Cara Memotong Video di Android Tanpa Aplikasi

Anda mungkin sering mengabadikan setiap momen dengan cara merekam video menggunakan android. Agar hasilnya terlihat menarik kita harus mengedit hasil rekaman video tersebut menggunakan aplikasi tambahan sebelum dibagikan ke sosial media.

Sebenarnya, untuk melakukan editing dasar seperti memotong video Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan. Dengan memanfaatkan fitur editing video standar yang terdapat pada smartphone Android saja kamu sudah bisa melakukan editing seperti memotong video.

cara memotong video di android

Namun fitur editing bawaan android itu sangatlah terbatas, bahkan beda merk beda fitur. Jadi kita sebenarnya tetap memerlukan aplikasi tambahan yang bisa didapatkan di playstore. Disana banyak pilihan aplikasi edit video terbaik yang akan mempermudah keinginan kalian untuk membuat video jauh lebih menarik.

Bagi Anda yang juga penasaran dengan cara melakukan editing seperti memotong video namun tanpa menggunakan aplikasi tambahan, simak pembahasan berikut ini.

Cara Umum

Cara melakukan editing video yang akan dibahas pertama adalah cara yang paling umum dilakukan pada semua jenis smartphone Android. Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu adalah dengan merekam video nya terlebih dahulu. Setelah video tersebut tersimpan di galeri buka video tersebut dan carilah icon titik tiga pada layar smartphone Android Anda.

Selanjutnya pilih menu trim dan temukan trim selector pada bagian bawah. temukan selector berwarna biru pada bagian sisi kiri agar Anda bisa mulai memilih titik awal video dan pada bagian kanannya untuk memilih akhir video.

Gunakanlah selector tersebut sehingga Anda bisa mendapatkan bagian yang sesuai. Jika sudah dipotong atau di trim, cara memotong video di Android yang selanjutnya adalah dengan menyimpan video hasil editing tersebut.

Memotong Video di Smartphone OPPO dan Realme

Untuk memotong video pada smartphone Oppo dan realme langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka galeri. Pilihlah video yang ingin Anda edit kemudian carilah menu edit dan temukan trim selector pada bagian bawah. Sama halnya dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya, trim selector tersebut berfungsi untuk memilih titik awal dan titik akhir dari video yang akan diedit.

Gerak atau pindahkanlah selector tersebut sampai Anda bisa mendapatkan bagian video yang sesuai, kemudian pilih next. Salah satu hal yang menjadi kelebihan dari cara memotong video di Android pada smartphone Oppo dan realme ini adalah tersedianya fitur untuk menambahkan efek dan soundtrack. Jika menginginkannya, Anda tentu bisa menambahkan soundtrack dan efek sesuai dengan keinginan Anda. Jika langkah-langkah tersebut sudah selesai dilakukan, pilih  menu done.

Memotong Video di Smartphone Xiaomi

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memotong video di smartphone Xiaomi ini adalah :

  • Buka galeri pada ponsel Xiaomi Anda
  • Pilih video yang akan dipotong
  • Cari menu Edit kemudian pilih menu trim
  • Cari trim selector agar Anda bisa menentukan titik awal dan titik akhir dari video yang ingin Anda edit
  • Jika sudah mendapatkannya gunakan trim selector tersebut agar Anda bisa mendapatkan bagian yang sesuai
  • Untuk memastikan video yang sudah di edit terpotong dengan rapi putar kembali video tersebut kemudian lakukan saving video

Itulah beberapa cara memotong video di Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara mana yang menurut Anda lebih mudah untuk dilakukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *