Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam dan Lingkungan Sosial

Teks eksplanasi merupakan salah satu materi yang dipelajari ketika sekolah dasar atau sekolah menengah pertama pada pelajaran Bahasa Indonesia. Akan tetapi, jenis teks lainnya seperti teks eksplanasi, prosedur, ulasan, teks ceramah, eksposisi, teks negosiasi, dan sebagainya juga menjadi bagian dari mata pelajaran di sekolah. Banyaknya jenis teks yang ada tersebut, mungkin membuat kamu kesulitan untuk membedakan satu teks dengan teks lainnya, terutama teks eksplanasi.

Namun, kini kamu tidak perlu bingung lagi karena kamu bisa mengatasi masalah ini dengan cara membaca contoh teksnya. Misalnya dengan membaca contoh teks eksposisi, contoh teks ulasan, begitu pula dengan contoh teks eksplanasi yang akan dibahas kali ini. Dengan begitu, kamu jadi bisa membedakan satu jenis teks dengan teks yang lain.

Nah, langsung saja silakan simak beberapa contoh teks eksplanasi beserta strukturnya berikut ini:

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam dan Nasional

Gambaran teks eksplanasi memang sulit apabila tidak benar-benar diperlihatkan contohnya. Teks eksplanasi yang bersifat faktual dan informatif menjadi daya tarik sendiri bagi pembaca. Nah berikut ini akan disampaikan beberapa contoh teks eksplanasi yang menginformasikan mengenai bencana alam yang sering hadir dan muncul, yaitu:

1. Tanah Longsor

Penjelasan fenomena

Sebuah peristiwa mengerikan ketika terjadi gerakan tanah dan menyebabkan tanah tidak mampu lagi untuk menahan apapun yang ada di atasnya disebut dengan tanah longsor. Pergerakan tanah tidak mungkin terjadi tanpa sebab, terdapat faktor pemicu yang mengakibatkan pergerakan tanah. Di sisi lain, terdapat faktor pendorong yang mengakibatkan kondisi rapuh pada tanah.

Urutan sebab akibat

Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang lebih rentan memiliki faktor pemicu yang dapat mengakibatkan tanah longsong seperti gempa bumi. Tidak hanya itu, faktor pendorong yang ada Indonesia juga lebih kompleks karena memiliki beragam jenis tanah dan intensitas hujan lebat.

Kerusakan akibat tanah longsor juga menimbulkan kerugian yang cukup besar, termasuk harta benda hingga memakan korban jiwa. Contohnya ketika tanah longsor pada lereng gunung akan berpotensi menutupi jalan yang ada di bawahnya dan mengancam penduduk sekitar.

Kesimpulan

Setiap daerah yang pernah atau berpotensi mengalami tanah longsor seharusnya menjadi tugas tersendiri bagi masyarakat dan juga pemerintah. Sebab kerugian besar yang timbul akibat tanah longsor tidak sedikit, perlunya langkah pencegahan menjadi salah satu keharusan. Penanaman pohon, larangan penebangan liar, dan pertimbangan kontur tanah merupakan hal yang dapat mencegah longsor.

2. Pandemi Covid-19 Di Indonesia

Penjelasan fenomena

Wilayah Indonesia memiliki kasus Covid-19 pertama yaitu dua orang wanita dewasa sekitar tahun 2020. Tidak hanya Indonesia, dunia juga mengalami situasi yang serupa dan mengharuskan membatasi seluruh kegiatan masyarakat akibat keadaan pandemi. Virus yang awalnya muncul di Wuhan, China akhirnya menyebar ke berbagai penjuru dunia yang mengganggu sistem pernafasan.

Urutan sebab akibat

Korban dan catatan kematian yang terus bertambah merupakan bukti keganasan Covid-19 itu sendiri. Infeksi awal dengan beberapa gejala penyerta mulai dari demam tinggi, batuk tanpa dahak, sulit mencium, dan matinya indra pengecap. Virus yang menyerang saluran pernapasan ini, akan lebih buruk apabila korban memiliki penyakit penyerta.

Menurut penelitian, Covid-19 merupakan salah satu jenis dari coronavirus yang berkembang dan bermutasi yang semakin kuat. Penularan yang lebih cepat dan pengaruh yang lebih ganas menjadikan Covid-19 dinobatkan menjadi pandemi yang mempengaruhi keadaan dunia. Ditambah kemampuannya untuk menularkan ke orang lain menjadi lebih cepat karena mutasi yang dilakukan.

Kesimpulan

Kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan untuk mengatasi pandemi Covid-19 agar cepat berlalu. Mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker merupakan hal yang selalu diingatkan untuk masyarakat. Perilaku patuh dan taat protokol kesehatan menjadi keharusan ketika memiliki kepentingan di luar rumah.

Contoh Teks Eksplanasi Lingkungan dan Kehidupan Sosia

Setelah mengenal lebih dalam teks eksplanasi bencana, maka langkah selanjutnya adalah dengan memahami melalui contoh yang berbeda. Kamu seharusnya sudah dapat menentukan ciri-ciri serta struktur yang ada dalam teks eksplanasi sesuai dengan penjelasan sebelumnya. Tidak perlu menunda waktu lagi, simak contoh teks eksplanasi mengenai lingkungan sosial masyarakat sebagai berikut:

1. Konsep 3R untuk Mengurangi Sampah

Penjelasan Fenomena

Sisa makanan, bungkus kemasan, dan barang yang tidak terpakai merupakan contoh sampah yang ada dan banyak ditemukan di lingkungan rumah. Sampah adalah sisa material yang tidak berguna dan keberadaannya justru mengganggu. Akan tetapi, tidak ada pengertian spesifik mengenai konsep sampah yang harus dibuang atau tidak karena diputuskan oleh penggunanya.

Urutan sebab akibat

Fenomena sampah tidak hanya merugikan kehidupan di sekitar tempat pembuangan sampah saja, sebab penyakit dapat muncul dari sampah. Penyakit yang umum disebabkan oleh sampah seperti demam berdarah dengue atau DBD. Sampah dapat menyebabkan bencana lain yang lebih besar, contohnya banjir dan tanah longsor dengan akibat yang lebih fatal.

Konsep 3R (Reuse, Reduce, Recycle) merupakan konsep baru untuk penanggulangan sampah dan bentuk kesadaran manusia akan kondisi lingkungan. Penggunaan kembali tas atau kardus yang masih layak pakai dan meminimalisir penggunaan barang yang menghasilkan sampah. Ditambah mendaur ulang menjadi cara terbaik untuk mengolah masalah sampah yang sering disepelekan.

Kesimpulan

Banyaknya dampak yang dapat disebabkan oleh sampah dapat menjadi ancaman tersendiri bagi manusia karena dapat menjadi korban sekaligus pelaku. Konsep 3R yang dapat membantu untuk mencegah dampak yang ditimbulkan harus diterapkan di Indonesia. Mulai dari langkah kecil yang dimulai diri sendiri dapat menjadi langkah besar dan kemajuan Indonesia dalam mengolah sampah.

2. Rokok yang Menjadi Bagian dari Kehidupan

Penjelasan fenomena

Berbahan tembakau yang digulung menggunakan kertas dan perlu untuk dibakar agar dapat dihisap asapnya merupakan deskripsi sederhana dari rokok. Kalangan bawah hingga tas, tentunya tidak asing dengan kehadiran rokok yang dapat ditemukan dengan mudah di mana saja. Terlebih lagi, industri rokok merupakan salah satu perusahaan terbesar dan makmur yang ada di Indonesia.

Urutan sebab akibat

Usaha menjauhkan masyarakat dari rokok juga sudah dilakukan sedemikian rupa, mulai dari mendesain kotak rokok hingga kampanye. Hal ini dilakukan karena berbagai efek buruk yang terkandung di dalam satu batang rokok. Tidak hanya perokok aktif yang dapat mendapatkan efek, namun orang lain yang ikut menghirup sebagai perokok pasif juga akan mendapatkan efeknya.

Kesimpulan

Rokok sepertinya memang sulit dijauhkan dari kehidupan masyarakat Indonesia, terlebih lagi harganya yang terjangkau dan mudah diperoleh. Akan lebih baik apabila perokok dapat menahan keinginan untuk merokok karena efek yang muncul. Kesadaran dan niat yang tinggi dipastikan dapat membantu bagi perokok yang ingin berhenti untuk merokok.

Melalui penjelasan yang sudah disampaikan mengenai contoh teks eksplanasi beserta pengertian yang diikutsertakan juga, diharapkan akan membantu kamu. Penjelasan dan contoh juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu apabila tertarik untuk membuat teks eksplanasi sendiri. Ditambah, bagi kamu yang menyukai dunia kepenulisan nah teks eksplanasi dapat menjadi bahan uji coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *