Aplikasi Wajib di Windows 10

Setelah melakukan instal ulang windows 10  ulang tentu semua aplikasi atau software pada komputer Anda akan hilang secara keseluruhan. Nah, demi menunjang kinerja Anda, ada beberapa aplikasi wajib yang Anda install pada laptop atau komputer Anda. Apa saja aplikasi wajib windows 10 tersebut?

Daftar Aplikasi Wajib Windows 10

Driver

Driver merupakan software pertama yang wajib Anda install setelah Anda install ulang Windows 10. Driver merupakan software yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras/hardware dengan sistem operasi Windows.

Beberapa fungsi driver diantaranya adalah menghubungkan/memperkenalkan hardware dengan Operating system atau software yang anda pakai dan juga sebagai jembatan agar hardware dapat bekerja secara optimal.

Umumnya beberapa driver yang perlu Anda install adalah:

  • Driver audio (Sound Card) :
  • Driver Bios
  • Driver Chipset 
  • Driver Graphics (VGA)
  • Driver Webcam 
  • Driver Network
  • dan lainnya.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan driver di atas, yang pertama adalah dengan CD yang Anda dapatkan saat membeli hardware diatas, yang kedua adalah dengan mengunduh driver tersebut di situs resmi dari hardware tersebut.

Office

Aplikasi atau software wajib install pada Windows 10 selanjutnya adalah office. Aplikasi ini memiliki fungsi yang cukup penting dalam menunjang kinerja Anda. Aplikasi ini berfungsi untuk mengolah, mengelola dan menggabungkan beberapa dokumen digital berupa huruf, angka dan gambar.

Aplikasi office yang sering digunakan Microsoft Office. Aplikasi ini memiliki aplikasi turunan sesuai fungsinya seperti Microsoft Word yang berfungsi sebagai pengolah huruf, Microsoft Excel untuk mengolah angka, Microsoft Power Point sebagai alat presentasi dan lainnya.  

Anda dapat mengunduh software ini dan melakukan aktivasi dengan membayar sejumlah biaya.

Browser

Saat ini komputer tidak bisa dipisahkan dengan internet, oleh karena itu perlu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Aplikasi ini sering disebut aplikasi browser, dengan aplikasi ini Anda dapat membuka halaman internet, melakukan pengunduhan file dari internet, mengirim email dan lainnya.

Sebenarnya pada Windows 10 sudah terdapat aplikasi browser bawaan yakni Microsoft Edge, namun karena fiturnya kurang lengkap Anda dapat menginstal aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan Opera.

Media Player

Media Player bisa dianggap aplikasi yang wajib Anda install setelah install windows 10. Dengan menginstal Media Player Anda dapat memainkan atau membuka file video maupun audio. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi Media Player yang dapat Anda coba:

  • Untuk Video : VLC Player atau Media Player Classic
  • Untuk Audio : Winamp atau AIMP

File Archiver

Salah satu aplikasi tak kalah penting yang wajib Anda instal adalah aplikasi file archiver, dengan aplikasi ini Anda dapat memnungkinkan untuk membuka atau membuat file dengan ekstensi berbeda seperti zip, rar, tar, gz dan lainnya. Ada dua aplikasi file archiver yang dapat kami rekomendasikan yakni 7zip dan Winrar.

Aplikasi Pembersih Sampah

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika kita menggunakan komputer akan banyak muncul file file yang tidak bermanfaat atau file sampah. Jika file sampah ini menumpuk dengan jumlah yang banyak di dalam komputer tentu akan mengganggu performa komputer sehingga menjadi lemot dan kurang responsif. Selain mengganggu performa file sampah juga akan memakan kapasitas penyimpanan

Berdasarkan uraian diatas maka perlu Aplikasi yang mampu untuk menghapus file sampah tersebut, kami merekomendasikan CCleaner. Aplikasi CCleaner ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan berbagai jenis file sampai seperti system cache, thumbnail cache, file sampah dari browser, hingga menghapus tracker cache ada di dalam komputer Anda.

Antivirus

Aktivitas browsing di internet atau memasukkan flashdisk ke dalam komputer merupakan jalan masuknya virus maka Anda perlu aplikasi Antivirus untuk menangkalnya. Sesuai namanya Aplikasi ini mampu menangkal komputer atau laptop Anda dari serangan virus yang sangat merugikan. 

Sebenarnya pada Windows 10 sudah terdapat antivirus bawaan yakni Windows Defender, namun jika Anda ingin perlindungan yang lebih Anda dapat menginstal Antivirus dari pihak ketiga seperti Smadav, Avira, Avast dan lainnya.

Aplikasi Editing

Bukan sesuatu yang wajib namun jika Anda menginstal aplikasi ini di dalam komputer Anda, Anda memiliki keleluasaan untuk melakukan editing file. Berikut ini rekomendasi aplikasi editing yang dapat Anda gunakan.

  • Untuk edit gambar : Adobe Photoshop, Photoscape X
  • Untuk edit video : Wondershare Filmora, Adobe Premiere Pro
  • Untuk Edit audio : Audacity, Cubase, Adobe Audition
  • Untuk edit screenshot : Lightshot.

Itu dia beberapa rekomendasi software / aplikasi yang wajib ada di windows 10 Anda. Jika Anda memiliki rekomendasi aplikasi lain bisa beritahu kami di kolom komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *