Keutamaan Sedekah Saat Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan mulia dimana semua amal ibadah dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Bersedekah juga merupakan perbuatan yang mulia. Bahkan, disebutkan pula bahwa Allah SWT akan membuka pintu surga bagi orang yang ikhlas mensedekahkan hartanya di jalan Allah.

Kemuliaan dan kenikmatan sedekah ini sangatlah besar. Hal tersebut telah disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW berikut ini. Firman Allah dan Hadist Rasulullah SAW tentang Bersedekah

Allah SWT akan menyayangi hamba yang senantiasa menginfakan hartanya di jalan yang benar. Bahkan, Allah SWT berfirman:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقتِ وَاَقْرَضُوا اللّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan keapda Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18).

Rasulullah SAW juga bersabda dalam sebuah hadits, dimana beliau menjelaskan tentang kelalain seseorang dalam bersedekah.

حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَعْظَمُ أَجْرًا قَالَ أَنْ تَصَدَّقَ وَأَنْتَ صَحِيحٌ شَحِيحٌ تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى وَلَا تُمْهِلُ حَتَّى إِذَا بَلَغَتْ الْحُلْقُومَ قُلْتَ لِفُلَانٍ كَذَا وَلِفُلَانٍ كَذَا وَقَدْ كَانَ لِفُلَانٍ

Telah menceritakan kepada kami Abu Hurairah RA berkata: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW dan berkata, “Wahai Rasulullah, sedekah apalah yang paling besar pahalanya?” Beliau menjawab, “Kamu bersedekah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi fakir dan berangan-angan menjadi orang kaya. Maka janganlah kamu menunda-nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorokanmu. Lalu kamu berkata, si fulan begini (punya ini) dan si fulan begini. Padahal harta itu miliki si fulan.” (HR. Bukhari).

Bersedekah dalam bulan Ramadhan juga memiliki keutamaan sendiri. Hal ini seperti pada sabda Nabi Muhammad SAW. Dari Anas RA., ia bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Rasulullah SAW menjawab, “Sedekah di bulan Ramadhan.’ (HR. At-Tirmidzi).

Nikmat Bersedekah

Bersedekah memiliki kenikmatan sendiri dalam hidup karena kita telah berbagi kepada orang lain dan menginfakkan sebagian harta di jalan Allah SWT. Bersedekah juga bisa menciptakan kejaiban hidup yang tidak pernah Anda sangka, seperti yang dilansir dalam Dakwahdaily.com, berikut adalah keajaiban bersedekah:

1. Menolak Bala

Saat Anda sedang sakit, bersedekah dapat membantu menyembuhkan Anda dari penyakit tersebut. Perbanyaklah bersedekah kepada anak yatim dan orang yang membutuhkan.

2. Hidup Lebih Berkah

Bersedekah merupakan salah satu cara untuk bersyukur kepada Allah SWT. Allah akan memberikan nikmat yang lebih kepada hamba-Nya yang pandai bersyukur.

3. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Sedekah bisa melipat gandakan pahala jika dilakukan dengan niat yang ikhlas. Apalagi, di bulan Ramadhan pahala bersedekah menjadi semakin banyak.

4. Dimudahkan Jalan untuk Mendapatkan Rezeki yang Halal

Saat bersedekah, Allah SWT akan membuka pintu rezeki bagi mereka yang melaksanakan perbuatan mulia tersebut, bahkan dari jalan yang tidak Anda sangka-sangka. Jadi, jangan pernah ragu untuk mesedekahkan harta di jalan Allah.

5. Harta yang Disedekahkan akan Kekal Di Siis Allah

Allah SWT akan menyimpan harta para umat-Nya. Sehingga harta tersebut dapat menolong para pemiliknya di akhirat kelak.

Bersedekah merupakan perbuatan mulia yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan rasul-Nya. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk mengeluarkan sedekah dan menginfakkan rezeki di jalan Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *