cara mengatasi speaker hp yang kresek

Cara Mengatasi Speaker HP Kresek

Speaker dalam sebuah smartphone pastilah memiliki peran yang sangat penting, dimana kegiatan seperti mendengarkan musik, telephone, hingga menonton film membutuhkan audio dari speaker tersebut. Bila speaker ini mengalami kerusakan seperti speaker HP yang kresek, maka anda perlu memperbaikinya.

Cara memperbaiki audio yang tidak nyaman untuk didengar ini sangatlah mudah untuk anda lakukan, disini anda hanya perlu mengikuti cara-cara yang sudah ada di bawah ini untuk mengatasi speaker HP yang anda miliki tersebut.

Cara Mengatasi Speaker HP yang Kresek

1. Mengatur Suara Menggunakan MX Player

MX Player

Pertama anda bisa mengatur tingkat suara menggunakan aplikasi bernama MX player, walaupun aplikasi ini sering dipakai untuk menonton video. Namun ternyata aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk meminimalisir suara kresek pada speaker HP anda.

Caranya instal terlebih dahulu aplikasi MX player pada smartphone anda, kemudian masuk ke dalam menu pengaturan audio dan centang pilihan Dekoder audio SW.

Lalu anda sudah bisa mengatur suara hingga audio tidak memiliki bunyi kresek saja, namun perlu diingat bahwa cara ini hanya berguna untuk meminimalisir saja dan bukan untuk memperbaiki speaker.

2. Mengatasi Speaker HP Kresek dengan Memindahkan Speaker Utama

Berikutnya anda juga bisa menggunakan cara memindahkan speaker utama menjadi speaker kedua, dimana dalam melakukan ini anda harus menginstal sebuah aplikasi yaitu SoundAbout di playstore.

Disini setelah anda menginstal aplikasi tersebut pada smartphone anda, maka anda sudah bisa mulai mengatur suara audio pada smartphone anda.

Untuk bisa menghilangkan suara kresek pada audio, maka anda bisa masuk ke dalam aplikasi SoundAbout. Kemudian pilih opsi SoundAbout service dan centang pilihan On-With status, lalu masuk ke dalam menu media audio dan ganti pengaturan dari speaker ke Earpiece.

3. Gantilah Komponen Speaker yang Rusak

Apabila anda benar-benar ingin mengembalikan suara speaker seperti saat smartphone masih baru, maka anda bisa mengganti komponen-komponen tertentu pada HP yang mengalami kerusakan. Terutama pada bagian yang berhubungan dengan audio dan speaker yang dimiliki oleh sebuah smartphone yang anda miliki tersebut.

Jangan lupa juga untuk menggantinya dengan merek yang lebih berkualitas, sehingga selain kembali seperti semula suara yang dihasilkan juga bisa lebih bagus.

Membawanya ke service center terpercaya juga merupakan kewajiban yang harus anda lakukan, mengingat di masa kini banyak service center yang tidak berkualitas dan bahkan bisa merusak smartphone yang anda miliki tersebut.

4. Memperbaiki Speaker dengan Cara Tradisional

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi speaker kresek adalah dengan menggunakan cara tradisional, salah satunya adalah dengan merendamnya dalam beras selama semalam penuh apabila HP anda terkena air hujan.

Dimana beras berfungsi untuk menyerap air yang ada di dalam smartphone, sehingga tidak akan merusak speaker atau audio yang dimiliki oleh smartphone tersebut. Selain menggunakan beras anda juga bisa melepas semua casing smartphone saat terkena air, disini gunakanlah tisu untuk membersihkan HP dari air-air yang menempel.

Kemudian jemur beberapa saat barulah anda bisa menyalakan HP anda dan speaker atau audio dijamin tidak akan mengalami kerusakan seperti timbulnya suara kresek.

Speaker HP kresek sebenarnya disebabkan oleh penggunaan yang terlalu berlebih, faktor usia, hingga terkena benturan ataupun air.

Namun dengan cara di atas anda bisa mencegah, meminimalisir, bahkan memperbaiki speaker yang mengalami rusak tersebut dengan sangat mudah, tentunya wajib untuk anda coba bila HP anda mengalami hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *