cara memilih bed cover yang bagus

Cara Memilih Bed Cover yang Bagus

Memiliki satu bed cover untuk tempat tidur nyaman Anda tentu tidak cukup. Anda membutuhkan lebih daru dua bed cover sebagai ganti saat yang lainnya sedang dibersihkan.

Beberapa orang juga memiliki minat untuk mengoleksi beragam bed cover, tetapi Anda harus mengetahui cara membedakan bed cover berdasarkan bahan dan merk agar memperoleh kualitas terbaik.

Setidaknya ada 4 yang perlu dipertimbangkan, yakni bahan (material), tekstur, ketebalan, dan pilihan brand.

Berikut pembahasan selengkapnya.

Bahan Bed Cover

bahan bed cover

Katun Jepang

Sesuai dengan namanya, katun ini berasal dari Jepang. Bila Anda pernah mencari bedcover di Instagram, rata-rata penjualnya menggunakan bahan ini, katun jepang. Bahan ini terbilang bagus karena lebih lembut, halus, dingin, dan pilihan warna terang yang cantik.

Memang, bila dibandingkan dengan katun cina atau katun lokal, harganya lebih mahal. Namun, tentu setara dengan kualitas yang Anda dapatkan.

Salah satu situs yang membahas desain interior maupun eksterior, dekadeko, memberikan saran untuk menggunakan katun jepang bila Anda ingin kenyamanan yang lebih baik.

Katun Cina

Katun cina atau dikenal juga dengan katun twill memiliki karakteristik lembut, halus, dan dingin. Tak berbeda jauh dengan katun jepang. Hanya saja, di sisi warna bahan ini kurang mencolok. Perbedaan lainnya, yakni adanya campuran dengan bahan spandex sebesar 2% sehingga bahan bed cover ini terbilang lebih lentur.

Selain bed cover, bahan ini juga biasa ditemui di produk fashion, celana chino.

Katun Lokal

Perbedaan mendasar antara katun jepang dan katun lokal adalah campuran bahan pada katunnya. Jika katun jepang 100% terbuat dari katun tanpa campuran, berbeda dengan katun lokal yang biasanya dicampur dengan bahan poliester sekitar 20-25%.

Hal ini pulalah yang menyebabkan harga katun jepang relatif lebih mahal dibanding katun lokal. Adapun efek yang ditimbulkan dari campuran bahan poliester adalah kurangnya daya resap dari bed cover terhadap panas.

Tekstur Bed Cover

tekstur bed cover

Apabila Anda memiliki pengalaman yang cukup baik dalam mengamati bahan-bahan yang terbuat dari kain. Tentu Anda akan bisa memahami mana yang kualitasnya lebih tinggi atau rendah. Kualitas bed cover terbaik terkadang tidak terbuat dari bahan yang sama, tetapi Anda bisa merasakan sentuhan yang nyaman untuk menilainya.

Merk dan kualitas masing-masing bed cover bisa Anda lihat perbedaannya melalui tekstur permukaan lapisan kain.

Tiap merk pasti memiliki tekstur khas yang cenderung berbeda dengan lainnya. Meskipun secara keseluruhan berbagai merk berkualitas memiliki tekstur nyaman dan cenderung lembut saat disentuh.

Ketebalan Bed Cover

ketebalan bed cover

Selain tekstur, ketebalan juga menjadi pengukur yang bisa Anda gunakan untuk melihat perbedaan tiap bed cover. Kualitas terbaik memiliki ketebalan yang stabil ukuran sehingga bisa digunakan sekaligus sebagai selimut. Tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, bed cover terbaik memiliki ketebalan pas namun ringan saat digunakan dan di bawah.

Hampir semua merk bed cover terbaik memiliki ciri seperti yang telah disebutkan di atas sehingga Anda bisa mengoleksi semua merk bed cover sekaligus. Anda pun bebas memilih salah satu merk yang menjadi pilihan favorit untuk pelindung tempat tidur.

Brand

brand bed cover

Merk juga menentukan popularitas sekaligus kualitas bed cover yang akan Anda pilih. Beberapa merk berkualitas yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi pilihan untuk tempat tidur nyaman biasanya sangat ramai terjual di pasaran.

Ada juga merk berkualitas terbaik namun tidak cukup populer karena harganya yang sulit dijangkau masyarakat menengah.

Ada beberapa brand bed cover yang cukup terkenal, seperti My Love, King Koil, King Rabbit, Lady Rose, Internal, Bonita, dan Kendra.

My Love

Selain kelembutan dan harga yang ramah di kantong, ciri khas bedcover ini lainnya, yakni motif yang cukup beragam, dari yang sederhana, bunga, dan klub-kluk sepak (Barcelona, Real Madrid, Liverpool, Manchester United, Manchester City, dsb).

Adapun keunggulannya, yakni bedcover tanpa sambungan, ukuran presisi, serta proses produk yang menggunakant teknologi terkini.

King Koil

Brand bedcover yang cakupannya bukan Indonesia lagi, tapi dunia. Premium dan eksklusif adalah dua kata yang bisa menggambarkan bedcover ini. Tak asing jika Anda menginap di hotel-hotel bintang ke atas menggunakan brand ini.

Bedcover King Koil terbuat dari bahan sutra organik yang menjadikan kelembutannya begitu terasa, sejuk, dan tebal. Adapun keunggulan lainnya, seperti serat rapat, jahitan kuat & rapi, warna bagus, dan motif timbul.

Untuk sisi harga, King Koil ada di range menengah ke atas.

King Rabbit

Bahan dasar bed cover King Rabbit, yakni dacron silikon dan mikro gel. Material ini terkenal sangat halus sehingga nyaman digunakan dan aman untuk Anda yang alergi.

Keunggulan lainnya, tak mudah robek karena untuk tiap inci bed covernya ada 280 jahitan. Wah, mantap! Menariknya lagi, King Rabbit memberikan garansi bila setelah pencucian pertama, bed covernya berbulu. Tertarik?

Lady Rose

Brand yang terkenal dengan motif 3Dnya yang membuat tiap motifnya terkesan lebih hidup dan tak membosankan. Di sisi pewarnaan, Lady Rose menggunakan warna-warna cerah yang cukup cantik untuk kamar.  Keunggulan lainnya, tidak mudah luntur karena menggunakan bahan disperse.

Internal

Masih satu group dengan Lady Rose. Bed cover Internal terbuat dari bahan katun pilihan dengan tekstur halus dan lembut. Ada beberapa pilihan motif, seperti modern dan 2 in 1 dengan corak berbeda.

Demikianlah beberapa informasi mengenai bed cover, dari bahan hingga beberapa brand yang bisa Anda jadikan pilihan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *