Cara Menulis Arab di Word

Kemampuan menulis huruf Arab di PC/Laptop merupakan modal utama untuk mengerjakan dokumen yang berkaitan dengan huruf Arab. Pekerjaan seperti ini biasanya dilakukan oleh orang-orang di lembaga pendidikan Islam seperti Guru agama, Kementrian Agama maupun mahasiswa prodi Bahasa Arab.

Sebenarnya, cara membuat tulisan Arab di Microsoft Word itu mudah asalkan Anda mengtahui ejaan tulisan Arab yang benar. Microsoft sendiri juga sudah menyediakan fiturnya, jadi Anda tinggal mengaktifkan fitur tersebut agar bisa menulis Arab.

Cara Membuat Tulisan Arab di PC/Laptop

Nah, bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mencari cara untuk membuat tulisan arab di Word, Artikel dari piwiq.id ini akan membantu Anda untuk mengetahui cara membuat tulisan arab di PC/Laptop dengan mudah dan cepat.

Cara ini juga bisa digunakan pada semua versi Windows, baik itu Windows 10, 8, maupun Windows 7. Selain itu, bahasa Arab juga akan otomatis support pada Microsoft Office 2007, 2010, 2013, dan 2016.

Berikut caranya:

1. Menambahkan Bahasa Arab

Sebelumnya kami menggunakan Windows 10, untuk versi yang lainnya tinggal menyesuaikan tata letak menunya saja. Agar bisa menulis Arab di PC/Laptop, tentu saja Anda harus menambahkan bahasa Arab terlebih dahulu. Untuk caranya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, klik Start Windows lalu pilihSetting. Kemudian pilih Time and Language.
  • Pada menu selanjutnya, klik Language. Lalu klik Add a language untuk menambahkan bahasa.
  • Pada kolom pencarian, silahkan tuliskan Arabic (Saudi Arabia). Jika sudah dipilih lalu klik Next.
  • Silahkan tunggu proses pemasangan bahasa Arab di PC/Laptop Anda sampai selesai. Jika proses pemasangan selesai, maka bahasa tersebut akan tampil di pengaturan.

2. Menjalankan Aplikasi On Screen Keyboard

Setelah Anda berhasil menambahkan bahasa, PC/Laptop Anda akan tetap menggunakan bahasa sebelumnya. Karena penggantian bahasa harus dilakukan secara menual, untuk mengubah bahasa keyboard menjadi Arab Anda perlu menjalankan Aplikasi On Screen Keyboard.

Berikut caranya:

  • Pertama, ketikkan On-Screen Keyboard pada kolom pencarian. Lalu klik Aplikasi tersebut.
  • Setelah terbuka, papan keyboard otomatis akan muncul di layar PC/Laptop Anda. Namun, bahasanya masih menggunakan bahasa default, yakni bahasa Inggris.
  • Kemudian rubah bahasa default dengan cara klik IND atau ENG yang ada di taskbar, lalu pilih Arabic (Saudi Arabia).
  • Jika sudah, kembali ke menu On-Screen Keyboard. Keyboard Anda akan berubah menjadi arab.

3. Cara Menulis Arab di Microsoft Word

Setelah melakukan kedua tahapan diatas, kini saatnya baralih ke bagian inti yakni cara menulis huruf arab di Word. Meskipun secara otomatis keyboard akan berubah menjadi bahasa arab. Akan tetapi karena keyboard Anda tidak didukung dengan informasi huruf Arab, Anda akan tetap kesulitan untuk mencari huruf hijaiyahnya.

Oleh karena itu, Anda juga harus memerlukan On-Screen Keyboard. Berikut cara menulis arab di Word 2013, 2016, maupun versi terbaru.

  • Pertama, buka Microsoft Word. Kemudian pilih New Blank Document.
  • Pada dokumen baru, tekan tombol CTRL + R untuk merubah menjadi rata kanan.
  • Langkah terakhir, gunakan On-Screen Keyboard untuk menulis bahasa Arab.

4. Memberikan Harakat di Microsoft Word

Hal penting lainnya yang selalu ada pada tulisan Arab adalah harakat. Untuk menambahkan harakat pada huruf, Anda juga bisa memanfaatkan shortcut keyboard.

Jika menggunakan On-Screen Keyboard, Anda bisa meng-klik Shift kemudian tekan harakat yang Anda inginkan. Selain itu, jangan lupa untuk meletakkan kursor di samping huruf hijaiyyah yang ingin diberi harakat.

Berikut adalah shortcut harakat yang penting Anda ketahui:

  • Shift + Q = Fathah
  • Shift + A = Kasrah
  • Shift + E = Dammah
  • Shift + W = Fathah Tanwin
  • Shift + S = Kasrah Tanwin
  • Shift + R = Dammah Tanwin
  • Shift + X = Sukun
  • Shift + ~ = Tasydid

Cara menggunakan shortcut diatas adalah setelah mengetik huruf. Jadi, setelah huruf diketik maka secara otomatis kursor akan berada sesudah huruf tersebut. Nah, saat itulah Anda bisa memberikan harakat pada huruf.

Tutorial cara menulis arab yang disampaikan disini menggunakan Windows 10 dengan Microsoft Word 2013. Akan tetapi, untuk Windows atau Microsoft Word tipe lainnya, caranya kurang lebih hampir sama.

Meskipun terkesan ribet dan susah, apabila Anda sudah hafal letak huruf arab pada keyboard dan shortcut harakat yang digunakan menulis arab di Word akan lebih mudah.

Itulah beberapa ulasan yang membahas tentang cara menulis arab di Word dengan mudah. Semoga ulasan yang kami berikan ini bermanfaat bagi Anda, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *