cara menulis ayat al quran di microsoft word

Cara Menulis Ayat Qur’an di Microsoft Word

Menulis ayat Al-Qur’an di Microsoft Word merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh guru Agama. Namun, tidak jarang para siswa juga mendapatkan tugas yang di dalamnya terdapat kutipan ayat Al-Qur’an.

Sebenarnya, cara menulis ayat Al-Qur’an di Microsoft Word itu tidak rumit. Bagi Anda yang masih kesulitan, tenang saja, kami akan memberikan langkah-langkahnya secara rinci agar mudah dipahami.

Alternatif yang bisa digunakan dalam langkah ini adalah menggunakan Add-Ins Qur’an Microsoft Word. Aplikasi ini mampu menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an beserta terjemahan dalam berbagai bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.

Seperti penjelasan dari charis.id bahwasannya aplikasi ini bisa berjalan dengan baik pada hampir semua versi, mulai dari Microsoft Word 2007, 2010, 2013, maupun 2016. Dalam langkah ini, kami menggunakan Microsoft Word 2016.

Cara Menulis Ayat Al-Qur’an di Microsoft Word

Agar dapat menuliskan ayat Al-Qur’an dengan sempurna, ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan, berikut penhelasannya:

1. Install Font Qur’an Complex

Font ini adalah font khusus untuk menulis Al-Qur’an di Word. Sebenarnya bisa menggunakan font lain, cuma dikhawatirkan terdapat kekeliruan karena tidak semua font mendukung tulisan Arab. Untuk proses instalasi font, silahkan simak caranya di bawah ini:

  • Pertama, silahkan Anda unduh font disini.
  • Setelah selesai proses unduhnya, double click pada font tersebut sampai muncul tampilan seperti ini, setelah itu langsung klik Install.cara menulis ayat al-quran di word
  • Silahkan tunggu proses instalasi selesai, jika sudah selesai silahkan klik Finish.

2. Install Qur’an in Ms Word

Setelah font berhasil terinstall, langkah selanjutnya adalah install Qur’an in Ms Word. Silahkan unduh terlebih dahulu versi terbarunya di bawah ini, silahkan sesuaikan dengan bit laptop Anda ya.

Setelah diunduh, langsung install saja. Caranya hampir sama dengan install font di atas, tinggal double click dan klik Next sampai selesai.

Jika sudah, buka aplikasi Microsoft Word dan perhatikan pada tab pojok kanan atas, akan muncul tab baru seperti gambar di bawah ini.

cara menulis al quran di microsoft word

3. Menulis Ayat Al-Qur’an

Jika Add-Ins sudah terinstall dengan baik, maka kita sudah bisa menulis Ayat Al-Qur’an di Microsoft Word. Bagaimana caranya? silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

Pertama, silahkan klik Add-Ins Al-Qur’an tersebut. Setelah itu akan muncul bagian-bagian seperti gambar di bawah ini.

cara menulis ayat di microsoft word

Agar lebih mudah dipahami, kami akan menjelaskan secara rinci bagian-bagian tersebut.

Penjelasan Nomor 1: Select Surah Ayah

  • Surah: Nama surah yang akan dimasukkan dalam dokumen.
  • Ayat From: Ayat pertama yang akan dimasukkan dalam dokumen.
  • Ayat To: Ayat terakhir yang akan dimasukkan dalam dokumen.
  • Browse Quran: Mencari surah dan ayat secara manual.
  • Search Quran: Mencari surah dan ayat dengan kolom pencarian.

Penjelasan Nomor 2: Action

  • Ayah Quran: Menampilkan ayat yang sudah dipilih pada nomor 1.
  • Translation: Menampilkan terjemahan dari ayat tersebut.
  • Page: Halaman yang akan disisipi ayat yang sudah ditentukan.

Penjelasan Nomor 3: Write to Document

Write to document adalah tombol yang digunakan untuk memasukkan ayat ke dalam dokumen Microsoft Word. Sebagai contoh kami menuliskan surah Al-Fatihah dan terjemahannya, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

cara menulis ayat al quran di microsoft word

Nah, seperti itulah cara mudah menulis ayat Al-Qur’an di Microsoft Word. Sebenarnya jika digali lagi, masih banyak fitur yang tersimpan dari Add-Ins Qur’an in Ms Word ini. Tapi tidak masalah, setidaknya cara ini bisa untuk belajar Microsoft Word yang lumayan untuk menambah pengetahuan.

Demikian artikel tentang cara menulis ayat di Ms Word. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan terkait tutorial Microsoft Word.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *