Cara Menghilangkan Stres

Masalah di kehidupan yang kita jalani seringkali datang silih berganti.

Baik itu berasal dari tempat kerja, sekolah atau kampus, hubungan dengan sesama, masalah rumah tangga, hingga dalam bentuk tagihan-tagihan yang membayang-bayangi kita.

Masalah-masalah tersebut rentan menimbulkan stres pada diri kita.

Stres yang tidak terkendali dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Meskipun sebenarnya stres juga tidak selamanya berorientasi buruk pada hidup kita. Stres mendasari tindakan kita dalam melakukan sesuatu, tanpanya kita tidak akan memiliki kekhawatiran melakukan dan memilih sesuatu.

Walaupun stres merupakan hal yang wajar bagi manusia. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara untuk menghadapi dan meminimalkan stres dengan baik.

Hal tersebut tentu saja dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan kita. Oleh sebab itu cara berikut ini akan membantu kita dalam menghilangkan stres.

1. Melakukan kegiatan yang disukai

Melakukan hobi dapat mendatangkan hal positif dan membantu menurunkan kadar stres seseorang.

Biasanya sewaktu orang sedang melakukan hobi yang disenangi, kita seakan lupa waktu dan menimbulkan efek bahagia.

Apapun hobinya seperti, mendengarkan musik, membaca buku, memancing, bermain game, akan sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar stres yang kita alami.

Jika kamu hobi mengunjungi tempat-tempat yang disukai, cara ini juga cukup ampuh karena kamu akan mendapatkan penawar dari rasa stres karena tempat-tempat yang kamu sukai akan membangkitkan mood kamu dengan pesat. Sumber : berwisata.org

2. Meditasi atau beribadah

Ketika stres melanda cobalah untuk melakukan meditasi atau beribadah. Meditasi akan membantu kita untuk menjadi lebih fokus pada hal-hal yang sedang terjadi.

Salah satu meditasi yang cukup disarankan adalah mindful. Selain meditasi kita juga beribadah juga dapat membantu menghilangkan stres.

Ibadah akan membantu kita fokus terkoneksi dengan Tuhan dan membuat kita lebih bersyukur.

3. Tersenyum dan tertawa

Tersenyum mampu menghasilkan perubahan dalam aktivitas otak yang dapat membuat suasana hati lebih bahagia.

Apalagi jika kalian tersenyum kepada orang lain hal ini akan membangun pengaruh positif di sekitar kita.

Selain tersenyum, tertawa juga sanggup mengurangi kadar hormone stres dalam tubuh. Carilah hal-hal yang membuatmu tertawa, seperti lelucon, serial komedi, dan sebagainya.

4. Bergerak dan berolahraga

Saat stres melanda biasanya kita lebih sering mengurung di kamar atau tempat yang sepi.

Ternyata alangkah baiknya jika kita malah tetap bergerak dan berolahraga ringan. Seperti jogging, bersepeda, berjalan kaki, atau sekedar melakukan peregangan tubuh.

Sebab sewaktu kita bergerak dan berolahraga tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang membuat kita merasa lebih baik. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan perasaan senang dan bahagia.

5. Menarik napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam ternyata juga dapat menurunkan kadar stres. Kita dapat melakukannya sewaktu pagi hari misalnya.

Untuk memulainya kita cukup duduk dengan tenang di tempat yang sepi dan nyaman. Setelah itu tutup kedua mata, dan ambil napas melalui hidung.

Hiruplah dalam-dalam selama beberapa hitungan yang dirasa cukup. Kemudian hembuskan keluar, dan ulangi hingga beberapa kali. Ingatlah untuk memanjangkan hembusan dan tarikan napas.

6. Pijat

Stres memang membuat otot tubuh kita kaku, hal ini dapat berlanjut menjadi nyeri dan pegal-pegal. Salah satu cara menghilangkan-nya yakni melakukan pijat refleksi.

Pijatan tersebut dapat membantu kita memulihkan otot yang tegang dan kaku. Apalagi jika selama pijat, dilengkapi juga dengan aroma terapi.

Harum dari aroma terapi juga akan membuat otak kita jadi lebih tenang. Kita juga dapat berkonsultasi dengan terapis pijat, agar dibantu menghilangkan stres lewat pijatan.

7. Berenang atau berendam air hangat

Mengambang di air dengan cara berenang atau berendam juga terbukti memicu respons relaksasi tubuh.

Cara paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan cara berendam dalam bak air mandi. Terlebih ditemani dengan lilin aroma terapi dan alunan musik yang lembut.

Selain itu kita juga bisa melakukannya dengan merendam kaki di dalam air hangat beserta minyak rempah atau aroma terapi. Penggunaan aroma terapi juga terbukti mampu mengurangi tingkat stres.

8. Memelihara binatang

Berinteraksi dengan binatang peliharaan akan membantu mencurahkan kasih saying dan perasaan bahagia.

Memelihara binatang terutama anjing atau kucing, dapat meringankan rasa kesepian yang kita miliki.

Selain itu dengan membelai, memeluk, dan menyentuh hewan peliharaan juga dapat secara cepat meningkatkan kadar kebahagiaan.

Hewan peliharaan juga menjadi stimulus hebat untuk membantu kita dalam meningkatkan mood serta menekan stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *