tips menabung untuk pernikahan

7 Tips Menyiapkan Tabungan untuk Pernikahan

Menikah adalah momen spesial yang seringkali dijadikan momentum perayaan. Ada yang mengadakan secara meriah, namun ada juga yang hanya dihadiri oleh keluarga, kerabat dan teman.

Untuk mempersiapkan segala sesuatunya, kamu perlu memiliki tabungan untuk pernikahan. Nantinya, dana ini bisa kamu gunakan untuk acara hingga menjamu tamu yang datang.

Bagaimana dengan besarannya?

Hal ini akan tergantung apakah kamu ingin menrayakannya secara meriah atau sederhana. Selain itu, ada hubungannya juga dengan jumlah tamu yang akan kamu undang.

Semakin banyak, tentu pengeluarannya akan semakin banyak. Venue harus lebih besar, katering dan souvenir untuk tamu juga akan semakin banyak.

7 Tips Menyiapkan Tabungan Pernikahan

1) Cobalah untuk disiplin dan komitmen.

Tak hanya soal menjalin hubungan, menabung pun membutuhkan kedisiplinan yang tinggi dan komitmen yang besar.

Usahakan kamu memiliki target jumlah uang tertentu untuk ditabung khusus untuk menikah.

Bedakan juga dengan tabungan wajib yang memang harus kamu miliki secara personal. Bicarakan dengan pasangan tentang metode menabung yang tepat untuk kalian berdua.

Hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah membuat target. Misalnya, hasil akhir dari tabungan kalian adalah sekian juta dalam waktu beberapa bulan.

Buatlah perencanaan berapa besaran yang harus kalian tabung dalam per bulannya. Beberapa bank bahkan telah menyediakan fasilitas deposito cicilan yang bisa membantu kamu untuk mencapai hal ini.

2) Membuka rekening bersama.

Rekening bersama adalah solusi yang cukup bisa menjawab persoalan dana untuk menikah. Pastinya, rekening ini berbeda dengan rekening personal.

Rekening ini nantinya berisi uang patungan antara kamu dan pasangan. Selain itu, kamu juga bisa menghindari uang administrasi alias potongan bank dalam jumlah yang cukup banyak. Tentunya, ini bisa membuat kalian lebih berhemat.

3) Investasi.

Jika kamu dan pasangan merupakan tipe orang yang tidak tahan untuk menarik uang cash, sebaiknya investasikan dana kamu.

Bentuk investasinya bisa berupa properti, membeli emas murni, atau bahkan menabung saham.

Jenis investasi biasanya lebih menguntungkan dari suku tabungan. Anda juga tidak bisa mengambil porsi tabungan ke dalam cash sehingga dana bisa mengendap dan tumbuh.

4) Alokasikan transportasi.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita memang membutuhkan transportasi.

Kalau kamu hobi menggunakan angkutan umum yang bersifat personal seperti taxi atau mobil online, sebaiknya ganti ke angkutan umum yang lebih murah.

Atau jika kamu dan pasangan memiliki arah yang sama untuk bekerja, berbagi ruang tempat duduk akan lebih baik untuk menghemat pengeluaran.

5) Membawa bekal.

Makan di luar atau yang sering disebut eat out bisa jadi penyebab borosnya kamu. Membawa bekal dari rumah bisa membantu kamu untuk efisien pengeluaran.

Selain makanan rumahan yang harganya jauh lebih murah, kamu juga bisa menginvestasikan kesehatan dalam jangka panjang.

Makanan sehat tidak selalu mahal. Pilih menu yang sederhana tapi bergizi dan bermanfaat bagi tubuh.

6) Kurangi hang out.

Malam besok libur atau Jumat malam dan Sabtu malam sering menjadi godaan besar bagi para pasangan yang merencanakan pernikahan.

Selain alokasi makan dan transportasi, kamu juga sering mengeluarkan lebih untuk hal yang dirasa kurang perlu.

7) Lakukan apapun yang sekiranya bisa menghemat pengeluaranmu.

Tips-tips yang berkaitan dengan tabungan untuk pernikahan di atas bisa menjadi senjata kamu untuk bersiap-siap menuju pelaminan.

Apalagi jika kamu belum mempunyai ekonomi yang stabil dan memulai semuanya dari nol. Yang terpenting, selalu diskusikan hal ini dengan pasangan.

Menabung bersama akan terasa lebih puas daripada harus meminta orang tua, bukan?

Bicara soal pernikahan kami memiliki rekomendasi nih untuk persiapan pernikahan lainnya, nama websitenya adalah otwhalal.com. Website ini menawarkan ragam informasi seputar pernikahan, Anda bisa cari ide prewedding, undangan pernikahan, hingga lagu lagu yang cocok untuk pernikahan.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *