Hikmah Iman Kepada Hari Akhir

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hari akhir memang menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang, terlebih lagi bagi mereka yang tidak beriman, akan tetapi bagi orang yang beriman, mengingat akan datangnya hari akhir merupakan suatu hal yang pasti akan terjadi dan kita hanya diharuskan untuk memperbanyak amal baik saja.

Sehingga akan datangnya hari akhir tersebut manusia-manusia yang beriman itu tinggal bertawakal kepada Allah SWT. Sifat demikian bukan berarti mengentengkan akan datangnya hari kiamat, akan tetapi sebagai sifat tawakal orang yang beriman kepada hari akhir.

Bukan berarti pula tidak takut akan menghadapi hari akhir, melainkan segala sesuatu yang telah menjadi kehendak Allah pasti akan terjadi, sehingga bagi orang yang beriman dirinya cukup menyiapkan segala amal baiknya untuk nanti dibawa di hadapan Allah SWT. sebagai modal untuk mendapat ampunan dan ridha-Nya.

Kapan Datangnya Hari Akhir?

Datangnya hari kiamat atau hari akhir memang secara pasti akan datang. akan tetapi mengenai hari, waktu atau bahkan tanggal terjadinya hari kiamat tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui. Jangankan manusia biasa, Rasulullah Muhammad saw. saja tidak mengetahui kapan hari kiamat akan tiba.

Rasulullah saw. hanya diberitahu tanda-tanda kiamat saja, bahwa kiamat akan terjadi manakala tanda-tanda  tersebut telah Nampak. Jadi bila disekitar kita terdapat orang atau media yang mengatakan akan terjadi kiamat pada hari dan waktu yang ditentukan, maka hal tersebut adalah murni kebohongan semata.

Tanda Tanda Hari Akhir Atau Kiamat

Seperti sedikit disinggung pada paragraf diatas, bahwa mengenai datangnya hari akhir atau hari kiamat memang tidak ada yang mengetahui secara pasti, akan tetapi hari akhir dapat menjadi pengingat bagi kita semua,berikut ini tanda tanda kiamat :

  1. Munculnya kabut atau dukhon.
  2. keluarnya Dajjal untuk memfitnah manusia
  3. Munculnya Dabbah atau binatang melata.
  4. Terbitnya matahari dari barat dan tenggelam di timur.
  5. Keluarnya ya’juj ma’juj atau golongan yang suka merusak.
  6. Munculnya Nabi Isa bin Maryam.
  7. Adanya tiga gerhana di langit  timur.
  8. Gerhana di langit barat.
  9. Gerhana di jazirah arab.
  10. Adanya api yang muncul dari Negara yaman, lalu api tersebut menggiring manusia menuju tempat berkumpul.

 

Dengan sepuluh tanda-tanda kiamat yang ada, yang menunjukan paling dekatnya terjadinya hari akhir atau hari kiamat adalah apabila matahari telah muncul dari barat. Bila matahari telah muncul dari barat maka hari akhir benar-benar tiba saatnya. Semoga kita semua termasuk orang yang terlindungi iman dan Islamnya. Amin.

Hikmah Iman Kepada Hari Akhir

Sebagai orang beriman kepada Allah SWT. tentu juga beriman akan datangnya hari akhir atau hari kiamat. Selain itu manusia juga tentunya berharap mengenai adanya hikmah yang dapat diambil dari datangnya hari akhir. Berikut merupakan beberapa hikmah dari beriman kepada hari akhir yang dapat kita pelajari bersama;

  1. bertambahnya iman dan taqwa kepada Allah SWT.
  2. Hatinya selalu mengingat Allah SWT.
  3. selalu mengingat hari akhir  menjadikan semangat untuk giat beribadah.
  4. Timbulnya semangat berbuat kebaikan yang diniati ikhlas karena Allah.
  5. Adanya rasa benar-benar ingin menjauhi segala larangan Allah.
  6. Selalu menjaga tingkah lakunya dari perbuatan yang tidak disenangi oleh Allah.
  7. Senantiasa menjadi  pribadi yang tenang, lemah lembut dan selalu berserah diri kepada Allah.

Nah itulah beberapa hikmah dari iman kepada hari akhir. Sebenarnya masih banyak lagi hikmah yang dapat kita ambil dari iman kepada hari akhir tersebut dan yang ingin mengetahui hikmah secara lengkap, antum bisa kunjungi situs nyamankubro.com.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Wabillahi taufik wal hidayah waridha inayah Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *