Cara main TikTok

Cara Main TikTok

TikTok menjadi salah satu platform yang saat ini paling banyak digemari di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri pengguna TikTok sudah mencapai 1 juta lebih. Cara main TikTok yang mudah dan memiliki banyak fitur, tentunya menjadi alasan utama TikTok telah memiliki pengguna yang banyak.

Konten TikTok saat ini tidak hanya dapat dilihat di aplikasinya saja, namun sudah banyak platform lain yang menggunakan TikTok untuk dibagikan di platform lainnya, seperti di Instagram, Facebook, atau platform lain. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai bermain TikTok:

Urutan dan Cara Main TikTok

Download App TikTok

Tentunya kamu harus mendownload aplikasi TikTok terlebih dahulu jika ingin memainkannya. Kamu bisa mendownloadnya di Google Play Store untuk pengguna perangkat Android dan App Store untuk pengguna perangkat iOS.

Membuat Akun

Langkah selanjutnya cara main TikTok yaitu dengan membuat akun TikTok, agar kamu bisa membagikan video yang sudah kamu buat. Untuk membuat akun TikTok kamu perlu mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Nantinya akan muncul beberapa kategori video yang bisa kamu pilih sesuai keinginan, lalu tap tombol Next.
  • Setelah itu, kamu akan menuju ke halaman cara penggunaan koleksi video di TikTok. Kamu bisa langsung mengabaikan tahap ini tap Start Watching.
  • Selanjutnya, akan terdapat beberapa video yang di-upload oleh pengguna lainnya, kamu bisa langsung tap tombol Me yang terdapat di bagian menu sebelah kanan bawah.
  • Setelah itu, tap tombol Sign Up.
  • Kamu bisa mendaftarkan diri ke TikTok dengan beberapa opsi pendaftaran, dapat menggunakan email, nomor HP, atau Facebook. Agar proses pendaftaran lebih cepat, kamu bisa menggunakan email Google saja.
  • Selanjutnya atur tanggal lahir kamu.
  • Selesai, nantinya akan muncul timeline TikTok dan kamu sudah dapat mulai mengupload video.

Merekam Video

Setelah akun berhasil dibuat, tentunya kamu langsung ingin merekam video. Berikut adalah beberapa langkah untuk merekam video di TikTok:

  • Tap ikon Plus (+) yang berada bagian bawah tengah layar.
  • Sebelum memulai merekam, kamu dapat mengatur audionya terlebih dahulu.
  • Di sana kamu bisa menggunakan berbagai macam lagu yang ada di TikTok. Kamu juga bisa pake lagu sendiri untuk backsound dari video yang ingin dibuat.
  • Kamu pun bisa pake efek yang beragam dan memilih efek yang sesuai dengan video yang akan direkam nantinya.
  • Untuk memulai perekaman, tap tombol merah.

Mengedit Video di TikTok

Fitur yang menjadi salah satu keunggulan dari TikTok yaitu fitur editingnya. TikTok memiliki berbagai macam efek dan filter yang dapat membuat video menjadi lebih menarik lagi. Berikut ini adalah cara untuk mengedit video di TikTok:

  • Setelah berhasil direkam, nantinya secara otomatis TikTok akan menampilkan beberapa pilihan. Untuk melakukan editing video, kamu bisa memilih edit music, sound, atau special effects.
  • Untuk mengedit lagu, pilih opsi edit music. Fitur ini hanya bisa kamu pakai untuk memilih bagian lagu saja. Cara penggunaan nya cukup mudah, kamu hanya perlu menggeser simbol kuning ke kanan atau ke kiri untuk memilih bagian lagu yang diinginkan.
  • Jika sudah, tap tombol checklist.
  • Untuk mengedit volume suara, kamu bisa pilih opsi Sound lalu menggeser bulatan putih untuk menentukan besar volume dari backsound video tersebut. Jika sudah, tap tombol checklist.
  • Lalu untuk menambahkan efek di video, pilih opsi Special effects lalu kamu bisa memilih berbagai macam efek yang tersedia di sana. Pilih salah satu dari efek tersebut lalu klik save.
  • Setelah itu tap tombol Next lalu kamu bisa memberikan caption dari video tersebut. Pada halaman ini kamu juga dapat mengatur beberapa opsi privasi ketika video telah di-upload.
  • Langkah terakhir yaitu tap tombol Post.
  • Selesai, video yang kamu rekam telah di-upload ke timeline TikTok.

Fitur-Fitur Keren TikTok

Tambahkan Musik

Menambahkan musik di dalam video adalah salah satu fitur utama yang dimiliki oleh TikTok. Kamu bisa memilih berbagai macam genre, mulai dari dangdut, back to 90’S, dan masih banyak lagi. Musik yang tersedia dapat kamu sesuaikan dengan jenis video yang direkam.

Voice Changer Function

Fitur ini mungkin menjadi fitur yang cukup unik, karena dengan menggunakan fitur voice changer function kamu bisa mengubah suara dengan berbagai macam efek suara yang berbeda. Tentunya dengan adanya fitur ini video akan menjadi lebih menarik dan banyak ditonton orang.

Sticker dan Effect

Selain musik, fitur utama yang dimiliki oleh TikTok yaitu adanya berbagai macam pilihan stiker dan efek. Dengan adanya kumpulan stiker, tentunya video rekaman akan menjadi lebih variatif dan seru. Efek yang dimiliki oleh TikTok pun beragam dan tidak kalah dengan efek Instagram.

Filter

Adanya fitur filter ini tentunya akan membuat tampilan fisik dari video tersebut menjadi lebih indah, dan nyaman ketika ditonton. Menggunakan kumpulan filter di TikTok ini tentunya juga dapat digunakan sebagai cara main tiktok dapat uang dengan mempromosikan sebuah produk.

Timer

Fitur timer di TikTok memiliki fungsi yang sama dengan fitur timer di kamera pada umumnya. Timer sendiri akan membantu kamu untuk mengambil sebuah video tanpa perlu ditekan secara manual.

Download Video

Untuk cara main TikTok tanpa kuota, kamu bisa menggunakan fitur download yang dimilikinya atau menggunakan TikTok Downloader.

Dengan demikian, fitur download ini akan mempermudah kalian untuk menyimpan video TikTok ke Galeri.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa memilih video yang ingin didownload lalu klik icon share yang berada di bagian pojok kiri bawah layar. Setelah itu, pilih opsi save lalu tunggu hingga selesai.

Cara main TikTok di atas bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah video TikTok yang keren, dan banyak dilihat oleh pengguna TikTok lainnya. TikTok pun tidak hanya dapat dibuka melalui perangkat mobile saja, namun juga dapat diakses di PC atau di laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *