Cara Cek Spesifikasi Laptop

Mengetahui Spesifikasi sebuah Laptop sangatlah penting untuk di ketahui. Melakukan pengecekan maupun melihat Spesifikasi Laptop sendiri merupakan sebuah hal yang sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Namun, kebanyakan orang yang jarang melakukannya sehingga banyak dari mereka yang tidak mengtahui dengan pasti Spesifikasi dari Laptop yang mereka gunakan.

Jika Anda ingin menginstall sebuah Aplikasi maupun game, terlebih dahulu Anda harus benar-benar memastikan bahwa Laptop yang Anda miliki mempunyai Spesifikasi yang mumpuni untuk menginstall Aplikasi atau game tersebut.

Ketika kita memaksakan untuk menginstall sebuah Aplikasi maupun game berat tetapi tidak di dukung dengan Spesifikasi yang memadai, maka hal tersebut akan berdampak pada menurunnya kinerja Laptop yang Anda gunakan.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek Spesifikasi Laptop secara detail dan lengkap. Artikel dari Konektifa.com ini akan membantu Anda untuk mengetahui cara mengecek Spesifikasi Laptop dengan mudah dan cepat. Simak penjelasannya dibawah ini:

Menggunakan Properties

Spesifikasi Laptop dapat dicek melalui sistem yang ada di Laptop. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, Anda bisa membuka Windows Explorer maupun menggunakan jalan pintas dengan cara menekan “Windows+E” pada keyboard And
  • Setelah muncul jendela file explorer, klik kanan pada this PC atau My Computer. Lalu pilih properties.
  • Kemudian akan muncul jendela baru yang menampilkan Spesifikasi Laptop, mulai dari versi OS yang digunakan, prosesor, Ram dan berbagai informasi lainnya.

Menggunakan System Information

System Information merupakan menu yang selalu ada di semua versi Windows. Cara ini merupakan salah satu cara termudah yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui Spesifikasi sistem Laptop secara lengkap. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, buka start menu. Lalu ketik msinfo32 atau System Information, dengan icon monitor yang berwarna biru. Selanjutnya tekan enter.
  • Setelah itu nantinya akan muncul jendela baru yang memberikan informasi tentang hardware yang digunakan pada Laptop.
  • Selain itu, Anda juga akan memperoleh sebuah ringkasan sistem, mencakup model dan jenis sistem, prosesor, informasi BIOS sampai ukuran memori yang terpasang.

Menggunakan Command Prompt (CMD)

Cara cek Spesifikasi Laptop yang selanjutnya adalah menggunakan systeminfo.exe yang berperan sebagai perintah CMD. Dengan menggunakan cara ini Anda juga akan memperoleh informasi kapan sistem operasi (OS) Windows terinstal di Laptop.

Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek Spesifikasi Lptop menggunakan Command Prompt:

  • Pertama, buka Command Prompt dengan mengetikan “cmd” pada kolom pencarian start menu.
  • Kemudian klik kanan dan run as administrator.
  • Ketikkan perintah systeminfo, kemudian tekan enter.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, Anda akan memperoleh konfigurasi secara terperinci mengenai hardware, spesifikasi, sistem informasi, informasi pembaruan, BIOS, detail network adaptor, memori dan infomasi lainnya.

Menggunakan DirectX Diagnostic Tool

Anda juga dapat mengecek Spesifikasi Laptop melalui fitur DirectX Diagnostic Tool atau yang sering dikenal dengan nama DXdiag. Fitur DirectX Diagnostic Tool merupakan fitur bawaan dari Windows. Berikut ini cara untuk cek Spesifikasi Laptop menggunakan fitur DXdiag:

  • Pertama, silahkan Anda pergi ke Search Box Windows. Kemudian tuliskan kata “dxdiag”, selanjutnya tekan enter.
  • Beberapa saat kemudian akan muncul pop up box yang menampilkan informasi Spesifikasi Latop secara lengkap.
  • Pada tab System, Anda dapat memperoleh informasi tentang processor, sistem operasi (OS) sampai RAM.
  • Pada tab Dispay, terdapat informasi mengenai kartu grafis dan berbagai informasi yang berkaitan dengan layar Laptop.
  • Sedangkan pada tab Sound dan tab Input Versi System, terdapat informasi lengkap mengenai driver sampai input device.

Melalui Software CPU-Z

Selain menggunakan fitur bawaan Windows untuk mengecek Spesifikasi Laptop, Anda juga dapat menggunakan software pihak ketiga yang dapat diinstal di Windows seperti CPU-Z. Dengan menggunakan software ini, Anda akan memperoleh informasi Spesifikasi Laptop yang cukup lengkap.

Berikut ini cara untuk cek Spesifikasi Laptop menggunakan software CPU-Z, simak penjelasannya di bawah ini:

  • Pertama, Download dan install terlebih dahulu Aplikasi CPU-Z.
  • Jika sudah, kemudian buka software CPU-Z.
  • Software ini akan menampilkan informasi Spesifikasi Laptop, seperti nama processor sampai core speed Laptop yang ada di kolom CPU.
  • Apabila Anda ingin memperoleh informasi mainboard, buka kolom mainboard yang ada di tampilan software CPU-Z.
  • Apabila Anda ingin memperoleh informasi tentang tipe memori yang terpasang di laptop, pilih kolom type memory.
  • Selain itu, Anda juga dapat memperoleh informasi tentang RAM dengan cara klik tab SPD.

Melalui Software Speccy

Sama seperti CPU-Z, Anda juga dapat menggunakan software Speccy untuk mengecek Spesifikasi Laptop. Cara menggunakan software ini untuk melihat Spesifikasi Laptop sangatlah mudah.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, Download dan install terlebih dahulu Aplikasi Speccy.
  • Jika sudah, kemudian buka software Speccy.
  • Kemudian akan tampil berbagai informasi yang cukup rinci. Informasi yang tampil berupa Spesifikasi CPU Laptop.
  • Apabila Anda ingin mengetahui RAM sampai sistem operasi (OS) yang ada, maka pengguna dapat melihatnya di tab Summary.

Melalui Software HWiNFO

Selain menggunakan software CPU-Z dan Speccy, Anda juga dapat mengecek Spesikasi Laptop menggunakan software HWiNFO. HWiNFO merupakan software yang memberi kita informasi lengkap tentang Spesifikasi hardware. Selain itu, software ini juga dapat digunakan untuk memonitoring kondisi Laptop secara real time.

Berikut langkah-langkah mengecek Spesifikasi Laptop menggunakan software HWiNFO:

  • Pertama, Download dan install software HWiNFO pada situs resminya.
  • Jika sudah, kemudian buka software HWiNFO lalu klik run. Abaikan atau tidak perlu checklist opsi Sensors-only dan Summery-only
  • Setelah masuk ke halaman utama software, Anda dapat mengecek berbagai komponen Laptop, mulai dari CPU, RAM, GPU sampai Motherboard.
  • Klik menu sensors yang ada di daftar menu untuk memonitoring komponen Laptop secara real time.

Tidak hanya lengkap, informasi yang ditampilkan HWiNFO juga sangat detail. Misalnya saat cek RAM Laptop juga akan ditampilkan informasi tipe RAM, speed hingga timming. Informasi tersebut tentunya sangat diperlukan jika ingin menambahkan RAM (2 channel) dimana mengharuskan untuk menggunakan RAM dengan speed dan jenis yang sama.
Selain itu, software HWiNFO juga memiliki fitur sensor untuk mendeteksi suhu pada perangkat Anda. Fitur tersebut juga sangat cocok untuk keperluan overclock CPU maupun RAM.

Itulah beberapa ulasan yang membahas tentang cara cek Spesifikasi Laptop dengan mudah yang kami rekomendasikan bagi Anda. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *