cara mengetahui aplikasi startup windows 10

Aplikasi Startup di Windows 10

Aplikasi startup adalah sebuah aplikasi yang berjalan saat komputer dinyalakan. Secara default, ada beberapa aplikasi yang memang diizinkan untuk berjalan pada startup. Namun, aplikasi tersebut bisa saja dimatikan dari daftar startup app untuk mempercepat proses booting sekaligus untuk meringankan beban komputer.

Perlu Anda ketahui, salah satu penyebab laptop ataupun komputer lemot adalah banyaknya aplikasi startup. Ketika komputer hidup, maka aplikasi tersebut akan otomatis berjalan di belakang layar. Jika aplikasi startup pada Windows 10 Anda banyak, maka sudah pasti memberatkan kinerjanya karena memakan resource yang cukup besar juga.

Jadi, sangat penting untuk kita semua mengetahui aplikasi starup yang ada pada Windows, khususnya Windows 10. Setelah mengetahui aplikasi startup tersebut, langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi yang mau dihidupkan ataupun dimatikan dari startup.

Cara Melihat Startup App Windows

Untuk melihat startup app pada Windows, ada beberapa cara yang bisa digunakan, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Task Manager

Selain untuk mengetahui program yang sedang berjalan, task manager juga bisa digunakan untuk mengetahui aplikasi startup. Cara ini bukan hanya bisa digunakan pada Windows 10 saja, pengguna Windows 7 maupun Windows 8 juga bisa menggunakan cara ini.

Bagi pengguna Windows 10, Anda bisa membuka task manager dengan klik kanan pada Taskbar lalu pilih Task Manager. Setelah terbuka, silahkan Anda pilih tab Startup.

aplikasi startup windows 10

Untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8, mungkin tampilannya akan berbeda ya dengan gambar di atas. Tapi tenang, untuk fungsinya tetap sama saja kok. Silahkan Anda tentukan aplikasi mana saja yang diizinkan untuk berjalan saat startup.

Untuk mematikan atau menghidupkan aplikasi tersebut, silahkan Anda klik aplikasi yang diinginkan lalu pilih Enable / Disable (sesuai kebutuhan) pada pojok kanan bawah.

2. System Settings

Ini adalah fitur baru pada Windows 10 update (lupa versinya, tapi pada versi 1909 November 2019 sudah ada). Jadi, tidak semua versi Windows 10 memiliki pengaturan starup app pada System Settings, hanya versi Windows 10 terbaru saja.

Untuk membuka startup app pada System Settings, silahkan Anda klik icon pencarian lalu ketikkan startup app. Nanti Anda akan dibawa ke halaman seperti gambar di bawah ini.

startup app windows 10

Tampilan pada System Settings jauh lebih mudah dipahami daripada cara sebelumnya. Untuk mematikan atau menghidupkan startup app juga lebih mudah, Anda tinggal klik toggle yang terdapat pada sebelah kanan aplikasi.

3. CCleaner

Ini adalah cara melihat startup app pada Windows selain menggunakan fitur bawaan. CCleaner adalah sebuah software yang sering digunakan untuk mengoptimalkan komputer sekaligus untuk membersihkan registry.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah ringan ketika dijalankan, jadi tidak akan membuat komputer Anda lemot. Selain untuk mengoptimalkan komputer, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melihat startup app.

Pertama, Anda harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia dalam 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Kalau sekadar untuk mengetahui startup app saja, silahkan pilih yang versi gratis saja.

Setelah itu, silahkan buka aplikasi tersebut dan pilih Startup. Sekarang, Anda bisa menentukan aplikasi yang diizinkan untuk berjalan saaat startup. Caranya klik aplikasi yang ingin dimatikan atau dihidupkan, lalu pilih Disable atau Enable sesuai keinginan Anda.

cara melihat startup app windows 10

Setelah mengetahui dan mematikan aplikasi startup pada Windows 10, maka proses booting dan kinerja laptop akan lebih cepat.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui aplikasi startup di Windows 10. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *