Dajjal

Sifat dan Bentuk Fisik Dajjal

Dajjal

Banyak sekali diantara kita yang mungkin bertanya kapan Dajjal muncul. Hal ini merupakan sebuah hal yang harus kita ketahui sebagai tanda keimanan kita sebagai seorang muslim yang beragama Islam tentang sesuatu hal yang bersifat ghoib dan masuk pula kedalam keimanan hari akhir.

Untuk itu kita wajib memahami dengan jelas tentang dajjal dan kemunculannya.

Apa yang Dimaksud Dajjal?

Perlu Anda ketahui bahwa Dajjal tidak disebut didalam Al-Qur’an. Tetapi Dajjal terdapat dalam sebuah hadits, yang mana didalam hadits tersebut menguraikan sifat-sifat Dajjal, tanda akan kedatangannya dan lain-lain.

Kemudian ada pula hadits yang mengatakan sebelum kedatangan Dajjal asli, akan datang Dajjal-Dajjal kecil sejumlah tiga puluh orang, yang semuanya mengaku utusan Allah.

Dengan banyak persepsi yang ada mengenai Dajjal, kita akan melihatnya dari berbagai persepsi. Lafazh ad-Dajjal diambil dari perkataan orang Arab yaitu “dajala al-bair”, maknanya adalah dicat dengan tertutupi dan menutupi dengannya. Makna asal dari kata “ad-Dajalu” yang berarti mencampuradukan atau merancukan dan mengaduk-aduk.

Dari pernyataan diatas, Dajjal adalah orang yang merancukan pendusta dan yang diberikan sesuatu yang luar biasa. Kata tersebut termasuk kedalam mubaalaghah (melebihkan) dengan wazan. Jadi makna dari hal tersebut adalah banyaknya sebuah kebohongan juga kerancuan darinya.

Kemudian seiring dengan perjalanannya kata Dajjal menjadi kosakata Arab yang lazim digunakan untuk sebuah istilah “nabi palsu”. Namun istilah Ad-Dajjal, merujuk pada sosok “Penyamar” atau “Pembohong”.

Menurut keyakinan orang-orang muslim Dajjal akan muncul ke dunia menjelang hari kiamat. Istilahnya adalah Al-Masih Ad-Dajjal (Bahsan Arab untuk “Al Masih Palsu”) yang merupakan istilah Syria Meshiha.

Deghala yang telah menjadi kosakata umum dari Timur Tengah selama lebih dari 400 tahun sebelum Al-Qur’an diturunkan. Penjelasan semacam ini pun sudah disampaikan oleh Muhamad tentang akan adanya kedatangan Dajjal dan para nabi sebelum Muhamad telah mengingatkan kepada kaumnya akan kedatangannya. Itulah beberapa penjelasan mengenai Dajjal.

Sifat Dan Bentuk Fisik Dajjal

Menurut beberapa hadits mengatakan bahwa Dajjal merupakan seorang yang berambut keriting dan kusut masal.

Seperti yang dijelaskan berikut ini :

“Dia adalah seorang pemuda yang sangat keriting rambutnya, hilang cahaya matanya, seakan-akan aku menyerupakannya dengan Abdul ‘Uzza bin Qatha.” (Hadits riwayat muslim : 2937)

Dalam riwayat lain dikatakan :

“Nanti akan ada pendusta yang menyesatkan, rambut dibelakangnya hubukun (keriting), dia akan berkata : ‘aku adalah Rabb kalian’. Barangsiapa yang berkata : ‘Engkau bukan Rabb kamu. Rabb kamu adalah Allah, kepadanyalah kami bertawakal.” (Ash-Shahihah 2808).

Itulah beberapa hadits sifat dan bentuk yang menandakan kapan Dajjal muncul.

Dilihat dari fisiknya dia adalah seorang yang buta sebelah, seperti yang dinyatakan dalam sebuah hadits “Sesungguhnya Dajjal buta matanya yang kanan, matanya seperti anggur yang menonjol.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim no 2932).

Dan inilah merupakan hadits selanjutnya yang menerangkan tentang sebuah fisik yang terdapat pada seorang Dajjal.

Kemunculan Dajjal

Dajjal akan muncul dari arah Timur dari negeri Persia disebut Khurasan.

Dari Abu Bakr Ash Shiddiq, Rasulullah bersabda :

“Dajjal itu keluar dari bumi sebelah timur yang disebut Khurasan. Dajjal akan diikuti oleh kaum yang wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit”.

Namun kemuculan Dajjal baru akan terlihat jelas ketika ia sampai di suatu tempat antara Irak dan Syam.

Jika yang Anda cari adalah tentang waktu tepat kapan Dajjal muncul, maka tidak ada yang bisa memastikan hal tersebut. Namun pada beberapa hadits yang ada mengatakan bahwa Dajjal akan muncul menjelang hari kiamat. Kiamat yang dimaksud disini bukanlah kiamat kecil (Sugra) melainkan sebuah kiamat besar atau biasa disebut kiamat Kubra.

Untuk mengetahui tentang tanda-tanda kiamat kecil maupun kiamat besar, Anda bisa mengunjungi sumber artikel ini di wisatanabawi.com.

Kemunculan Dajjal menjelang hari kiamat nanti akan dibarengi dengan turunnya nabi Isa As ke dunia. Nabi Isa akan menjadi utusan Allah untuk mendampingi umat manusia dalam menghadapai Dajjal.

Demikian ulasan tentang Dajjal sebagai nabi palsu yang akan menyebarkan kebohongan untuk menjauhi perintah Allah dan mengajak manusia kedalam kegelapan. Untuk itu mari kita tingkatkan iman dan keyakinan kita hanya kepada Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *