Air Terjun Ayek Asam

Air Terjun Ayek Asam

Air Terjun Ayek Asam atau yang biasa dikenal dengan nama Air Terjun Bidadari merupakan salah satu obyek wisata yang menjadi daya tarik utama pariwisata di Kabupaten Lahat.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi diantara 7 air terjun yang berada di aliran Sungai Asam karena memiliki ketinggian sekitar 30 m.

Sejarah Air Terjun Ayek Asam

Air terjun ini dinamakan Air Terjun Bidadari karena menurut legenda yang ada, tempat ini dipercaya merupakan tempat pemandian para bidadari. Keindahan alam di sekitar air terjun ini sudah tidak diragukan lagi.

Hal Menarik di Air Terjun Ayek Asam

Air Terjun Ayek Asam

Berkat keunikan serta eksotisme alam di air terjun ini, sempat menjadi lokasi syuting film “Si Pahit Lidah”. Selain keindahan alamnya, air terjun ini memiliki debit air yang sangat besar dengan danau yang cukup luas di bawahnya.

Selain itu, di pinggiran danau tersebut terdapat banyak batu koral yang berjejer secara alami. Hal ini cukup membuat para wisatawan betah berada di sini. Biasanya pada musim ramai kunjungan akan banyak wisatawan yang bermain air di danau di bawah air terjun Ayek Asam.

Selain dapat menikmati keindahan alamnya, kita juga dapat menikmati keindahan air terjun lainnya yang berada di dekat Air Terjun Bidadari dengan menyusui aliran Sungai Asam. Terdapat 6 air terjun yang lokasinya cukup berdekatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Air Terjun Sumbing dengan ketinggian sekitar 10 m.
  • Air Terjun Ujan Panas dengan ketinggian sekitar 20 m.
  • Air Terjun Pandak dengan ketinggian sekitar 5 m.
  • Air Terjun Sebahak dengan ketinggian sekitar 10 m.
  • Air Terjun Pegadungan dengan ketinggian sekitar 5 m.
  • Air Terjun Terlantang dengan ketinggian sekitar 15 m dan lebar 15 m yang menjadikannya sebagai air terjun paling lebar di lokasi ini.

Seluruh air terjun tersebut mengalir di Sungai Asam dan semuanya bermuara di Sungai Lematang. Nah, aktivitas inilah yang sangat rekomended bagi kamu yang suka trekking dan beralih dari wisata alam yang satu ke wisata lainnya.

Cara Menuju ke Air Terjun Ayek Asam

Air Terjun Bidadari atau Ayek Asam berjarak sekitar 16 km dari kota Lahat atau sekitar 231 km dari kota Palembang. Untuk menuju ke sini dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Apabila menggunakan angkutan umum dari Palembang dapat menggunakan bus Trans Sumatera dengan rute Palembang – Pagar Alam.

Apabila dari kota Lahat dapat menggunakan bus dengan rute Lahat – Pagaralam. Atau bisa juga menggunakan angkutan umum antar desa di Lahat. Kemudian turun di Desa Karang Dalam yang dilanjutkan dengan berjalan kaki untuk menuju ke lokasi air terjun. Sepanjang perjalanan ini kita akan melewati perkebunan kopi dan karet milik penduduk setempat selama sekitar 45 menit.

Itulah ulasan singkat mengenai air terjun Ayek Asam yang ada di kabupaten Lahat. Destinasi ini sangat layak untuk dikunjungi. Terlebih masih jarang dikenal oleh warga luar kota, tempat ini masih terasa sangat asri dan sangat tepat untuk dijadikan sebagai tempat mencari ketenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *