Manfaat Menulis

Manfaat Menulis

Bagi pelajar sekolah, menulis merupakan aktivitas yang selalu dilakukan setiap harinya. Bagi sebagian siswa, menulis hanya dilakukan saat kegiatan belajar mengajar saja, diluar itu sangat jarang dilakukan.

Menulis sangat berkaitan erat dengan hobi ataupun kesukaan, tanpa hal tersebut, maka rasa malas akan selalu menyelimuti diri sehingga jari jemari tak kunjung menari untuk menggoreskan tinta pada secarik kertas.

Perlu diketahui, menulis memiliki segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan. Terlebih untuk pelajar sekolah, kegiatan tersebut akan membantu menyelesaikan banyak tugas yang berkaitan dengan penulisan.

Bahkan, banyak tokoh-tokoh masyarakat ataupun pengarang seperti Pramoedya Ananta Toer yang memberikan motivasi agar selalu menulis, berikut adalah beberapa diantaranya:

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

“Menulis adalah sebuah keberanian…”

“Menulislah sedari SD, apa pun yang ditulis sedari SD pasti jadi.”

Nah, di atas adalah beberapa quotes dari Pramoedya Ananta Toer terkait menulis.

Manfaat Menulis untuk Siswa

Bagi yang masih enggan menulis selain di jam pelajaran, ada baiknya membaca manfaat menulis untuk siswa di bawah ini:

1. Menghilangkan Stres

Setelah hampir seharian memikirkan materi pelajaran, sudah barang tentu otak kita memerlukan penyegaran. Salah satu cara agar otak kembali segar adalah dengan menulis. “Ha, menulis? Bukannya malah tambah stres?”

Tunggu dulu, menulis materi pelajaran dengan menulis sebuah karya beda loh suasananya. Kalau tidak percaya, silahkan tulis apa saja yang ada di pikiran Anda, pasti akan mengalir begitu saja. Lain halnya dengan menulis materi pelajaran, harus mikir terlebih dahulu.

Jadi, bagi yang masih menggunakan game sebagai media untuk hiburan, cobalah sedikit-sedikit untuk menulis. Imbangilah permainan game dengan aktivitas yang sangat bermanfaat seperti menulis.

2. Belajar Berkarya

Berkarya bukan sekadar menulis puisi, pantun, ataupun dongeng belaka. Anda juga bisa meluapkan isi hati ke dalam bentuk tulisan, itu juga sudah termasuk sebuah karya.

Misal nih, Anda sedang galau karena sedang ada masalah dengan pacar Anda. Cobalah untuk menuliskan isi hati tersebut. Ketika tidak ada seseorang yang mau mendengarkan isi hati Anda, maka menulis adalah pilihan paling tepat untuk mengungkapkannya.

Dengan begitu, setidaknya Anda memiliki sedikit catatan yang suatu saat bisa dibaca kembali. Sama halnya dengan seorang penulis yang menerbitkan bukunya, tujuannya adalah agar bisa dibaca kembali. So, mulailah berkarya melalui menulis.

3. Mengasah Kemampuan

Semakin sering Anda menulis, maka akan semakin terasah pula kemampuan menulis Anda. Berbeda halnya dengan seseorang yang jarang menulis, ketika disuruh menuliskan sesuatu, pasti akan merasa bingung.

Jadi, jangan pernah beranggapan bahwa menulis itu tidak ada manfaatnya, itu salah besar. Bahkan, manfaat menulis juga bisa dirasakan saat mengerjakan tugas di sekolah, seperti misal laporan prakerin atau PKL.

Walaupun di Google sudah banyak contoh laporan PKL, Anda tidak boleh melakukan copy paste 100% karena bisa saja laporan tersebut ditolak dan Anda akan disuruh melakukan revisi. Nah, jika Anda sudah memiliki kemampuan menulis, bukanlah hal yang sulit untuk mengembangkan contoh yang sudah ada agar menjadi lebih baik.

4. Menyalurkan Hobi

Saat ini, tidak sedikit siswa yang memiliki hobi menulis. Ini adalah hobi yang sangat positif, selain bisa mengasah kemampuan menulis, bisa juga digunakan untuk belajar menulis di media online seperti blog.

Jika Anda sudah punya blog, maka Anda bebas menulis apa saja yang diinginkan. Bahkan, tulisan tersebut bisa dilihat oleh banyak orang secara langsung. Jadi tidak menutup kemungkinan Anda akan dikenal oleh banyak orang.

Selain itu, jika tulisan tersebut memiliki banyak pembaca, maka Anda bisa memonetisasi blog agar mendapatkan uang. Jadi, bukan hanya kesenangan saja yang Anda dapatkan, jika pengunjung blog sudah banyak, bisa juga menghasilkan uang.

Nah, itulah beberapa manfaat menulis yang akan didapatkan oleh siswa sekolah. Sebenarnya masih banyak manfaat-manfaat lainnya, tapi setidaknya manfaat di atas sudah cukup untuk membuat Anda yang belum suka menulis menjadi tertarik untuk mencoba menulis.

Ayo, mulai menulis sekarang juga,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *