cara membuat makalah

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Kalian sering membuat makalah di sekolah atau kampus kalian? Tapi masih bingung dengan cara membuat makalah yang baik dan benar? Atau malah kalian masih belum paham mengenai apa itu makalah?

Nah, disini kalian akan mendapatkan informasi dari pintarnesia mengenai cara membuat teks makalah, simak dengan baik.

Cara Membuat Makalah

Berikut ini adalah beberapa langkah atau cara untuk membuat makalah, simak dengan baik.

Topik Pembahasan/Tentukan Tema

Dalam membuat makalah, langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah menentukan tema atau topik yang ingin kalian bahas. Jika kalian mendapatkan tugas dari guru atau dosen kalian membuat makalah, dan temanya sudah ditentukan.

Maka kalian bisa lanjut ke tahap selanjutnya.
Tapi jika tema belum ditentukan, kalian harus memikirkan dulu tema. Hal tersebut dikarenakan pemilihan tema bisa mempengaruhi tingkat kesulitan dan estimasi waktu pengerjaan makalah tersebut.

Pilihlah tema yang sekiranya kalian kuasai dan mempunyai wawasan lebih dalam topik yang akan dibahas.

Tentukan Judul Makalah

Setelah kalian menentukan tema yang akan dibahas, lalu tentukan judul makalah yang ingin kalian buat. Buatlah judul semenarik mungkin dan juga harus jelas, serta berhubungan dengan tema yang kalian pilih.

Kumpulkan Bahan Referensi

Setelah mempunyai tema dan judul makalah, sekarang kalian mengumpulkan bahan referensi yang mendukung proses penyusunan makalah kalian. Referensi bisa kalian dapatkan dari berbagai buku, artikel, dan jurnal.

Khusus untuk artikel yang ada di internet, sebaiknya kalian pilih sumbernya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Tulis Makalah secara Sistematis

Setelah kalian mengumpulkan referensi, saatnya kalian mulai menulis makalah kalian. Dalam menulis sebuah makalah, sebaiknya kalian melakukannya secara sistematis sesuai dengan struktur makalah.

Mulai dari bagian pendahuluan, fokus terhadap isi makalah, lalu tutup makalah dengan kesimpulan yang jelas. Di dalam penulisan makalah, kalian harus berkutat pada data atau fakta yang ada. Intinya kalian harus selalu objektif dalam membahas permasalahan yang ada di makalah tersebut.

Sunting Makalah

Setelah makalah yang kalian buat jadi, jangan terburu-buru untuk mempublikasikan makalah tersebut. Sebaiknya kalian teliti terlebih dahulu dan perbaiki juka ada kesalahan dalam makalah tersebut.

Cek terlebih dahulu, apakah makalah yang kalian buat sudah selesai dengan baik. Cek juga kesalahan penulisan, ejaan, dan bahasa yang digunakan dalam makalah. Jika kalian yakin semua beres, barulah kalian mempublikasikan makalah tersebut.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai cara membuat makalah. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan makalah, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan diimaklumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *