Macam-Macam-dan-Pengertian-Jurnal

Macam Macam dan Pengertian Jurnal

Istilah jurnal sebenarnya sudah tak asing lagi bagi seorang peneliti, akan tetapi sebagian juga masih belum mengetahui tentang jurnal itu keseluruhan.

Misalnya jurnal memiliki berbagai macam-macam yang sesuai dengan jenis penelitian yang dilakukannya.

Sehingga seorang peneliti nantinya akan lebih mudah untuk melakukan dalam pembuatan jurnal.

Untuk Anda yang masih belum mengetahui baik itu pengertian jurnal ataupun macam-macam jurnal silahkan simak ulasan dibawah ini.

Macam Macam Jurnal Yang Harus Anda Ketahui

Jurnal Kesehatan

Terkesan aneh memang untuk bagi Anda yang sedang terjun pertama kali didunia penelitian.

Bahwasannya untuk Anda yang terlibat biasanya dalam dunia kesehatan, maka bisa saja membuat jurnal kesehatan ini dalam penelitan yang akan Anda lakukan nantinya.

Jurnal Psikologi

Ternyata ada juga jenis jurnal psikologi, jadi bagi Anda yang terlibat pada dunia psikolog sebaiknya menggunakan jenis jurnal psikologi ini dalam melakukan penelitian.

Sebenarnya seorang psikolog itu untuk memberikan konsultasi terhadap seorang, baik berupa prilaku pribadi seseorang, menjelaskan kejadian, memprediksi dan yang lainnya.

Akan tetapi Ada juga seorang psikolog yang melakukan penelitian dari bidangnya tersebut, maka timbul yang namanya jurnal psikologi.

Jurnal Skripsi

Sudah tidak asing lagi tentunya dengan jenis jurnal berikut ini yaitu jurnal skripsi.

Terlebih jika Anda seorang mahasiswa akhir atau sudah lulus dalam jenjang perkuliahan, maka Anda biasanya diminta untuk membuat jurnal pada penelitian akhir untuk sebagai salah satu syarat lulusnya dari masa perkuliah.

Pada jurnal skripsi ini, seorang mahawasiswa akan ditugaskan untuk membuat jurnal sebelum akan melakukan sebuah penelitian untuk mengerjakan skripsinya. Sehingga dapat mempermudah proses pada mengerjakan skripsi nantinya.

Jurnal Ekonomi

Macam-macam jurnal berikutnya yang perlu Anda ketahui yaitu jurnal ekonomi.

Jurnal ekonomi ini juga memiliki peran sebagai laporan penelitian bagi Anda yang tergelut didalam dunia bidang ekonomi.

Dunia ekonomi tidak hanya ngomong perhitungan angka-angka saja, akan tetapi ada juga yang sering melakukan sebuah penelitian, sehingga membuat sebuah jurnal laporan ekonomi pada penelitannya.

Jurnal Sistem Informasi

Ada juga jenis jurnal sistem informasi, biasanya pada sistem informasi itu tak lebih memahi seputar teknologi informasi.

Sebagian orang mungkin masih belum tahu jenis jurnal ini, sehingga jarang digunakan atau dipahami.

Maka untuk Anda yang saat ini yang terjun pada dunia teknologi informasi yang sedang melakukan sebuah penelitan bisa menggunakan jenis jurnal ini.

Jurnal Keuangan

Tak jarang juga seorang yang sering terlibat pada dunia keuangan, menghitung dan mencatat segala arus masuk uang, akan tetapi ada yang melakukan sebuah penelitan.

Sehingga jurnal keuangan ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang sedang terlibat dunia penelitian pada kuangan.

Pengertian Jurnal

Sebenarnya ada dua defisi dalam pengerian jurnal baik dari jurnal ilmiah dan jurnal akuntansi.

Berikut penjelasannya dari masing-masing definisi tersebut.

Jurnal Ilmiah

Pengertian jurnal ilmiah adalah laporan penelitian yang menerangkan atau menjelaskan yang terkait pada penelitian yang sudah dilakukan kemudian diterbitkan secara teratur pada interval tertentu. Supaya dapat dipahami oleh pembaca untuk menambah sebuah pengetahuan atau sebagai bukti penelitian.

Jurnal Akuntansi

Sedangkan pengertian jurnal akuntansi adalah segala catatan transaksi keuangan pada badan usaha atau sebuah organisasi yang dicatat secara kronologis dan sistematis, dengan memilki tujuan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *