cek imei iphone

Cara Cek IMEI iPhone Asli, Ini Langkah-langkahnya

Produk smartphone iPhone menjadi salah satu smartphone eksklusif besutan apple yang banyak digunakan oleh orang. Banyak yang menginginkannya sampai ada saja orang yang berusaha memalsukannya.

Cara membedakan iPhone asli dan tidak adalah dengan mengecek nomor IMEI-nya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa cara untuk cek IMEI iPhone.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity atau dalam pengertian singkatnya adalah kode produksi yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan yang membedakan antara produk satu dengan produk lainnya.

Biasanya nomor IMEI terdiri dari 14 hingga 16 digit dan tidak ada produk yang memiliki IMEI sama, 

Nah, jika barang palsu kemungkinan tidak memiliki nomor IMEI ini. Beberapa pengguna terkadang abai dengan pentingnya mengecek IMEI ini.

Padahal IMEI ini diperlukan saat pengguna iPhone ingin memperbaiki salah satu bagian yang rusak atau bisa juga digunakan jika mereka kehilangan perangkat iPhone.

Anda yang kehilangan iPhone bisa melaporkan ke iPhone center dan memblokir akses terhadap iPhone yang hilang tersebut agar si pencuri atau orang yang menemukannya tidak bisa melakukan apa-apa terhadap iPhone anda.

Berikut ini adalah beberapa langkah cara mengecek nomor IMEI pada iPhone.

Lewat Sistem iPhone

Pengecekan IMEI pada iPhone yang pertama bisa dilakukan melalui cara mengeceknya melalui sistem. Jika anda pemilik iPhone, cobalah untuk cek IMEI iPhone anda melalui pengaturan atau settings. Kemudian masuk ke ‘General’ dan lanjutkan ke ‘About’.

Pada menu ‘about’ biasanya akan tertera informasi mengenai apapun soal ponsel anda.

Beberapa informasi yang tertera antara lain nomor IMEI, ICCID, MEID, serial number, nama model iPhone, CPU, RAM, penyimpanan dan versi sistem operasi yang dipakai.

Ada di Tubuh iPhone

Anda juga bisa mengecek IMEI iPhone pada bagian tubuh iPhone itu sendiri. Maksudnya adalah nomor IMEI juga tertera di bagian tubuh iPhone anda. Banyak orang yang tak sadar bahwa terdapat nomor IMEI di bagian belakang iPhone.

Anda hanya perlu membalikkan iPhone anda dan melihat apakah ada rangkaian nomor yang tertera di bagian belakang tersebut.

Jika tidak ada di bagian belakang body, anda perlu mematikan ponsel terlebih dahulu, membuka casing bagian belakang dan mencabut baterai yang terpasang. Nomor IMEI biasanya tertera dengan tulisan timbul di dekat slot kartu SIM.

Tempat untuk menaruh kartu SIM tersebut disebut sebagai tray SIM.

Lewat Kode Panggilan

Cara lain untuk mengecek IMEI yaitu dengan kode panggilan tertentu. Cara yang satu ini efektif untuk mengetahui nomor IMEI untuk semua jenis ponsel, termasuk iPhone.

Anda hanya perlu menekan kombinasi nomor seperti saat ingin melakukan panggilan, yaitu cukup tekan *#06#, maka nomor IMEI ponsel anda akan muncul dnegan sendirinya.

Lewat iTunes

iPhone memiliki layanan streaming musik sendiri bernama iTunes. Selain untuk mendengarkan musik, iTunes juga bisa berfungsi untuk mengecek IMEI iPhone anda.

Caranya yaitu dengan menyambungkan iPhone ke komputer yang telah diinstal iTunes. Setelah tersambung, masuk ke’Library’ pada menu iTunes di komputer, maka data iPhone yang tersambung akan ditampilkan, termasuk juga nomor IMEI-nya.

Begtulah beberapa cara cek IMEI iPhone yang bisa anda coba sebagai pengguna iPhone. IMEI juga digunakan sebagai catatan bagi penjual untuk garansi produk yang diberikan.

Jika sudah berhasil menemukan nomor IMEI iPhone, lalu coba cocokkan dengan nomor yang tertera di kardus penjualan. iPhone yang asli nomor IMEI-nya akan sama yang tertera di sistem, tubuh iPhone dan di kardus.

Sumber: https://technote.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *