Jurusan IT

Jurusan Informatika atau disingkat IT memang sedang naik daun, seiring berkembangnya teknologi yang ada jurusan ini semakin diminati oleh para pelajar. Iming-iming prospek kerja yang bagus membuat banyak pelajar yang ingin menggeluti jurusan tersebut, namun apakah kalian sudah paham belajar apa saja di jurusan IT?

Yang dipelajari saat masuk jurusan IT

Di informatika kamu akan lebih sering belajar bahasa pemrograman, dari sekian banyaknya bahasa pemrograman di dunia kamu nantinya akan mempelajari beberapa bahasa yang sering digunakan di dunia kerja namun dasar-dasarnya saja.

Jadi intinya kamu akan sering berlatih menulis bahasa pemrograman atau biasa disebut coding. Yuk cari tau dulu apa itu coding? Tidak hanya itu, dalam informatika nantinya kamu juga akan belajar teknik jaringan dan komputer, mempelajari sistem keamanan di dalam dunia digital dan lain sebagainya.

Prospek Kerja jurusan IT

Sebenarnya ada banyak sekali prospek kerja untuk para lulusan IT, dan inilah 5 pekerjaan yang paling populer untuk saat ini di jurusan informatika.

1. Game Developer, ketika kamu masuk informatika tentunya kamu akan diajarkan bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat game.

Pekerjaan menjadi game developer tentunya menjadi pekerjaan yang akan menyenangkan apabila kamu memang suka bermain game, untuk gaji juga tentunya sangat besar karena memang menjadi game developer sangatlah sulit.

2. Konsultan IT, pekerjaan konsultan IT dalam perusahaan juga sangatlah dibutuhkan. Untuk pekerjaannya kamu akan membangun atau merencanakan ide-ide bisnis agar perusahaan bisa berkembang dalam dunia digital.

3. Freelance, seringkali orang-orang IT mendapatkan project baru dari internet, entah itu dari komunitasnya atau dari website-website yang memang menghubungkan antara client dan freelancer.

4. Web Designer, di zaman yang sudah canggih ini membuat banyak orang dan perusahaan memiliki website, tentunya mereka tidak ingin melihat tampilan websitenya berantakan, nah disitulah prospek kerja untuk para lulusan IT.

Biasanya para perusahaan yang memang tidak mengerti dunia digital akan merekrut para lulusan informatika untuk mendesain web mereka, tentunya bayaran untuk pekerjaan ini sangatlah besar dan akan memakan waktu yang cukup lama.

5. Software Developer, sebagai lulusan IT kamu juga bisa loh menjadi software developer, dengan begitu kamu bisa membuat software yang bisa membantu banyak orang dan bisa dijual ke banyak orang.

Ciri-ciri kamu Cocok jurusan IT

1. Suka matematika, dalam informatika kamu akan sering menemui matematika, hitung-hitungan dalam informatika memang sangatlah penting, jadi pastikan kamu suka dengan pelajaran tersebut ya.

2. Suka di depan laptop atau komputer selama berjam-jam, saat kamu sedang melakukan coding tentunya itu memakan waktu yang cukup lama, dan akan sangat menyiksa apabila kamu adalah tipe orang yang tidak betah di depan komputer selama berjam-jam.

3. Tidak mudah menyerah, saat melakukan coding kamu seringkali bertemu dengan error, nah disaat itu kamu harus mencari solusinya entah itu cari di internet, tanya ke komunitas dan lainnya, intinya kamu tidak boleh menyerah.

Sebenarnya masih ada banyak ciri-cirinya, namun 3 ciri-ciri tersebut yang paling penting untuk kamu kenali sebelum masuk jurusan IT.

Kampus dengan Jurusan IT Terpopuler di Indonesia
1. Institut Teknologi Bandung
2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
3. Universitas Padjadjaran
4. Universitas Negeri Yogyakarta
5. Universitas Hasanudin

Bagaimana, semakin tertarik masuk jurusan IT atau malah merasa tidak cocok? Taruh jawabanmu di komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *