Makanan Khas Bandung

Kuliner Khas Bandung yang Harus Anda Cicipi

Berwisata ke Bandung tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas Bandung. Bukan hanya rasanya yang enak, harga makanan di Bandung juga sama seperti di Yogyakarta dimana makanan khasnya memiliki harga yang tergolong murah. Ada banyak masakan khas Sunda yang dapat Anda nikmati di Bandung. Mulai dari warung kaki lima, hingga restoran kelas atas.

Kuliner Bandung yang paling terkenal dan mudah ditemui dimanapun contohnya adalah siomay atau batagor. Dengan bumbu kacang yang khas, kuliner ini mungkin bisa ditemui dimana saja tetapi tentu siomay asli yang Anda beli di Bandung memiliki rasa yang sangat berbeda dan autentik. Berikut beberapa jenis kuliner asli dari Bandung yang harus Anda cicipi saat berkunjung kesana.

3 Jenis Kuliner Khas Bandung yang Sedap

Untuk mendapatkan makanan khas Bandung di kota dengan sebutan Paris van Java ini tidak sulit karena tersedia hampir di setiap sudut kota. Bahkan tempat wisata yang terkenal seperti farm house lembang turut menyajikan makanan khas Bandung. Selain bertujuan untuk mengenyangkan perut wisatawan, kuliner khas ini juga dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Karedok

Foto by: @ agusardian16

Sekilas hidangan khas Bandung yang satu ini terlihat layaknya gado-gado. Pada dasarnya karedok memang memiliki kemiripan terhadap gado-gado, tetapi terdapat perbedaan di jenis sayurnya. Karedok juga menghidangkan sayuran dalam kondisi mentah namun tetap aman untuk dikonsumsi. Bila Anda menyukai rasa pedas, Anda harus meminta tingkat kepedasan sesuai yang Anda inginkan.

Tentu saja dengan olahan sayur ini, berbagai kalangan wisatawan dapat memakannya. Wisatawan vegan atau vegetarian dapat menjadikan karedok sebagai pilihan hidangan mereka. Karedok bisa Anda dapatkan di berbagai rumah makan khas Bandung, salah satunya Warung Cihapit Bu Siti yang berada di Jalan Cihapit. Selain menjual karedok, ada juga leunca dan masakan khas sunda lainnya.

Seblak

Foto by: @warungkanjengmami71k2

Makanan yang satu ini memang banyak digemari oleh penggemar kuliner pedas. Meskipun saat ini sudah banyak yang menjual seblak instant, namun tentu saja tidak ada yang dapat mengalahkan cita rasa seblak yang asli Bandung.

Seblak yang paling digemari oleh pecinta kuliner di Indonesia adalah Seblak Jebred yang terletak di Jalan Buah Batu no. 163. Warung makan seblak ini juga memiliki beragam jenis topping atau isian yang dapat Anda nikmati dengan seblak Anda. Harga seblak juga sangat terjangkau per porsinya, mulai dari Rp. 12.000 per mangkok dengan ragam pilihan topping mulai dari Rp, 3.000.

Nasi Timbel

Foto by: @ jktngobrolinmakan

Nasi yang satu ini sangat sedap bila dinikmati saat sedang hangat. Nasi timbel merupakan sajian khas Bandung yang disajikan dengan beragam jenis lauk pauk. Nasi timbel adalah nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang sehingga ketika dibuka dan dinikmati terasa perbedaan rasa dan wanginya dengan nasi biasa.

Kebanyakan orang akan menikmati nasi timbel dengan lauk seperti ayam goreng, ikan asin dan lalapan serta sambal terasi yang pedas. Salah satu penjual nasi timbel yang paling terkenal di Bandung adalah Nasi Timbel Bawean. Nasi timbel ini sudah ada sejak tahun 1985 dan sudah menjadi salah satu tempat makan legendaris yang wajib dikunjungi wisatawan.

Selain 3 makanan diatas, masih ada jenis kuliner khas Bandung lainnya yang wajib untuk Anda cicipi seperti mie kocok atau salah satu makanan manis yang paling terkenal yaitu Surabi. Jangan lupa untuk memastikan terlebih dahulu kebersihan dari penjual makanan yang akan Anda cicipi karena tentu Anda tidak ingin liburan Anda terganggu dengan masalah pencernaan. Selamat berwisata kuliner!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *