Kue-Bolu-Jagung

Cara Membuat Kue Bolu Jagung

Resep Bolu Jagung Lembut Nikmat – Bolu kukus biasanya dibuat dengan bahan dasar tepung terigu saja. Jika Anda memiliki jagung di rumah maka jangan bingung hendak mengolahnya menjadi makanan. Karena Jagung bisa diolah menjadi berbagai makanan yang enak.

Kue Bolu Jagung

Salah satu makanan yang bisa diolah dengan bahan dasa jagung adalah kue bolu jagung. Kue ini bisa menjadi pilihan menu yang cocok untuk dicoba. Jagung adalah sejenis syaur-sayuran yang mudah sekali ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Kandungan jagung yang kaya karbohidrat dan teksturnya yang unik ini akan memberikan cita rasa tersendiri pada bolu berbahan jagung yang satu ini.

Proses pembuatan kue bolu jagung pun cukup mudah. Hampir sama dengan pembuatan bolu kukus pada umumnya. Bahan-bahan pelengkap lainnya tidak jauh berbeda dengan resep bolu kukus yang lainnya.

Dari berbagai resep bolu kukus yang di kutip dari resepkuerenyah.com, proses pembuatan kue bolu kukus dengan berbagai bahan olahan yang diahas di blog tersebut juga hampir sama.

Yang perlu diperhatikan ketika proses pengukusan adalah dengan menutup pengukusnya dengan serbet agar airnya tidak menetes dan membuat permukaan bolu berlubang.

Selain itu untuk takaran bahan-bahan lainnya juga tidak memerlukan jumlah banyak. Menu bolu kukus berbahan jagung satu ini bisa menjadi pilihan kue minim budget yang layak anda coba.

Anda bisa melapisi bagian atasnya dengan toping coklat, keju atau sesuai selera Anda. Nah, berikut ini resep selengkapnya untuk membuat bolu jagung nikmat lembut.

Cara Membuat Bolu Jagung Lembut Nikmat

Bahan-bahan bolu jagung:

  • Jagung segar 200 gram
  • Telur 2 butir
  • Tepung terigu serbaguna 6 sendok makan
  • Gula pasir 6 sendok makan
  • Minyak sayur 50 ml
  • SP 1 sendok makan
  • Susu kental manis 1 bungkus

Cara Membuat Bolu Jagung Nikmat Lembut:

  1. Pertama-tama bersihkan jagung kemudian pipil dan blender tanpa air. Sisihkan sebentar. Setelah itu siapkan kukusan yang sudah diberi air kemudian panaskan.
  2. Siapkan wadah dan kocok telur, gula pasir serta SP sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu dan aduk balik sampai merata.
  3. Masukan susu kental manis serta jagung yang telah diblender. Kemudian aduk kembali sampai adonan benar-benar tercampur merata.
  4. Siapkan loyang bulat kemudian olesi dengan mentega. Tuangkan adonan bolu jagung ke dalam loyang. Kukus selama 20 menit. Lapisi panci pengukus dengan serbet.
  5. Tes kematangan dengan tusuk gigi. Jika adonan sudah tidak menempel pada tusuk gigi maka bolu sudah matang.

Demikian ulasan tentang cara membuat bolu jagung yang bisa Anda coba sebagai pilihan camilan lezat kali ini. Kue bolu ini bisa sebagai cemilan ringan ketika nongkrong menikmati hangatnya udara malam di rumah Anda, selamat mencoba.