Cara-Membuat-Kwitansi

Cara Membuat Kwitansi

Bukti kwitansi memang sangat penting untuk digunakan, karena sebagai alat bukti bahwa sudah melakukan sebuah transaksi atau jual beli.

Sehingga kwitansi ini perlu dibuat, maka bagi Anda yang belum atau ingin mengetahui cara membuat kwitansi, silahkan simak ulasan dibawah ini hingga selesai.

Cara Membuat Kwitansi Dengan Mudah

Ada banyak sekali cara membuat kwitansi, seperti halnya yang paling mudah yaitu menggunakan software Microsoft word ataupun hingga level mahir seperti halnya menggunakan software photosop atau coreldraw dan bisa juga dengan software yang lainnya.

Sebelum masuk kelangkah pembahasan cara membuatnya, alangkah baiknya untuk Anda melihat dulu bahasan tentang referensi contoh kwitansi, karena supaya bisa mendapatkan ide- ide dalam pembuatan nantinya.

Baiklah, setelah dipastikan Anda sudah melihat dari referensi contoh diatas, maka kini saatnya untuk memulai membuat bukti kwitansi.

Langkah- langkahnya yang harus Anda lakukan adalah:

#1. Mengatur Ukuran Kertas

Yang perlu diperhatikan halpertama kali ialah, disini kami akan memberikan contoh cara membuat kwitansi dengan menggunakan software Microsoft word, pastikan pada laptop atau pc Anda sudah tersinstal.

Langkah pertama dalam membuat kwitansi adalah Anda haru terlebihd dahulu menentukan ukuran kertasnya.

Sebaiknya dalam ukuran kertas pembutan kwitansi ini, memakai ukuran kertas A6, karena kebanyakan yang digunakan seorang membuat kwitansi menggunakan ukuran tersebut.

Silahkah perhatikan langkahnya pada gambar dibawah ini:

Langkah pertama Anda bisa klik bagian page layout lalu klik lagi bagian size. Silahkan tentukan ukurannya disitu.

#2. Menentukan Kepala Kwitansi

Langkah kedua dalam membuat kwitansi yaitu Anda diminta untuk menentukan kepala bagian kwitansi, yaitu bisa berupa nama toko Anda, alamat hingga kontak yang dapat dihubungi.

Supaya bisa lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini:

Setelah selasai membuat kepala bagian kwitansi, Anda bisa melakukan langkah berikutnya yaitu:

#3. Membuat Tabel

Langkah berikutnya adalah Anda diminta untuk membuat tabel pada lembar kwitansi.

Pada tahap ini adalah sebenarnya tergatung pada kebutuhan masing- masing pembuat kwitansi, karena bisa jadi dibutuhkan sering banyaknya seorang transaksi membutuhkan tabel banyak, akan tetapi sedikit untuk dalam hal transaksi membutuhkan tabel yang sedikit.

Sedikit tambahan, alangkah baiknya dalam membuat tabel ini tidak terlalu banyak dan tidak pula sedikit.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

#4. Membuat Keterangan dalam Tabel

Langkah pada membuat kwitansi berikutnya yaitu mengisi bagian- bagian pada tabel yang telah dibuat pada langkah sebelumnya.

Andapun bisa mengisi sesuai dengan kebutuhan masing- masing yang diperlukan pada kwitansi Anda.

Misalnya saja, Anda bisa memperhatikan lagi contoh gambar dibawah:

Setelah mengisi dengan segala keperluan pada tabel- tabel diatas, maka saatnya Anda bisa memasuki langkah terakhir yaitu:

#5. Membuat Keterangan Serah Terima

Pada tahap terakhir ini Anda diminta untuk membuat keterangan seperti keterangan cacatan tambahan, tanda terima dan juga hormat kami seperti halnya dari keterang tanda tangan dari sang pemilik toko.

Untuk jelasnya, silahkan perhatikan gambar dibawah:

Itulah beberapa langkah cara membuat kwitansi dengan mudah, semoga dapat bermanfaat dan dapat mudah untuk dipraktekkan dalam membuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *