Cara Menulis Aksara Jawa di Word

Cara Menulis Aksara Jawa di Word – Pripun Kabare Gaes? Apik?… Itulah contoh bahasa jawa sehari-hari. Sebagai orang jawa, bahasa jawa merupakan bahasa yang digunakan sehari-hari untuk percakapan. Kita sepantasnya untuk melestarikan budaya kita sendiri seperti menggunakan bahasa daerah termasuk bahasa jawa.

Selain pengucapan, bahasa jawa juga mempunyai cara penulisan tersendiri atau yang biasa dikenal sebagai aksara yaitu aksara jawa. Bagi orang jawa, pasti tau apa itu aksara jawa karena aksara diajarkan mulai dari bangku sekolah dasar. Tapi bila kita sudah selesai sekolah, pasti akan lupa cara menulis aksara jawa.

Selain menulis di kertas, menulis aksara jawa juga bisa dilakukan di handphone dan pc / laptop. Emang bisa menulis aksara jawa di handphone dan pc / laptop? Jawabannya tentu bisa. Untuk itu kali ini saya akan membahas tentang cara menulis aksara jawa di word menggunakan pc / laptop. Bagi kalian yang ingin tau cara menulis aksara jawa di word menggunakan pc / laptop, langsung saja kalian simak artikel berikut ini.

Cara Menulis Aksara Jawa di Word

Ada dua cara menulis aksara jawa di word yaitu dengan Bahasa resmi dari windows 10 dan juga font aksara jawa bila kalian menggunakan windows dibawah windows 10.

Cara Menulis Aksara Jawa dengan Bahasa Jawa Resmi dari Windows 10

Bahasa Jawa dan Aksara Jawa sudah resmi menjadi salah satu bahasa yang bisa digunakan di Windows 10. Jadi bila kalian menggunakan Windows 10 sudah pasti bisa menulis aksara jawa. Tapi kalian harus menambahkan bahasa jawa di Windows 10. Cara untuk menambahkan bahasa jawa di windows 10, bisa kalian ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Settings di pc / laptop sobat
  • Lalu pilih Time & Language
  • Setelah itu sobat pilih Language untuk menambahkan bahasa jawa dan aksara jawa

  • Terus sobat klik tanda + Add a preferred language, maka akan muncul bahasa-bahasa resmi yang ada di windows dan kalian cari dan tuliskan di pencarian “Javanesse” maka akan muncul aksara jawa dan Bahasa jawa latin

  • Kalian pilih saja yang menggunakan aksara jawa lalu klik Next terus klik Install
  • Maka akan muncul di Preferred language

  • Lalu untuk memulai menulis aksara jawa di word, sobat ubah Bahasa dari Bahasa utama ke aksara jawa dengan cara sobat klik Eng (biasanya Bahasa default adalah Bahasa Inggris) di kanan bawah layar
  • Setelah itu sobat pilih yang aksara jawa atau Javanesse

  • Setelah itu kalian bisa mulai menulis aksara jawa di word

Sangat mudah dan praktis karena resmi dari windows. Tapi kelemahan dari Bahasa jawa bawaan windows adalah kalian tidak bisa menulis pasangan dan sandangan. Untuk itu sobat perlu mengunduh font aksara jawa yang bisa menulis aksara jawa lengkap dengan pasangan dan sandangan.

Cara Menulis Aksara Jawa dengan Font Aksara Jawa

Bila kalian masih menggunakan windows dibawah windows 10, kalian tidak bisa mengaktifkan Bahasa jawa karena tidak tersedia. Untuk itu kalian perlu mendownload font aksara jawa. Untuk cara menulisnya kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kalian terlebih dahulu download font aksara jawa, kalian bisa mencarinya di google nama font nya adalah Hanacaraka
  • Bila sudah kalian install
  • Setelah itu kalian bisa mulai menulis aksara jawa
  • Berikut ini adalah penjelasan penulisan aksara jawa

Akhir Kata

Demikian tutorial cara menulis aksara jawa di Word, untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa kunjungi situs Gurukece.com. Semoga tutorial ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kalian yang ingin bisa menulis aksara jawa di word.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *