Belajar Microsoft Word

Belajar Microsoft Word bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari les privat sampai mempelajari panduan yang tersebar di internet.

Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan bagian dari Microsoft Office Suite. Dengan belajar dasar Microsoft Word, paling tidak kita sudah bisa membuat, mengedit, dan menyimpan dokumen secara benar.

Cara Menggunakan Microsoft Word

Aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word merupakan Aplikasi yang paling populer. Sangat penting sekali bagi kita untuk memiliki kemampuan dasarnya. Program Microsoft Word ini banyak sekali manfaatnya seperti membuat dokumen, jurnal, skripsi, artikel dan sebagainya.

jika anda baru belajar mengetik dan mengenal program Microsoft Word maka akan menemukan banyak tombol fungsi pada tampilan setiap tombol mempunyai fungsi yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa daftar belajar Microsoft Word yang kami kutip dari Teknohive. Simak panduannya berikut ini:

1. Membuat dan Membuka Dokumen

Membuat dokumen baru adalah langkah paling dasar yang harus kita ketahui ketika menggunakan Microsoft Word.
Dan membuka dokumen, ini akan sangat penting ketika kita akan mengedit dokumen yang sebelumnya suda pernah kita buat.

A. Membuat Dokumen

Untuk Microsoft Word terbaru, kita akan disuguhkan dengan berbagai tampilan template ketika kita pertama membukanya. Pada menu tersebut, Anda bisa memilih Blank document untuk membuat dokumen baru.

Maka Anda bisa memilih menu File > New > Blank document. Pada langkah ini saya menggunakan Microsoft Word 2016. Dari segi tampilan sedikit berbeda.
Dan untuk Microsoft Word 2007, mungkin tidak akan menemukan menu File, karena menu tersebut ditandai dengan Icon Microsoft Word.

B. Membuka Dokumen

Untuk membuka dokumen Microsoft Word caranya sangat mudah, Anda tinggal pilih menu File > Open > Browse kemudian cari file yang ingin dibuka.

Tentunya hal ini berlaku untuk semua versi Microsoft Word. Mungkin yang membedakan adalah kalau versi Microsoft Word 2007, tidak ada menu Browse. Jadi kita cukup menekan Icon Microsoft Word > Open > lalu cari dokumen yang akan dibuka.

2. Menyimpan Dokumen

Menyimpan dokumen diperlukan setelah kita membuat ataupun mengedit dokumen. Anda dapat menyimpan dokumen Microsoft Word dengan masuk ke menu File dan mengklik “Save”.

Jika Anda memiliki persyaratan publikasi atau pencetakan tertentu, Anda juga dapat menggunakan fitur “Save As” untuk menyimpan dokumen Anda sebagai jenis file selain M Microsoft Word.
Menyimpan dokumen terbagi menjadi 2 jenis yaitu Save dan Save As.

A. Save

Save adalah menu yang digunakan untuk menyimpan dokumen baru. Untuk cara menyimpan dokumen dengan Save, Anda cukup memilih menu File > Save > kemudian cari tempat untuk menyimpannya. Selain itu, Anda juga bisa menekan tombol Icon Save atau opsi paling mudahnya dengan menakan tombol Ctrl+S.

B. Save As

Save As adalah menu yang digunakan untuk menyimpan dokumen lama dengan nama baru. Untuk caranya Anda bisa memilih menu File > Save As > Browse > lkemudian pilih tempat untuk menyimpan file tersebut.

3. Merubah Jenis Font

Mengubah jenis font dilakukan untuk menyesuaikan pengaturan. Karena biasanya setiap membuat dokumen khususnya tugas dengan menggunakan Microsoft Word, ada ketentuan jenis font dan juga ukurannya.

Untuk cara mengubah font pada Microsoft Word, Anda cukup masuk ke menu Home > kemudian klik pada bagian Theme fonts lalu ganti font sesuai dengan keinginan Anda.

Catatan: Jika sebelumnya Anda sudah menulis kata dan ingin mengubah jenis font, maka terlebih dahulu Anda harus memblock semua tulisan dengan menekan Ctrl+A.
Dan untuk mengubah ukuran font, Anda bisa mengaturnya melalui angka yang ada di sebelah kanan kolom font. Silahkan rubah ukuran sesuai dengan keinginan Anda.

4. Mengatur Margin

Untuk semua versi Microsoft Word mempunyai cara yang sama untuk mengatur margin, baik dari segi menu ataupun tampilan. Margin sendiri dibedakan menjadi 4 bagian yaitu margin atas, margin bawah, margin kanan, dan margin kiri.

Sebagai contohnya, saya ingin mengatur margin dengan ukuran atas 3cm, bawah 3cm, kanan 3cm, dan kiri 4cm.

Silahkan Anda simak langkah langkah di bawah ini.
• Silahkan Anda pilih menu Layout / Page Layout > Margin > Custom Margin.
• Kemudian, rubah margin sesuai keinginan Anda. Contohnya top 3cm, bottom 3cm, right 3cm, dan left 4cm.
• Jika sudah, silahkan Anda klik Ok.
Sebetulnya ada langkah yang paling mudah tanpa perlu kita klik Margin dan Custom Margin. Anda bisa klik Layout / Page Layout dan langsung saja klik icon yang sudah saya tandai. Maka secara otomatis Anda akan diarahkan menuju Page Setup untuk mengatur margin.
Kedua cara ini diatas pada intinya sama, yaitu membuka menu Page Setup. Silahkan gunakan cara yang menurut Anda paling mudah.

5. Mengatur Jarak Spasi

Mengatur jarak spasi pada Microsoft Word terbagi menjadi 3 bagian yaitu spasi antar baris kalimat (dalam paragraf), pasi antar karakter, dan spasi antar kata.
Silahkan Anda simak penjelasan di bawah ini.

A. Mengatur Spasi Antar Baris Kalimat (dalam paragraf)

Langkah ini digunakan untuk mengatur jarak antar baris dalam satu paragraf. Jika sebelumnya Anda sudah menulis kata, silahkan Anda tekan Ctrl+A terlebih dahulu.
• Pilih Home > kemudian pilih icon peluncur Paragraph.
• Kemudian, pada bagian Line Spacing silahkan Anda rubah sesuai kebutuhan.
• Jika sudah, klik OK untuk menyimpan pengaturan.

B. Mengatur Spasi Antar Karakter

Mengatur spasi antar karakter merupakan jarak antar huruf dalam satu kata. Jika sebelumnya Anda sudah menulis kata, silahkan Anda tekan Ctrl+A terlebih dahulu.
• Pilih menu Home > kemudian pilih icon peluncur Font. Atau dengan cara mudahnya silahkan tekan tombol Ctrl+D pada keyboard.
• Lalu, pindah ke tab Advanced. Pada bagian Spacing, silahkan Anda rubah sesuai keinginan. Jika Anda memilih Expanded, maka spasi akan diperluas. Sedangkan jika Anda memilih Condensed, maka spasi akan dirapatkan.
• Jika sudah, klik OK untuk menyimpan pengaturan.

C. Mengatur Spasi Antar Kata

Mengatur spasi antar kata merupakan jarak antar kata dalam kalimat. Jika sebelumnya Anda sudah menulis kata, silahkan Anda tekan Ctrl+A terlebih dahulu.
• Pilih menu Home > kemudian pilih icon peluncur Font. Atau dengan cara mudahnya silahkan tekan tombol Ctrl+D pada keyboard.
• Kemudian, pilih tab Advanced. Pada bagian Scale silahkan Anda rubah sesuai keinginan Anda.
• Semakin besar angkanya, maka akan semakin renggang jaraknya.
• Jika sudah, klik OK untuk menyimpan pengaturan.

6. Merubah Ukuran Kertas

Mengatur ukuran kertas digunakan ketika ingin mencetak dokumen. Dengan mengatur ukuran kertas, maka tampilan dokumen dan hasil ketika dicetak akan sama.
Caranya, silahkan Anda pilih menu Layout / Page Layout > Size dan pilih ukuran sesuai keinginan Anda.

Catatan: Tidak semua ukuran kertas tertera pada menu size. Untuk merubah sesuai keinginan, silahkan Anda pilih More Paper Sizes dan masukkan ukuran yang dikehendaki pada kolom Width (lebar) dan Height (tinggi).

7. Mengatur Orientasi Kertas

Pada Microsoft Word Terdapat 2 macam orientasi kertas yaitu Potrait dan Landscape.
Potrait adalah tampilan kertas dengan posisi berdiri, sedangkan landscape adalah tampilan kertas dengan posisi persegi panjang.

Caranya silahkan Anda pilih menu Layout / Page Layout > Orientation > kemudian pilih orientasi sesuai keinginan Anda.
Setelah Anda memilih diantara kedua opsi tersebut, maka posisi kertas Anda akan berubah sesuai orientasi yang Anda pilih.

8. Membuat Border Keren

Microsoft Word menawarkan fitur border untuk Anda yang ingin mempercantik tampilan halaman.
Dalam artikel ini, kami akan menunjukan cara membuat bingkai di Microsoft Word dengan Mudah. Simak panduannya berikut ini.
• Pilih menu Design > Page Borders.
• Kemudian, rubah pengaturan sesuai keinginan Anda.
• Setting merupakan tampilan border yang akan ditampilkan, apakah dalam bentuk box, bayangan, 3d, maupun sesuai keinginan kustomisasi.
• Style amerupakan jenis border yang akan ditampilkan.
• Color merupakan warna border.
• Width merupakan lebar border.
• Art merupakan jenis border yang mengandung gambar.
Silahkan Anda kreasikan sesuai keinginan dan kebutuhan.

9. Membuat Tabel Sederhana

Tabel banyak digunakan pada dokumen dengan tampilan data numerik sehingga mudah untuk dipahami. Tabel pada Microsoft Word digunakan untuk mengatur jenis konten.

Tabel pada Microsoft Word bisa kita rubah menjadi keren.
• Caranya silahkan Anda pilih menu Insert > Table > kemudian pilih jumlah kolom yang Anda inginkan.
• Untuk mengatur jumlah baris dan kolom sesuai keinginan Anda, silahkan Anda pilih Insert Table.

10. Menambahkan Gambar pada Dokumen

Menambahkan gambar pada dokumen Microsoft Word biasanya digunakan untuk memperjelas maksud serta memberikan gambaran agar mudah untuk dipahami.

Anda juga bisa menambahkan gambar dalam bentuk format jpg, png, bmp, bahkan juga gif.
• Caranya silahkan Anda pilih menu Insert > Pictures > kemudian pilih gambar yang akan Anda gunakan.
Gunakan gambar dengan resolusi tinggi agar saat dokumen dicetak atau diprint gambarnya tidak pecah.

11. Membuat Header dan Footer

Header dan Footer dibuat untuk penomoran halaman atau hak cipta sebuah karya. Selain itu, header juga sering digunakan untuk membuat kop surat.
• Cara membuat header dan footer juga cukup sangat mudah. Anda hanya perlu klik Insert > pilih Header atau Footer (tergantung mau membuat apa). Saya contohkan untuk membuat Footer.
• Setelah footer muncul di bagian bawah, silahkan edit sesuai kebutuhan. Misalnya ingin membuat hak cipta dari dokumen tersebut ataupun lainnya.

12. Shortcut Microsoft Word

Shortcut adalah pintasan keyboard yang akan mempercepat Anda dalam mengoperasikan Microsoft Word. Berikut ini adalah beberapa daftar shortcut yang sering kita gunakan.
• Ctrl+O : Membuka
• Ctrl+S : Menyimpan
• Ctrl+W : Menutup
• Ctrl+X : Memotong
• Ctrl+C : Menyalin
• Ctrl+V : Tempel
• Ctrl+A : Memilih semua
• Ctrl+B : Tebal
• Ctrl+I : Miring
• Ctrl+U : Garis bawah
• Ctrl+[ : Memperkecil ukuran font 1 poin
• Ctrl+] : Memperbesar ukuran font 1 poin
• Ctrl+E : Menengahkan teks
• Ctrl+L : Meratakan teks ke kiri
• Ctrl+R : Meratakan teks ke kanan
• Esc : Batal
• Ctrl+Z : Membatalkan
• Ctrl+Y : Mengulangi
• ALT+W, Q, lalu tab di kotak dialog Zoom ke nilai yang Anda inginkan : Memperbesar

Sebenarnya masih banyak sekali shortcut lainnya, namun saya hanya menuliskan yang paling sering kita gunakan saja.

Demikian panduan belajar Microsoft Word, semoga panduan yang kami berikan dapat membantu kamu dalam memaksimalkan belajar Anda. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *