Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Guru pada umumnya bekerja di sebuah instansi pendidikan, namun kini banyak guru yang memanfaatkan internet untuk mendapatkan pekerjaan sampingan. Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet yang cocok bagi guru dan tentu secara waktu tidak mengganggu profesi utamanya.

Mendapatkan uang melalui internet bisa menjadi penghasilan tambahan untuk seorang guru. Jika kamu bisa mengatur waktu dan tugas dengan baik, pekerjaan yang kamu geluti di internet bisa mendatangkan penghasilan yang menjanjikan, bahkan lebih besar dari gajimu sebagai guru.

8 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Guru                                                              

Bagi kamu yang berprofesi sebagai guru namun tertarik untuk mencoba berkarir di bidang lain lewat internet, ada banyak opsi yang bisa kamu coba. Berikut beberapa contoh pekerjaan yang bisa kamu lakukan tanpa mengganggu profesi utamamu sebagai seorang guru.

Guru Bahasa Online

Bagi kamu yang berprofesi sebagai guru bahasa, kamu bisa mengembangkan skill mengajarmu ke platform yang lebih luas dengan menjadi guru bahasa online. Nantinya kamu akan mengajar orang dari berbagai daerah yang ingin belajar bahasa tertentu, seperti Inggris, Mandarin, Korea, Spanyol, dan sebagainya.

Kini banyak tempat kursus bahasa yang menawarkan kegiatan pembelajaran secara online sehingga mampu menjangkau banyak orang. Untuk itu dibutuhkan guru bahasa yang berpengalaman sesuai dengan bidangnya.

Untuk bisa melamar pekerjaan ini, selain pengalaman mengajar kamu juga harus memiliki skill berbahasa serta komunikasi yang baik dengan peserta kursus. Selain itu, kamu harus lihai mengoperasikan perangkat yang dibutuhkan selama pembelajaran online.

Kalau kamu tertarik dengan profesi ini, kamu bisa mengajukan lamaran ke tempat kursus bahasa yang memiliki kelas online.

Translator

Masih berhubungan dengan guru bahasa, ada lagi satu profesi yang cukup menjanjikan untuk dicoba, yakni menjadi seorang translator. Kamu tentu tidak mau skill bahasamu hanya sekadar kamu gunakan untuk mengajar, bukan?

Untuk menjadi seorang translator, paling tidak kamu harus bisa menulis dengan fasih dengan bahasa asing tertentu. Selain itu, kamu perlu memiliki sikap yang detail dan teliti karena proses penerjemahan bahasa sangat rentan dengan adanya kesalahan penafsiran.

Profesi penerjemah kini semakin banyak dan meliputi berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, hukum, ekonomi, serta penerbitan. Jika kamu bisa mengatur waktu dengan baik, penerjemah bisa menjadi profesi yang menjanjikan bagi seorang guru bahasa.

Kontributor Aplikasi Pendidikan

Digitalisasasi yang merambah semua aspek kehidupan membuat proses belajar jadi lebih mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Itulah yang memotivasi sejumlah orang untuk membuat aplikasi pendidikan yang memungkinkan pelajar untuk memahami materi serta berlatih soal lewat perangkat pribadi mereka.

Maraknya aplikasi pendidikan ini, tentu membuka peluang buatmu yang berprofesi sebagai guru untuk berkontribusi di dalamnya. Tim penyedia aplikasi biasanya menawarkan berbagai lowongan bagi mereka yang tertarik dengan dunia pendidikan untuk ikut menjadi bagian dari aplikasi tersebut.

Kamu bisa memilih berbagai posisi yang ditawarkan di dalamnya seperti menjadi pengajar di aplikasi tersebut secara online, kontributor materi pembelajaran, atau justru yang membuat soal latihan.

Membuat Video Pembelajaran

Bagi kamu yang ingin berdaya sendiri untuk mendapatkan uang lewat internet, kamu bisa memanfaatkan platform media sosial seperti YouTube. Buatlah video pembelajaran yang menarik sehingga membuat para pelajar tertarik untuk menyaksikan video yang kamu unggah di YouTube.

Kamu bisa membuat video trik bagaimana mengerjakan soal yang sulit sehingga penonton merasa terbantu dengan video tersebut. Kamu bisa menambahkan animasi di dalam video yang dibuat untuk membuat penonton lebih mudah memahami penjelasan yang kamu paparkan lewat video.

Kamu bisa mendapatkan uang dengan cara ini lewat monetisasi iklan yang dipasang di setiap video yang kamu buat.

Jasa Penulis Artikel

Jika kamu seorang guru yang hobi menulis, bergabung dengan jasa penulis artikel merupakan salah satu opsi yang layak dipertimbangkan. Dengan semakin banyaknya jumlah perusahaan dan media yang membutuhkan bantuan untuk mengisi website mereka, profesi ini terbuka lebar untukmu.

Profesi penulis artikel bisa dengan mudah ditemukan di situs penyedia lowongan pekerjaan. Bahkan, sebagian besar bisa dikerjakan secara freelance sehingga kamu bisa mengerjakan artikel dari klien setelah tugas mengajarmu selesai.

Uang yang kamu terima dari menulis artikel ini dihitung sesuai jumlah kata dalam artikel yang kamu tulis. Masing-masing perusahaan yang menawarkan jasa penulis artikel biasanya sudah memiliki tarif sendiri untuk artikel dengan jumlah kata tertentu.

Untuk menjadi penulis artikel kamu harus rajin melakukan riset, memahami ketentuan kepenulisan dengan teliti dan mampu menulis dengan ejaan yang benar.

Membuat e-book

Masih untuk referensi guru yang yang suka menulis. Membuat e-book bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet sebab kini banyak pelajar butuh sesuatu yang bisa membantu mereka untuk mendapatkan pengetahuan secara lebih fleksibel.

Dengan adanya e-book, para pelajar bisa membaca hal-hal yang menambah pengetahuan lewat perangkat pribadi mereka, seperti smartphone dimanapun dan kapanpun. Membuat e-book memang memiliki tantangan tersendiri dan memerlukan skill menulis yang baik.

E-book layaknya buku pada umumnya. Untuk bisa menulis e–book yang bagus kamu harus benar-benar menguasai topik yang akan dibahas di e-book tersebut. Kamu bisa bekerja sama dengan penerbit tertentu yang memang memasarkan e-book atau membuat e-book untuk dijual sendiri.

Setelah e-book yang kamu buat jadi, kamu bisa memanfaatkan platform untuk menjualnya seperti facebook, instagram, YouTube, bahkan blog pribadi.

Menjual Perangkat Pembelajaran

Opsi lain yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang dari internet adalah menjual perangkat pembelajaran. Sebagai guru kamu pasti memiliki grup facebook atau grup di platform lain yang berhubungan dengan pendidikan, kamu bisa memanfaatkannya untuk menawarkan produkmu.

Perangkat pembelajaran yang dijual biasanya berupa softfile dan beragam jenisnya mulai dari materi pelajaran yang menarik, silabus, RPP, serta berbagai media yang mendukung proses belajar-mengajar.

Nah, jika kamu memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap dan berkualitas kamu bisa menjualnya di internet. Selain mendapatkan uang, kamu bisa membantu guru-guru di luar sana yang membutuhkan inspirasi untuk mengajar.  

Berjualan Online

Jika kamu menginginkan profesi yang sedikit berbeda dari bidangmu, kamu bisa memanfaatkan internet untuk berjualan online. Meski tidak berkaitan dengan dunia pendidikan, nyatanya banyak guru yang sukses meraup pundi-pundi uang dengan berjualan online.

Kamu bisa memanfaatkan sosial media yang kamu miliki untuk menawarkan produk yang dijual. Kamu juga bisa menjual produkmu lewat e-commerce. Ada banyak opsi yang bisa digunakan untuk menjual produkmu.

Agar orang semakin tertarik membeli produkmu, kamu harus membuat iklan yang menarik dan mempertahankan kualitas produk yang dijual.

Meskipun kamu berprofesi sebagai guru, banyak kesempatan terbuka lebar untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di antara beberapa cara mendapatkan uang dari internet tersebut, kamu bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan minatmu dan tidak menggangu pekerjaan utamamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *