cara mengubah ip address

Cara Mengubah IP Address

IP Address adalah sebuah angka yang digunakan sebagai identitas setiap komputer. IP Address bersifat unik, dalam artian hanya bisa digunakan pada satu komputer saja. Jadi, IP Address komputer satu dengan komputer lain sudah pasti berbeda.

Bagi yang bergelut di bidang jaringan komputer, mungkin IP Address sudah menjadi makanan sehari-hari. Hal ini juga termasuk para siswa SMK yang mengambil jurusan jaringan, salah satu contohnya Teknik Komputer dan Jaringan.

Pada settingan default, komputer akan mendapatkan alamat IP secara otomatis. Jadi, tanpa kita setting terlebih dahulu, komputer tersebut sudah memiliki IP Address. IP otomatis (dynamic) ini sering digunakan pada sekolah-sekolah, perusahaan, dan hampir semua jaringan komputer.

Namun, walaupun sudah memiliki alamat IP otomatis, terkadang kita perlu mengubah IP tersebut sesuai dengan kebutuhan. Karena IP otomatis tidak selalu bisa langsung terkoneksi ke internet, mau tidak mau harus mengubah IP Address secara manual.

Mengganti IP Address Laptop dan Komputer

Dalam pengaturan IP Address, komputer dan laptop memiliki tampilan interface yang sama, asalkan menggunakan Windows. Selain itu, tampilan Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 juga tidak beda jauh. Pada tutorial kali ini, kami menggunakan Windows 10 untuk praktik.

Berikut adalah cara mengubah IP Address di Windows:

1. Pertama, silahkan masuk ke Network and Sharing Center. Caranya, silahkan klik kanan pada icon jaringan di taskbar bagian pojok kanan bawah lalu pilih Open Network and Sharing Center.

Bisa juga dengan cara lain, tekan Windows + R lalu masukkan control.exe /name Microsoft.NetworkAndSharingCenter kemudian tekan enter.

cara mengubah ip address laptop

2. Setelah itu, pilih menu Change adapter settings seperti gambar di bawah ini.

cara mengubah ip address komputer

3. Kemudian, pilih adapter yang digunakan untuk terhubung ke internet. Dalam contoh ini, kami akan mengubah IP Address wifi yang kami gunakan.

Klik kanan pada adapter tersebut lalu pilih Properties > nanti akan muncul jendela baru, silahkan pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > klik Use the following IP address lalu masukkan pengaturan IP yang diinginkan.

cara mengganti ip address laptop

Kalau mau menggunakan DNS, silahkan klik Use the following DNS server addresses lalu masukkan DNS seperti gambar.

4. Selesai.

Sampai disini kita sudah berhasil mengganti IP Address di laptop ataupun komputer. Biasanya, koneksi akan terputus sementara karena proses pergantian IP, nanti kalau sudah selesai prosesnya, laptop akan kembali terhubung ke internet.

Penting: Dalam pengisian IP Address, Subnet Mask, dan Default Gateway kita tidak bisa sembarangan ya. Kita harus menyesuaikannya dengan jaringan yang digunakan, pokoknya tidak boleh ngawur. Kalau IP yang dimasukkan tidak sesuai, maka laptop tidak akan terhubung ke internet.

Cara Mendapatkan IP Address Otomatis

Ketika kita sudah mengganti IP Address kemudian menggunakan jaringan WiFi yang sebelumnya belum pernah digunakan, maka kita harus mengubah pengaturan agar perangkat mendapatkan IP secara otomatis. Karena jika kita tetap menggunakan pengaturan sebelumnya, sudah pasti tidak akan bisa terhubung ke internet.

Untuk mendapatkan IP otomatis, biasanya jaringan sudah disetting DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Caranya sebenarnya sama saja dengan langkah mengubah IP Address di atas. Bedanya, Anda harus memilih jaringan WiFi yang digunakan, jika sudah masuk pada pengaturan ini, silahkan pilih Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically.

cara mengganti ip address komputer

Setelah diatur seperti gambar di atas, maka secara otomatis perangkat yang kita gunakan akan mendapatkan IP Address sendiri.

Demikianlah artikel mengenai cara mengubah IP Address pada laptop dan komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait IP Address.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *