Jaringan Meristem

Definisi dan Sifat Jaringan Meristem

jaringan tumbuhan ialah sel-sel berfungsi sama untuk menghasilkan energi di dalam tumbuhan. Jaringan tumbuhan tidak sama dengan jaringan hewan. Jaringan tumbuhan tersusun atas sel-sel meristem, yang merupakan analog dari stem cells (sel-sel punca hewan).

Dalam struktur jaringan tumbuhan, ada 2 Jaringan yang penyusun tumbuhan, yaitu jaringan meristem dan jaringan dewasa. Mari kita simak pembahasan lebih lanjut tentang jaringan meristem berikut ini.

Definisi Jaringan Meristem

Pengertian Jaringan meristem merupakan jaringan yang sangat aktif membelah. Tempat jaringan meristem terletak pada ujung akar dan biasanya disebut meristem apikal.

Sel-sel penyusun jaringan meristem memiliki dinding yang tipis, dipenuhi dengan protoplasma, & vakuolanya relatif kecil. Berdasarkan asalnya, jaringan meristem dibedakan menjadi 3, yaitu meristem primer, meristem sekunder, & promeristem.

Sel-sel pada jaringan meristem mempunyai sitoplasma yang berukuran besar dengan dinding sel yang tipis. Sedangkan Pertumbuhan jaringan ini bisa menghasilkan perpanjangan akar, ranting baru, hingga pembentukan bunga.

1. Meristem primer
Meristem primer merupakan kumpulan sel yang merupakan hasil dari berkembangnya dari sel embrionik, terletak di ujung bagian tumbuhan. Misalnya di ujung daun, ujung batang, atau ujung akar. Jaringan ini mempengaruhi sistem pertumbuhan dari tumbuhan itu sendiri.

2. Meristem sekunder
Meristem skunder merupakan jaringan dewasa yang sudah mengalami diferensiasi. Jaringan meristem sekunder juga dikenal sebagai meristem lateral karena letaknya berdekatan dengan organ tumbuhan. Berbeda dengan jaringan meristem primer yang mengalami tumbuh ke atas atau ke bawah, jaringan meristem skunder tumbuh ke samping & membesar.

3. Promeristem
Promeristem merupakan jaringan meristem yang sudah ada sejak tumbuhan dalam tingkat embrio.

Sifat Jaringan Meristem

Jaringan meristem memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • Selnya berbentuk lonjong, bulat, atau poligonal
  • Memiliki dinding sel yang tipis.
  • Selnya diperkaya dengan sitoplasma
  • Setiap sel bisa terdiri dari satu inti sel atau lebih.
  • Terbentuk atas sel-sel muda yang sedang dalam proses pembelahan & pertumbuhan.
  • Vakuola selnya kecil, hingga dianggap tidak ada.
  • Sering Tidak ada ruang antar sel di antara sel-sel meristem.

Demikian pembahasan tentang jaringan meristem. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari biologi terutama pada bagian jaringan tumbuhan. Untuk mempelajari mata pelajaran lain anda bisa mengunjungi website pendidikan di sini. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *