Hewan Mamalia

Hewan Mamalia

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai hewan mamalia, mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, hingga contoh-contohnya. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Hewan Mamalia

Apa sih yang dimaksud dengan hewan mamalia? Kata mamalia sendiri berasal dari bahasa latin “mammae” yang artinya adalah menyusui. Jadi, hewan mamalia merupakan hewan yang menyusui.

Hewan mamalia biasanya berkembang biak dengan cara melahirkan. Tetapi ada juga yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Ciri-Ciri Hewan Mamalia

Ciri-ciri dari hewan mamalia yaitu :

  • Memiliki kelenjar susu.
  • Memiliki gigi taring, seri, atau graham.
  • Memiliki kuku dan cakar.
  • Memiliki anggota gerak untuk berjalan, berenang atau memanjat.
  • Termasuk homoioterm atau berdarah panas.
  • Memiliki rambut yang menutupi tubuhnya.
  • Bernafas dengan paru-paru.
  • Berkembang biak dengan cara melahirkan.
  • Tempat perkembangbiakan embrio di dalam rahim.
  • Bertulang belakang (vertebrata).

Jenis Hewan Mamalia

Hewan mamalia terbagi menjadi 12 ordo, yaitu sebagai berikut :

1. Ordo Marsupialia

Ordo marsupialia merupakan jenis  hewan mamalia yang memiliki kantung di bagian perutnya. Fungsi dari kantung ini yaitu untuk menyimpan anak yang baru lahir atau anak yang terlahir dalam keadaan prematur. Contoh hewan yang termasuk ordo marsupialia yaitu oposum, dan kaskus, kanguru, koala.

2. Ordo Dermoptera

Ordo dermoptera merupakan jenis hewan mamalia yang memiliki parasut di sela-sela kakinya. Kebanyakan hewan jenis ini memakan dedaunan atau buah-buahan. Contohnya seperti  tupai terbang, monyet terbang, dan beberapa jenis serangga lainnya.

3. Ordo Primata

Ordo primata adalah jenis hewan mamalia yang memiliki jari dan tangan besar untuk memanjat pohon. Beberapa contoh hewan primata diantaranya seperti kera, orang utan, lutung, dan monyet.

4. Ordo Rodentia

Jenis hewan yang termasuk ordo ini yaitu tidak memiliki taring sehingga biasanya mereka hidup sebagai pengerat. Contohnya seperti landak, marmut, tikus, tupai pohon, dan mencit.

5. Ordo Insektivora

Ordo insektivora adalah jenis hewan mamalia yang memakan serangga. Selain itu, jenis hewan mamalia ini juga bisa memakan biji-bijian atau atau biji-bijian. Ciri khusus dari ordo ini yaitu memiliki mata yang tertutup, telapak kaki bagian depan cenderung melebar, dan memiliki cakar yang kuat. Contohnya seperti tikus tanah dan tapir.

6. Ordo Carnivora

Ordo carnivora adalah jenis mamalia yang menjadikan daging sebagai sumber makanannya. Ciri khas dari ordo ini yaitu memiliki cakar yang tajam dan gigi taring. Contohnya seperti anjing laut, tikus rumah, anjing, harimau, serigala, dan singa.

7. Ordo Artiodactyla

Ordo ini memiliki ciri-ciri jari kaki yang berjumlah genap. Contohnya sapi putih, kambing, unta, kijang, jerapah, dan banteng.

8. Ordo Cetacea

Yang termasuk dalam ordo cetacea yaitu mamalia yang hidup di laut. Contohnya seperti paus biru dan lumba-lumba.

9. Ordo Perissodactyla

Ordo ini merupakan golongan hewan yang memiliki jumlah jari kaki ganjil. Contohnya seperti kuda, tapir, dan keledai.

10. Ordo Chiroptera

Mamalia ordo ini memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan mamalia ordo demoptera. Perbedaannya terletak pada ukuran kaki depan yang lebih besar dibandingkan kaki bagian belakang. Contohnya seperti kalong jawa.

11. Ordo Lagomorpha

Ordo lagomorpha merupakan ordo mamalia pemakan tumbuhan, contohnya seperti kelinci.

12. Ordo Proboscidea

Yang termasuk dalam ordo proboscidea yaitu semua jenis gajah yang ada di dunia.

Demikian pembahasan mengenai hewan mamalia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *