Doa Ketika Mendengar Petir

Sebagai fenomena yang dianggap menakutkan petir memang sering muncul di musim hujan. Ketika takut dengan suaranya yang menggelegar maka ucapkanlah doa ketika mendengar petir agar selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Hampir setiap orang pastinya takut dengan suaranya yang gemuruh, kemudian menyala di langit.

Nah, sebenarnya janganlah menganggap petir sebagai hal buruk atau malapetaka karena sebagai fenomena alam juga telah menjadi bentuk kekuasaan Allah SWT. Dengan demikian maka akan membuat rasa aman, meskipun mendengarkan suara petir.

Petir    

Petir disebut juga halilintar yang menjadi salah satu fenomena alam yang dapat disaksikan dan didengar dari langit. Ketika musim hujan, petir seringkali kita dengarkan. Apa yang ada dibenak kalian saat muncul kilatan cahaya petir? Meski muncul rasa takut karena berbahaya, tetapi ketika melihat kilatan tersebut sebaiknya juga mengucapkan rasa syukur.

Hal tersebut dikarenakan kilapan cahaya petir juga sangatlah indah. Nah, petir yang muncul dengan kilatan putih menyilaukan ini memang disertai dengan suara yang sangat menggelegar sehingga terdengar gemuruh. Hal tersebut mengakibatkan udara memuai sehingga kecepatan munculnya melebihi dari kecepatan suara yang memiliki gelombang kejut.

Gelombang suara tersebut terbentuk dengan mengikuti udara di atmosfer yang membentuk permukaan dijelaskan dalam firman Allah SWT bahwa peristiwa alam petir ini sebenarnya menakjubkan muncul dari partikel positif dan negatif. Allah berfirman dalam Al Quran surah An-Nur ayat 43

يَكَادُ سَنَا بَرْقِهِ يَذْهَبُ بِالْأَبْصَارِ

Artinya :

“…Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.”

Doa Ketika Mendengar Petir

Ketika mendengar suara petir kemudian merasa ketakutan maka jangan lupa untuk membaca doa karena dijelaskan dalam firman Allah SWT, kilat atau petir dapat memberikan ketakutan dan harapan kepada umatnya sehingga jangan hanya merasa takut, tetapi berdoalah. Allah SWT berfirman dalam QS. Ar-Rad:12.

هُوَ الَّذِي يُرِيكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَمَعًا وَيُنْشِئُ السَّحَابَ الثِّقَالَ

Artinya :

“Dia-lah Tuhan yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan yang mengadakan awan mendung.” (QS. Ar-Rad ayat 12).

Rasullullah SAW mengajarkan doa ketika mendengar petir agar berhenti bicara kemudian membaca tasbih. Berikut ini bacaannya saat mendengar kilat.

  • Doa Mendengar Petir Panjang

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

“Subhanalladzì yusabbìhur ro’du bì hamdìhì wal mala-ìkatu mìn khììfatìh.”

Terjemahan,
“Maha Suci Allah yang memperlihatkan petir dan kilat kemudian para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.” (HR.Iman Malik).

  • Doa Mendengar Petir Pendek

سُبْحَانَ مَنْ سَبَّحَتْ لَهُ

 “Subhana man sabbahat lahu.”

Terjemahan,
“Maha suci zat yang mana petir bertasbih kepada-Nya.”

Keutamaan Doa Ketika Mendengar Petir

Dari kedua doa mendengar petir baik yang panjang maupun pendek, tentunya memiliki keutamaan tersendiri dari makna dan artinya, baik untuk kehidupan di dunia maupun akhirat. Ini dia penjelasannya untuk Anda.

  • Mengatasi Rasa Takut

Keutamaan membaca doa ketika mendengar petir ternyata dapat mengatasi rasa takut sehingga akan memberikan sedikit rasa aman kepada setiap umat muslim ketika mendengarkan kilat petir. Jadi, untuk menghindari rasa takut bukan dengan menutup dua telinga tetapi sebaiknya lakukanlah baca doa ketika mendengar petir.

Ketahuilah doa tersebut ternyata juga akan semakin meyakinkan bahwa petir bukanlah hal yang memberikan bahaya besar. Tetapi, akan menambahkan rasa aman di bawah suara  kilat yang bergemuruh.

Jadi, ketika sudah menjadi orangtua sebaiknya mengajarkan kepada anak-anak untuk bisa menghadapi datangnya petir dengan berdoa, bukan dengan menutup telinga dengan kedua tangannya maupun dengan bersembunyi.

  • Mengingat Allah SWT

Beriukutnya, keutamaan dari doa ketika mendengar petir yaitu lebih mengingat Allah SWT Jadi, mengingatnya itu sama halnya dengan memahami kembali bahwa semua yang terjadi adalah kekuasaan dan kehendak-Nya sehingga sebenarnya petir bukan untuk ditakuti karena adanya kilat maupun petir itu menjadi pertanda akan turunnya hujan.

Seperti yang diketahui bahwa hujan menjadi sumber kehidupan, tanpa hujan maka dunia akan mengalami kekeringan. Dengan demikian maka janganlah mencela datangnya suara petir yang terkadang menakutkan. Tetapi, ketika merasa takut janganlah mencela jadi berdoalah untuk lebih mendapatkan rasa ketenangan sehingga akan mendatangkan kebaiknnya.

Sesungguhnya kedatangan suara kilat atau petir tersebut memang tidak hanya memberikan rasa takut, tetapi juga akan mendatangkan kebaiknnya.

  • Bertasbih

Dari arti atau makna dalam doa ketika mendengar petir terdapat perintah kepada setiap umatnya untuk bertasbih. Selain berdoa, ketika rasa takut masih menghantuimu agar memberikan rasa aman dengan ketenangan maka sebaiknya bertasbihlah sehingga akan membuat hatimu lebih merasa aman dari suara gemuruh petir.

Tentunya, ketahuilah bahwa dengan bertasbih maka suasana hati akan merasa lebih aman. Bahkan, dengan begitu juga akan membuat Anda selalu berada dalam lindungan-Nya. Dengan demikian pastinya akan semakin merasa lebih tenang dalam segala kejadian apapun.

Nah, bertasbih ini juga menjadi salah satu cara agar membuat hati menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

  • Bentuk Kekuasaan-Nya

Berikutnya, keutamaan dari doa ketika mendengar petir yaitu dapat menyadarkan setiap umat muslimnya bahwa Allah SWT memiliki sumber kekuasaan yang sangatlah tinggi. Dengan demikian maka janganlah menakuti datangnya suara petir karena itu merupakan bentuk kekuasaan-Nya.

Nah, jadi datangnya suara petir atau kilat tersebut justru menjadi salah satu bentuk kekuasannya sehingga Anda memang harus bersyukur ketika mendengar suara gemuruhnya sehingga janganlah lupa untuk membaca doa agar menjadi bentuk amalan tersendiri.

Tak hanya itu sebagai umat muslim sebaiknya juga selalu mengucapkan syukur agar membuat rasa taku Anda menjadi sedikit berkurang.

  • Menghindari Azab

Datangnya suara gemuruh kilat atau petir maka sebaiknya Anda juga bertasbih sambil mengingat dosa yang dilakukan kemudian memohon ampunan kepada Allah SWT.  Dengan bertasbih dan berdoa tersebut pastinya juga akan semakin memudahkan setiap orang untuk meminta ampunan sehingga akan membuat kehidupan setiap umat muslim menjadi lebih bersikap baik.

Oleh karena itu, mengingatlah Allah SWT secara terus menurus agar kehidupan Anda menjadi lebih baik lagi. Dengan bertasbih tersebut pastinya memang akan menjauhkan dan menghindarkan diri Anda dari azab Allah SWT.

  • Mendapatkan Perlindungan Allah SWT

Ketahuilah bahwa dengan doa ketika mendengar petir maka akan mendatangkan perlindungan dari Allah SWT. Nah, kilat dan petirnya memang  akan memberikan rasa takut, tetapi dengan berdoa maka Allah SWT akan memberikan perlindungan.

Memang apabila petir datang dengan suaranya yang menggelegar dapat memberikan satu efek bahaya sehingga untuk menghindarkan bahaa tersebut maka janganlah lupa untuk mengingat dan berdoa kepada-Nya.

  • Dikabulkannya Doa

Berdoa saat mendengar suara petir ternyata juga akan semakin menyadarkan bahwa petir atau kilat juga menjadi salah satu fenomena yang dihadirkan oleh Allah SWT. Berdoa ketika petir datang itu ternyata lebih didengarkan sehingga akan lebih mudah untuk diijabah.

Jangan menakuti datangnya petir ataupun kilat, tetapi sebaiknya lakunkan seperti yang diajarkan oleh Rasullullah SAW untuk doa ketika mendengar petir karena banyak keutamaan yang akan didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *