Cara Membuat Motor Irit BBM

Mempunyai motor irit itu memang idaman semua pengendara. Terlebih transportasi darat seperti sepeda motor ini bisa dikatakan termasuk ke dalam kebutuhan utama.

Kenapa demikian? Karena untuk sarana transportasi itu lebih enaknya menggunakan kendaraan pribadi, selain dari nyaman, irit dalam pengeluaran, dan kita juga bisa bebas bepergian kemana-mana tanpa harus memikirkan ongkos.

Sebenarnya apapun jenis transportasinya, kita sebagai pengguna transportasi tersebut harus mengeluarkan biaya untuk memenuhi kebutuhan kita, baik itu kendaraan pribadi ataupun umum.

Cuman yang membedakan antara kendaraan pribadi dan umum itu adalah dari pengeluarannya. Kalau saya sendiri sih lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, sebab pengeluaran dalam sehari hanya membeli BBM saja, cukup satu kali beli dan kita bisa bepergian kemana-mana.

Tapi pertanyaannya, apakah kendaraan atau motor yang kamu gunakan itu irit? Jika boros, kamu bisa menggunakan cara ini untuk membuat motor irit dalam konsumsi bahan bakarnya.

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah…

1. Mengatur Klep

cara membuat motor irit bbm

Klep atau bahasa otomotifnya adalalah valve merupakan bagian penting yang mempunyai fungsi untuk mengatur sirkulasi keluar masuknya udara dan juga bahan bakar yang akan dibakar pada ruang mesin.

Lantas apa yang harus diatur dari bagian klepnya? Yaitu mengatur sistem buka tutupnya agar tidak terlalu besar, kenapa demikian? Sebab jika bukaan klep lebih sempit, maka secara otomatis semburan bahan bakar yang akan masuk ke dalam mesin pun sedikit, begitu juga dengan sebaliknya.

Tapi, sempit di sini bukan berarti sangat rapat ya. Yang dimaksud adalah setelan klep in dan ex tidak terlalu sempit dan juga renggang. Lantas bagaimana? Yaitu berada di tengah-tengah antar keduanya.

Jika kamu mempraktekan dan ternyata setelan klep tersebut terlalu sempit, maka mesin motor tersebut tidak akan bisa lari, alias tidak ada tenaganya.

Jika disimpulkan, aturan klep ini memang harus di setel ke posisi yang pas. Oh iya sebagai catatan, pengaturan klep ini hanya bisa dilakukan pada motor 4 tak dan matic saja ya.

2. Mengatur Setelan Karburator

Selain dari klep atau valve, karburator juga merupakan komponen motor yang juga tak kalah pentingnya. Karburator ini bisa dikatakan jantungnya kendaraan. Jika seluruh kendaraan tidak memiliki karbu, maka kendaraan tersebut tidak akan bisa digunakan, baik itu motor ataupun mobil.

Kenapa? Karena sebelum masuknya bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin, bahan bakar tersebut akan ditampung oleh karburator yang kemudian nantinya akan dialirkan ke dalam mesin melalui ruang klep.

Oh iya, kenapa karburator harus di setel? Karena setelan pada karburator itu bisa berpengaruh terhadap tenaga mesin dan juga konsumsi bahan bakarnya, maka dari itu jika sepeda motor yang kamu gunakan boros, cobalah untuk mengatur bagian karburatornya.

Apa saja yang harus disetel?

  • Setel bagian angin dan langsamnya sampai menemukan rpm yang stabil.
  • Setel ukuran pilot jet dan mainjetnya.

Tapi jika menyetel angin dan langsamnya belum menemukan titik yang pas, maka kamu harus menyetel ukuran dari pilot jet dan main jetnya. Cari ukuran PJ dan MJ nya sesuai dengan kapasitas mesin.

3 Gunakan Busi Yang Berkualitas

Perlu diketahui, busi yang berkualitas itu sangat mempengaruhi terhadap kinerja mesin motor. Jika busi yang digunakan itu jelek, maka performa pada mesin pun akan menurun dan hasilnya bahan bakar akan terbuang sia-sia.

4 Menggunakan Oli Mesin Yang Berkualitas

Oli yang kualitasnya bagus atau berkualitas akan menjamin gesekan antar komponen mesin menjadi lebih minimal, sehingga kinerja mesin pun akan lebih maksimal.

Kenapa saya menyarankan untuk menggunakan oli mesin yang berkualitas? Sebab motor paling irit yang dibuat oleh pabrikan motor di dunia saja menggunakan oli yang berkualitas.

***

Mungkin sekian ulasan bagaimana cara membuat motor irit dalam pengeluaran bahan bakarnya, semoga penjelasan ini bermanfaat untuk kita semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *