Kelebihan Bisnis Dropship

Bisnis Dropship merupakan sebuah sistem penjualan untuk suatu produk secara Online di mana pihak penjual atau pengecer tidak harus mempunyai produk sendiri maupun modal yang besar. Sistem dropship ini berbeda dengan sistem reseller yang mengharuskan pihak penjual untuk membeli produk yang hendak dijual dari pihak supplier kemudian dijual ke konsumen untuk mengambil untung.

Selain itu, pihak penjual juga tidak perlu repot untuk melakukan proses pengepakan dan pengiriman kepada konsumen karena semua hal tersebut sudah dikerjakan oleh pihak supplier barang itu sendiri. Namun, pada bungkus atau kemasan barang yang dikirim kepada konsumen akan tertuliskan nama penjual sebagai pengirim barang sehingga kredibilitas Anda sebagai dropshiper akan tetap terjaga.

Supaya Anda sebagai penjual berhasil untuk memasarkan produk dari pihak supplier, maka Anda harus melakukan proses pemasaran baik itu secara offline maupun online. Namun untuk sebagian orang proses pemasaran secara online lebih efektif. Beberapa media atau sarana yang dapat Anda gunakan untuk sistem pemasaran online berbagai macam sosial media yang banyak diminati saat ini.

Sistem dari bisnis Dropship itu sebenarnya cukup sederhana, yakni pihak penjual memilih beberapa produk yang disediakan oleh supplier untuk dijual kepada konsumen. Kemudian adalah mengambil beberapa foto untuk diposting ke media sosial beserta keterangan singkat mengenai barang tersebut. Bila ada konsumen yang akan membeli, maka konsumen akan mengirimkan uangnya kepada Anda.

Nantinya sebagai pihak penjual, Anda perlu untuk melanjutkan proses pembayaran tersebut kepada pihak supplier barang serta memberikan informasi mengenai barang yang hendak dibeli dan juga data dari pembeli barang tersebut. Suppler atau penyedia barang akan mengemas barang yang dibeli kemudian mengirimkannya kepada konsumen dengan atas nama Anda sebagai pengirimnya.

Bisnis yang satu ini memang terlihat cukup mudah, bahkan Anda dapat menjalankan bisnis dan usaha ini di mana saja, yang terpenting Anda memiliki koneksi dan alat atau gadget yang mumpuni. Selain itu, masih ada beberapa keuntungan dan kelebihan yang akan Anda peroleh dari bisnis ini. Untuk itu, berikut beberapa kelebihan dari menjadi seorang dropshipper yang perlu untuk diketahui.

Kelebihan Dalam Menjalankan Bisnis Dropship Dibandingkan Bisnis Konvensional

Sangat Praktis

Sebagai seorang dropshipper, Anda tidak perlu pusing untuk berurusan dengan berbagai macam proses jual beli online, seperti proses pengemasan barang, proses pengadaan barang, serta proses pengiriman barang kepada konsumen. Hal ini dikarenakan semua proses tersebut merupakan tanggung jawab dan tugas dari supplier. Anda juga tidak memikirkan perencanaan bisnis kompleks.

Tanpa Modal yang Besar

Sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa menjadi dropshipper ini tidak mengharuskan Anda untuk mengeluarkan modal yang besar. Pihak penjual dapat menjual semua produk yang disediakan oleh pihak supplier hanya dengan memosting barang tersebut di berbagai media sosial secara gratis. Jadi dapat dibilang bahwa Anda hanya memerlukan biaya untuk akses internet saja.

Tidak Adanya Biaya Operasional

Beda halnya seperti bisnis konvensional yang memerlukan biaya operasi yang tentunya cukup besar, bisnis yang satu ini dapat Anda jalankan hanya dengan biaya operasional yang cukup kecil atau bahkan tidak memerlukan biaya operasional sama sekali. Biasanya, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk listrik, tempat, dan yang lain. Beda dengan bisnis ini yang hanya memerlukan biaya internet.

Bersifat Sangat Fleksibel

Bisnis yang satu ini tentunya bersifat fleksibel atau dapat dikerjakan di mana saja. Hal penting yang perlu Anda sediakan adalah sebuah koneksi internet serta peralatan atau gadget yang memadai. Dengan ini, maka hubungan dengan pihak supplier dan konsumen tetap dapat terjalin dengan baik dan dilakukan secara online, misalnya melalui media sosial, email, dan juga berbagai media lain.

Setelah mengetahui beberapa informasi dan keuntungan dari menjadi dropshipper di atas, tentunya Anda sudah yakin bahwa bisnis yang satu ini sangatlah menguntungkan dan tidak sulit dilakukan. Agar bisnis menjadi dropshipper yang dilakukan dapat berjalan lancar, maka tentunya Anda perlu melakukan promosi di berbagai media sosial dengan bantuan dari jasa penulis artikel SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *