Cara Menggunakan Cat Duco Di Furniture

Cara Menggunakan Cat Duco Pada Furniture Untuk mempercantik ruangan yang ada di dalam rumah, kamu perlu untuk mengecat suatu barang atau tempat, bukan? Seperti mengecat dinding rumah, kursi, meja, dan lain-lainnya. Biasanya untuk cat pada dinding, harus menggunakan cat yang fungsinya hanya untuk dinding saja. Tetapi untuk kursi, meja, kitchen set, kamu bisa menggunakan cat duco loh. Apakah kamu tahu cat duco itu apa? 

Cat duco adalah salah satu jenis cat yang digunakan untuk teknik finishing dengan caranya yaitu disemprotkan. Biasanya cat dan teknik yang satu ini digunakan untuk barang-barang furniture yang terbuat dari kayu. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi, cat duco juga mampu digunakan sebagai finishing untuk pintu, dinding, jendela, dan benda-benda lainnya yang terbuat dari besi atau kayu.

Disini, kami akan membahas mengenai gimana caranya menggunakan cat duco pada kayu. Kami menggunakan cat duco bioduco untuk memberi tahu bagaimana cara yang benar untuk menggunakan cat duco tersebut. Cat duco bioduco ini mudah di aplikasikan karena menggunakan spray system. 

Penggunaan spray system tentu saja berbeda dengan teknik yang lainnya, yaitu spray system tidak akan menimbulkan bubble, sagging, atau menimbulkan berbagai macam kerusakan yang lain jika kamu temukan pada cat duco pelarut solvent. Proses menggunakan cat duco ini tidak memerlukan panas dari matahari, karena cat duco ini akan cepat kering ketika hanya mendiamkan di material yang telah dicat pada ruangan yang bersih, bebas debu dan memiliki ventilasi udara yang sangat baik. 

Step Menggunakan Cat Duco Pada Furniture

Cara Menggunakan Cat Duco

Berikut cara menggunakan cat duco pada kayu yang baik dan benar :

  1. Persiapan
    Untuk memulai catnya, persiapkan material yang akan kamu gunakan. Kamu pastikan bahwa materialnya tetap kering dan sudah memiliki permukaan yang halus. Selagi kamu menyiapkan alat dan bahan untuk cat, amplas haluslah bahan material di permukaannya, lalu bersihkan sisa-sisa debu amplas tersebut.
  2. Pengamplasan
    Untuk lapisan yang pertama, hal yang diperlukan adalah dempul. Jika material yang akan kamu lapisi adalah kayu, makan gunakanlah bioduco wood putty terlebih dahulu, sebagai bahan dasar dari pengecatan. Fungsinya itu untuk menutup warna pada kayu dan juga menutup pori-pori yang ada pada kayu.  Proses penggunaan dari bioduco wood putty yaitu dengan mencampurnya sedikit dengan air, kemudian usapkan ke seluruh permukaan kayu tadi menggunakan kain bal. Usapkan sambal ditekan, sehingga wood putty benar-benar masuk ke dalam pori-pori kayunya. Lalu, tunggulah sampai mongering tanpa dijemur yaitu sekitar 20 menit. Jika selama 20 menit kayunya sudah kering, maka lanjutlah untuk mengamplas kayu dengan kertas amplas ukuran 240.
  3. Primer Coat
    Sebelumnya lapisan dasar sudah dibersihkan, selanjutnya adalah menggunakan bioduco primer coat. Cara menggunakannya yaitu campurkan air dan di aduk dengan rata, setelah di aduk dengan rata. Kamu bisa menggunakan spray gun untuk menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu.  Tunggu primer coat tersebut mengering selama 60 menit dan pastikan juga bahwa primer coatnya telah benar-benar mengering, karena akan dilanjutkan pengamplasan menggunakan kertas amplas ukuran 400.
  4. Gunakan Cat Duco Yang Bagus
    Lapisan dasar sudah, lapisan kedua juga sudah, selanjutnya yaitu untuk lapisan ketiga. Lapisan ketiga ini bisa kamu gunakan cat duco yang memiliki 24 pilihan warna. Kamu juga bisa memilih warna yang dibutuhkan, jika kamu sudah memilih warna tersebut. Lalu, campurkan cat duco dengan air sesuai dengan keterangan yang tertera pada kemasan. Setelah itu, kamu bisa menyemprotkannya ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga benar-benar mongering, jika sudah dipastikan kering kamu dapat mengamplas dengan cara mengambang dengan kertas amplas ukuran 400. Di lapisan ini, kamu dapat mengulangi beberapa kali sampai warnanya sesuai dengan apa yang kamu inginkan.
  5. Clear Coat
    Lapisan terakhir yaitu adalah top coat. Kamu bisa menggunakan tingkat glossy sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Namun, jika kamu akan menggunakannya pada furniture outdoor, maka disarankan untuk menggunakan top coat gloss.   Cara menggunakan top coat yaitu campurkan dengan air dengan perbandingan 2:1, kemudian semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Agar mengering secara sempurna, diamkan material didalam ruangan yang berventilasi baik selama 24 jam. Pada waktu itu, material akan kering dengan sempurna.

Selesai juga pembahasan mengenai cara menggunakan cat duco pada kayu. Apakah kamu tertarik ingin mencobanya? Kamu bisa mencobanya sendiri dirumah, tetapi jika kamu tidak ada waktu. Kamu bisa hubungi Mirach Interior yang akan membantu kamu memfinishing barang furniture yang kamu inginkan. Selain itu juga, kamu juga bisa memesan barang furniture atau custom furniture di Mirach Interior loh. Kamu juga bisa memilih bahan dasar materialnya dan finishingnya sendiri, agar bisa sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jadi, ayo tunggu apa lagi? Hubungi Mirach Interior sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *