Cara Memperbaiki Sensor TV Yang Rusak

Terdapat masalah dengan sensor TV yang tidak normal? Kamu perlu memperbaikinya dengan menggunakan jasa ataupun jika tahu caranya bias memperbaikinya sendiri.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya sensor di dalam pesawat tv itu berfungsi sebagai penerima atau recevier, sering disingkat IR (infrared recevier) gelombang infra merah dari remot kontrol.

Sedangkan remot kontrol berfungsi sebagai pemancar atau transmitter , sering disebut IT(infrared transmitter).

Jadi gelombang elektromagnet yang berupa sinyal Infra Merah akan di pancarkan menuju penerima Infra Merah di pesawat televisi polytron dan juga merk tv lainnya.

Contoh saja TV cina saja seperti TV merek cina. Untuk memperbaiki TV Cina Panel dan juga Remote yang tidak berfungsi memang tidak gampang juga tidak susah. Bisa jadi sepele seperti halnya hanya tombol panel pada TV cina yang rusak.

Atau yang lebih sering battery remot sudah habis. Tetapi bisa juga disebabkan karena komponen TV itu sudah rusak yang mana akan mengakibatkan gangguan beberapa kinerja pada TV, contohnya sensor TV yang tidak berfungsi.

Hal semacam ini biasanya di tandai tombol panel TV yang tidak berfungsi. Namun apabila remote TV di pencet-pencetpun tidak ada hasilnya.

Dan jika salah satu dari kedua infra merah mengalami kerusakan, maka sinyal tidak akan sampai menuju IC program yang ada di dalam pesawat televisi.Akibatnya tv seolah tidak merespon perintah dari remot kontrol.

Untuk itu perlu dipastikan terlebih dahulu bagian yang mengalami kerusakan, apakah kerusakan sensor terdapat pada remot kontrol atau pada peswat tv itu sendiri.

Batre habis bisa juga mengakibatkan remot itu tidak bisa di gunakan mungkin sudah terlalu lama dipakai sehingga kita sampai lupa mengganti batre tersebut.

untuk mengecek sensor remot kita tidak bisa secara langsung melihatnya dengan mata langsung tanpa menggunakan sebuah alat,apakah alat yang bisa untuk mengecek sensor tersebut,saya yakin semua kawan mempunyai alat ini dirumah apakah itu? yaitu adalah ponsel atau HP.

Seperti diketahui bahwa tv merk Polytron akan berada di posisi standby jika stop kontak atau kabel jack dicabut dari jala jala listrik.

Sehingga untuk menyalakan harus menekan tombol power On pada remot kontrol atau chanel + (plus).

Kerusakan sensor tidak bisa merespon berlaku untuk semua jenis tv polytron seperti Tv tabung, tv lcd dan tv LED.

Apabila TV kamu memliki masalah atau problem seperti sensor TV yang rusak. Kamu bisa memakai jasa terbaik dari servicesparepart.com yang pastinya bisa menyelesaikan masalah kamu.

Jika kamu sebagai pengguna atau pemilik TV polytron mempunyai masalah sensor tv tidak merespon seperti diatas, dan sudah melakuakn langkah diatas, namun belum berhasil, maka segera hubungi teknisi elektronika yang sudah berpengalaman dalam service tv.

Bagi yang sudah berpengalaman seperti tukang atau teknisi servis tv, bias melakukan panduan langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan obeng yang dibutuhkan dan multimeter
  2. Buka casing pada tv polytron secara hati hati dengan mencabut steker pada outlet listrik.
  3. Kemudian cari bagian blok sensor IR (infra red), colokkan steker pada listrik, kemudian ukur tegangan VCC pada kaki sensor dan juga kaki IR out, Gunakan skala DC lebih dari 10 Volt, jika terukur tegangan VCC 5 volt dan IR out 3 -4 volt, kemungkinan sensor tidak rusak, kemungkinan kerusakan ada di jalur dari sensor menuju ke IC program atau mainboard.
  4. Coba urut atau ukur dengan multimeter pada skala 1x dan jangan lupa untuk mencabut steker dari listrik, jika hubungan konektor baik, dengan ditandai jarum pada multimeter menuu ke angka Nol atau mendekati, berarti kerusakan ada pad IC program.
  5. Coba ganti saja sensor dengan yang baru, apabila setelah diganti , tv tetap tidak bisa merespon saat tombol remot ditekan, maka sudah dipastika kerusakan pada bagian IC program, Ganti IC program atau modul mainboard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *