Cara Mengaktifkan Windows Defender

Cara Mengaktifkan Windows Defender

Bagi yang belum tahu, Windows Defender merupakan program antivirus yang sudah disediakan oleh Microsoft. Namun, untuk Windows 8 ke bawah, kita diharuskan untuk mengaktifkannya manual karena secara default memang masih off.

Untuk pengguna Windows 10, sebenarnya kita tidak perlu mengaktifkannya secara manual karena secara otomatis sudah aktif. Namun, di beberapa laptop, Windows Defender masih adalam keadaan off, jadi tetap harus mengaktifkannya.

Nah, bagi yang belum bisa mengaktifkan Windows Defender, tenang saja. Kali ini saya akan memberikan tutorial mengaktifkan Windows Defender pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 paling mudah.

Windows 7

Saat pertama Windows 7 digunakan, atau setelah diinstall ulang, maka banyak pengguna yang menganggap sistem operasi ini tidak memiliki antivirus sama sekali. Oleh karena itu, biasanya pengguna Windows 7 akan langsung menginstall antivirus pihak ketiga.

Sebenarnya, Anda juga bisa kok menggunakan antivirus (Windows Defender) tanpa harus download terlebih dahulu. Jadi, Anda tinggal mengaktifkannya saja, karena antivirus ini masih dalam keadaan off.

Cara mengaktifkan Windows Defender di Windows 7 juga cukup mudah, berikut caranya:

  1. Pertama, silahkan klik Start di pojok kiri bawah.
  2. Pada kolom pencaruan, silahkan ketikkan Windows Defender. Nantinya akan muncul program tersebut, silahkan dibuka.
  3. Setelah masuk ke program, silahkan fokus pada bagian Settings dan pilih Options > Administrator > centang pada Use this program.
  4. Klik Save untuk menyimpan pengaturan.
  5. Selesai.

Jika Windows 7 Anda menggunakan password saat login (masuk ke desktop), maka dalam proses di atas Anda juga akan dimintai password. Silahkan masukkan password yang Anda gunakan ketika login.

Dengan mengikuti langkah di atas, maka Anda sudah berhasil mengaktifkan Windows Defender di Windows 7.

Windows 8

Sama halnya dengan Windows 7, Anda hanya perlu mengaktifkan Windows Defender dengan langkah yang sangat mudah. Sebenarnya caranya sama saja, cuma mungkin ada perbedaan dari segi tampilan.

Untuk lebih jelasnya, berikut caranya:

  1. Pertama, klik Start di desktop Windows 8.
  2. Nanti Anda akan menemui tampilan start yang cukup berbeda dengan Windows 7. Silahkan ketikkan Windows Defender dan buka program tersebut.
  3. Setelah terbuka, silahkan klik Settings > Real-time protection > Centang pada Turn on real-time protection (recommended).
  4. Klik Save changes untuk menyimpan pengaturan.
  5. Selesai.

Secara otomatis, Windows Defender di Windows 8 Anda akan aktif dan siap memproteksi file yang ada.

Windows 10

Berdasarkan pengalaman saya, Windows Defender di Windows 10 ini akan secara otomatis aktif tanpa kita mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika belum aktif, maka ada kemungkinan Anda pernah menonaktifkannya atau ada program yang menonaktifkan Windows Defender secara paksa.

Untuk mengaktifkan Windows Defender di Windows 10, caranya mungkin sedikit berbeda ya dengan cara-cara sebelumnya. Silahkan simak cara berikut ini:

  1. Pertama, klik icon Start yang ada di pojok kiri bawah taskbar.
  2. Setelah itu, silahkan klik Settings (icon gear).
  3. Jika pengaturan sudah terbuka, silahkan masuk ke Update & Security > Windows Security > Virus & threat protection.
  4. Jika sudah, scroll ke bawah dan pilih Virus & threat protection settings lalu pilih Manage settings.
  5. Pada halaman tersebut, silahkan aktifkan Real-time protections dengan klik toggle yang ada.
  6. Selesai.

Nah, itulah cara mengaktifkan Windows Defender di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Oh ya, jika Anda memutuskan untuk menggunakan Windows Defender sebagai antivirus, maka alangkah baiknya untuk menghapus antivirus lain. Hal ini dilakukan agar tidak ada bentrok antar antivirus, jadi lebih baik gunakan satu antivirus saja.

Demikianlah artikel yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga cara yang dibagikan di atas berhasil untuk mengaktifkan Windows Defender di laptop ataupun komputer Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *