Cara Reset Windows 10 Tanpa Menghapus Data

Semakin lama digunakan, kinerja sebuah PC/laptop biasanya akan mengalami penurunan. Penyebabnya beragam; seperti ruang penyimpanan yang terlalu penuh, terkena virus dan malware yang berbahaya, aplikasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya hingga adanya error pada saat update sistem.

 

Bila masalahnya ringan, kalian hanya perlu melakukan troubleshooting melalui menu pengaturan di Windows 10. Jika masalahnya cukup serius dan tidak bisa diatasi dengan proses troubleshooting. Cara yang paling ampuh adalah dengan instal ulang atau reset Windows 10 ke pengaturan pabrik.

 

Tidak perlu khawatir dengan data-data penting kalian. Fitur reset berbeda dengan instal ulang. Bila kalian instal ulang tentu saja data pribadi akan ikut terhapus. Namun, bila melakukan reset, data pribadi kalian akan aman dan tidak terhapus.

 

Berikut cara reset Windows 10 tanpa menghapus data. Perhatikan langkah demi langkah agar proses reset sistem Windows tidak mengalami kegagalan.

 

Langkah 1: Klik tombol Start yang berada di pojok kiri bawah. 

langkah 2: Pilih Setting untuk membuka jendela pengaturan.

Langkah 3: Pada jendela pengaturan, pilih Pembaruan & Keamanan. Letaknya di sebelah kiri paling bawah.

Langkah 4: Setelah jendela pengaturan terbuka, klik opsi Pemulihan

Langkah 5: Arahkan kursor ke sebelah kanan. Pada area Atur ulang PC ini, klik Persiapan

Langkah 6: Selanjutnya sistem Windows 10 akan memberikan 2 pilihan; Tetap simpan file saya dan Hapus semua

Opsi pertama, sistem akan menghapus aplikasi dan pengaturan, tanpa menghapus file pribadi. Sedangkan opsi kedua, semua aplikasi, pengaturan dan file akan terhapus. Kalau kalian punya data penting, sebaiknya pilih opsi yang pertama.

Langkah 7: Pilih Reset untuk memulai proses reset Windows 10. 

Langkah 8: Proses reset Windows 10 memerlukan daya baterai yang cukup banyak, jadi pastikan baterai laptop/PC kalian penuh. Bila baterai tinggal beberapa persen, kalian bisa menyambungkan ke catu daya agar tidak kehabisan daya ketika proses reset sedang berjalan.

Langkah 9: Tunggu sampai proses reset selesai. Biasanya proses reset Windows 10 memerlukan waktu sekitar 30 menit. Kalian bisa melakukan aktifitas lain sambil menunggu proses reset dan instal ulang selesai.

Langkah 10: Dalam proses reset, semua program dan aplikasi akan terhapus. Maka, kalian perlu melakukan instal ulang aplikasi yang dibutuhkan. Untuk mengantisipasi adanya virus dan malware berbahaya, jangan pernah mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

 

Nah, bagaimana dengan kinerja laptop/PC kalian, apa perlu dilakukan reset untuk mengatasi permasalahannya? Atau kalau hanya ingin mencoba meningkatkan kinerja PC, kalian bisa membaca artikel kami yang berjudul Cara Mempercepat Kinerja Windows 10. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *