviks, bagina vulva dan dubur.

Vaksin yang efektif untuk mencegah infeksi terhadap virus-virus tersebut yaitu vaksin HPV dan HBV tidak sama halnya dengan vaksin kanker. Sedangkan vaksin kanker dirancang untuk merangsang tubuh dalam menyerang sel kanker setelah kanker tersebut berkembang. Sebelum mendapatkan vaksinasi, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis.

Melakukan olahraga secara teratur

Menurut penelitian bahwa wanita yang rajin berolahraga 30 menit per hari dan melakukan 5 kali dalam seminggu (total 150 menit maka dapat menurunkan risiko kanker payudara. Jika dilakukan secara konsisten maka dapat menurunkan risiko kanker usus, kanker paru-paru dan kanker serviks.

Melakukan olahraga secara teratur dapat mencegah risiko terjadinya penyakit kanker. Contoh latihan yang sangat disarankan adalah berjalan cepat, bersepeda, jogging, mendaki gunung dan lompat tali.

Istirahat dengan cukup

Dalam satu studi menemukan bahwa wanita yang bekerja lebih padat dengan jadwal yang tidak teratur akan lebih berisiko 30% lebih tinggi terkena penyakit kanker dari pada mereka yang memiliki pola hidup teratur. Karena pergeseran jam kerja juga merupakan faktor risiko terhadap penyakit kanker.

Untuk itu buatlah jadwal tidur yang teratur. Segera tidur dalam waktu yang sama untuk setiap malamnya dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Lakukan rutinitas waktu tidur yang teratur. Selain itu, Anda harus ciptakan suasana tidur yang nyaman. Bagi kebanyakan orang, suhu dingin, tingkat kebisingan rendah dan ruangan gelap akan memberikan kenyamanan.

Menghindari minuman berkafein sebelum istirahat

Agar Anda dapat beristirahat dengan maksimal, sebaiknya hindari makanan dan minuman tertentu pada jam-jam sebelum tidur. Khusunya minuman berkafein, karena kafein akan membuat Anda terjaga selama berjam-jam setelah Anda mengkonsumsinya.

Selain kafein, maka minuman beralkoholjuga akan mengganggu waktu tidur Anda di malah hari. Ketika Anda kurang tidur atau tidur dengan waktu yang terlalu lama akan menimbulkan ketidaknyamanan.

Dari ke 5 cara mencegah kanker serviks di atas, semoga dapat menambah informasi untuk Anda. Sehingga Anda khususnya wanita lebih bisa menjaga kesehatannya dengan lebih baik dengan mengatur pola makan dan pola tidur dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *