Cara Mengatasi Oppo Launcher Telah Berhenti

Para pencinta selfie pasti mengenal Oppo, brand elektronik ternama dari Guangdong, China. Teknologi sekarang adalah menyatukan batre dengan hardware lain sehingga tidak bisa lepas dengan apabila jatuh. Hal tersebut membuat salah satu kerugian, yaitu membuat smartphone tidak bisa di re-boot dengan mencopo baterai. Bagaimana solusinya agar Anda tidak perlu ke tukang servis dan membayar ekstra untuk jasanya? Berikut adalah cara mengatasi oppo launcher telah berhenti, dengan langkah-langkah mudah.

Matikan Dan Nyalakan Lagi

Ini adalah cara klasik yang paling efektif dalam setiap teknologi apapun. Kemungkinan Oppo Anda baru saja update sistem, jadinya launchernya berjalan lambat. Atau ada saja waktu-waktu maintenance dari sistem Oppo atau program lain yang mempengaruhi kinerja kerja smartphone tersebut.

Clean Data via Recovery Mode

Ada berbagai istilah untuk langkah ini, beberapa sumber mengatakan wipe data atau clear data, intinya adalah membersihkan beberapa file-file yang menumpuk di smartphone kesayangan Anda. Dengan menyapu bersih maka Anda mengurangi data-data yang terlupakan yang bisa membebankan performa Oppo. Tetapi janganlah khawatir dengan data-data pribadi hilang karena history, chat, sms, nomor telpon, dan apapun yang berkaitan dengan Sim Card tidak akan hilang. Sehingga cara ini menjadi cara yang juga efektif dalam mengatasi oppo launcher telah berhenti.

Langkah-langkah yang perlu Anda ambil adalah: Tekan tombol power dan volume down di satu waktu yang sama. Terus tekan sampai smartphone Anda mati. Kemudian akan muncul lagi tampilan yang meminta ganti bahasa, pilih bahasa yang Anda butuh. Selanjutnya pilih opsi Bersihkan Data atau Wipe Data, dan pilih opsi Ya. Tunggu sampai selesai dan lakukan cara 1, yaitu mematikan dan menyalakan Oppo Anda.

Kembali ke Factory Setting

Apabila Recovery Mode menghapus data dan file-file, serta membiarkan Sim Anda dan aplikasi tetap menyala. Maka factory setting membantu Anda untuk mengembalikan Oppo dalam masa baru keluar dari box. Semuanya seperti baru lagi, dan hilang semua data termasuk nomor telpon apabila Anda belum backup dalam Google. Anda hanya perlu ke factory setting, cari backup dan reset, kemudian mencari reset to factory setting. Akan muncul berbagai popup untuk mengingatkan keputusan Anda bisa menghapus banyak data. Tetapi semua terserah anda untuk memilih.

Service Center

Apabila semua cara gagal, maka Anda perlu membeli handphone baru. Anda masih sayang dengan Oppo Anda? Mungkin cara terbaik adalah langsung ke Service Center terdekat di kota tempat tinggal. Apabila Anda masih memiliki garansi, kemungkinan masih bisa diperbaiki tanpa bayar. Tetapi apabila garansi sudah habis, Service Center tetap harus bayar. Semua terserah keputusan Anda, tetapi terkadang service berbayar bisa bayar sepertiga dari harga handphone baru.

Service center terbaik adalah service center dari brandnya sendiri, mungkin biayanya sedikit lebih mahal dan antrian lebih panjang, tetapi Anda mendapat spare-part asli dari brandnya sendiri yang lebih cocok untuk smartphone. Bukan berarti yang di toko-toko tidak baik, tetapi stok barang dan staffnya akan lebih terbiasa memperbaiki dan mengerti cara mengatasi oppo launcher telah berhenti apabila di tempat yang berlabel brand Oppo sendiri.

Kerusakan teknologi sudah biasa dan Anda hanya perlu tahu bagaimana langkah-langkah mudah dalam memperbaikinya. Dan semuanya biasanya ada dalam settingan smartphone. Demikian beberapa cara mengatasi oppo launcher telah berhenti agar bisa kembali seperti semula. Sumber referensi praktekno.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *