Aksesoris Masjid

Aksesoris masjid adalah kelengkapan yang harus dimiliki karena memiliki fungsi tertentu. Aksesoris ini bukan hanya sekedar kelengkapan namun juga sebagai hiasan agar masjid tampak lebih indah. Masjid yang memiliki aksesoris ini akan lebih nyaman dan menarik untuk dikunjungi jamaah ketika waktu sholat tiba. Berikut beberapa aksesoris sekaligus pelangkap peralatan di dalam masjid.

Aksesoris Masjid

1.Al-Quran

Masjid sering digunakan sebagai salah satu tempat untuk membaca Al-Quran. Al-Quran selain dibaca dapat pula dijadikan sebagai salah satu aksesoris di dalam masjid. Setiap masjid pasti memiliki kitab suci ini dalam berbagai ukuran. Biasanya yang digunakan pada masjid adalah Al-Quran yang berukuran cukup besar. Hal ini bermaksud agar semua kalangan mudah untuk membacanya.

2.Jam Dinding

Jam dinding wajib dimiliki oleh setiap masjid karena sangat penting untuk menunjukkan waktu. Masjid bertugas melakukan azan untuk memperingatkan waktu sholat. Waktu azan tersebut agar tepat harus sesuai dengan jam yang berlaku.  Jam dinding masjid yang menunjukkan waktu sholat dapat menggunakan model analog atau digital. Model digital banyak digunakan saat ini karena lebih mudah.

3.Mimbar

Mimbar digunakan sebagai tempat untuk menyampaikan ceramah. Setiap masjid sering sekali melakukan ceramah, contoh yang kerap dilakukan adalah khutbah Jumat. Mimbar digunakan agar memudahkan penceramah untuk menyampaikan khutbahnya. Mimbar umumnya terbuat dari kayu yang diukir dengan indah. Mimbar dapat dipesan atau dibeli langsung ke tukang ukir kayu.

4.Sajadah

Sajadah adalah kelengkapan wajib yang harus ada disetiap masjid. Sajadah digunakan sebagai alas sholat agar lebih bersih. Sajadah banyak digunakan sekalian sebagai karpet tempat duduk pengunjung masjid. Jadi ketika ada kegiatan didalam masjid dapat sekalian duduk diatas sajadah. Kegiatan tersebut misalnya ceramah, khutbah Jumat, kultum, kajian dan lain sebagainya.

5.Lemari

Lemari digunakan sebagai salah satu aksesoris masjid. Kegunaannya adalah untuk tempat meletakkan berbagai barang agar terlihat lebih rapi dan tertata. Beberapa barang yang diletakkan misalnya Al-Quran, mukena, sejadah, buku-buku tentang islam dan lainnya. Lemari kaca biasa digunakan untuk masjid, namun ada masjid yang menggunakan lemari kayu dengan ukiran indah.

6.Kaligrafi Dinding

Kaligrafi banyak dipajang pada bagian dinding masjid. Kaligrafi ini berfungsi sebagai salah satu hiasan agar masjid menjadi lebih indah. Sebagian masjid menggambar kaligrafi langsung ke dinding menggunakan cat warna yang sesuai. Namun ada juga yang menggantung kaligrafi dengan kaca pada dinding agar lebih mudah. Kaligrafi ini berisi potongan ayat Al-Quran atau Asmaul Husna.

7.Sandal

Sandal masjid digunakan pada masjid yang memiliki tempat wudhu yang tidak bergabung langsung dengan bangunan masjid. Sandal dapat digunakan oleh semua yang akan melakukan sholat dan mengambil wudhu. Umumnya jemaah yang tidak membawa sendal adalah karyawan dan pendatang. Pendatang dan karyawan yang bekerja dapat menggunakan sendal masjid saat berwudhu.

8.Bedug

Bedung merupakan salah satu peralatan yang digunakan untuk menandakan waktu sholat tiba. Bedung dipukul terlebih dahulu sebelum azan sholat dikumandangkan. Bahan pembuatan bedug adalah kayu dan kulit sapi. Bentuknya berupa tabung yang ditutup kedua sisinya dengan kulit sapi. Nantinya bagian yang tertutup tersebut akan dipukul ketika waktu sholat telah tiba.

Beberapa masjid tidak menggunakan bedug lagi karena waktu sholat telah ditunjukkan melalui jam masjid. Jam pada masjid banyak menggunakan digital yang lebih canggih. Aksesoris masjid tersebut dapat menunjukkan waktu sekalian keterangan waktu sholat dengan tepat. Jam dengan teknologi canggih juga dilengkapi dengan alarm yang berbunyi ketika waktu sholat telah tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *