Panduan Pemula Kaki Palsu, Dari Perawatan Hingga Cara Penggunaan

Menggunakan kaki palsu pertama kali pasti sangat membingungkan dan menyulitkan. Untuk itulah ada panduan pemula kaki palsu yang akan membantu proses adaptasi Anda dengan kaki palsu tersebut. 

Panduan ini akan memberikan gambaran mengenai jenis, perawatan, serta cara penggunaan dari kaki palsu tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di artikel ini. 

Panduan Pemula Kaki Palsu

Panduan ini berisi jenis kaki palsu yang dapat dipilih, cara perawatan hingga cara penggunaannya. Berikut ulasan lengkapnya:

Jenis Kaki Palsu

Tiap orang memiliki kondisi kaki yang tidak sama, sehingga kaki palsu ini pun dibuat berbeda satu sama lain menyesuaikan kondisi pasien pengguna kaki palsu. 

Pembuatan kaki palsu akan didasarkan pada keadaan kaki yang telah diamputasi. Keadaan ini seperti letak amputasi tersebut, apakah dari lutut sampai bawah, pada telapak kaki atau pada mata kaki saja. 

Pastikan bahwa kaki palsu yang Anda pesan diukur dengan benar agar pas ketika dipakai dan tidak menyebabkan cedera lebih lanjut. Pastikan juga untuk mendapatkan kaki palsu dengan bahan pilihan yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan Anda. 

Cara Penggunaan Kaki Palsu

Panduan pemula kaki palsu yang ketiga yaitu cara penggunaan kaki palsu. Untuk penggunaan pertama kali akan dibutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan kaki palsu yang baru. Apalagi jika pengguna merupakan orang lanjut usia atau orang yang sudah lama menggunakan kursi roda.

Namun jika dilatih maka lama-lama kaki pun akan terbiasa dengan kaki palsu uang baru ini. Untuk latihan penggunaan bisa dimulai dengan latihan setiap hari. 

Berlatih tiap hari akan membuat tubuh dan kaki terbiasa dengan kondisi yang baru. Selain itu, gunakanlah juga tongkat pemandu untuk menjaga keseimbangan Anda.

Dengan tongkat ini Anda bisa berlatih keseimbangan tubuh ketika menggunakan kaki palsu. Berlatihlah secara teratur tiap hari, agar tubuh terbiasa. 

Panduan Merawat Kaki Palsu

Kaki palsu memiliki harga yang relatif tidak murah. Bahkan untuk jenis yang sangat baik bisa mencapai harga yang tinggi. Untuk itu penggunaan kaki palsu ini harus disertai dengan perawatan yang baik agar kaki palsu bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. 

Untuk itulah, Anda bisa melakukan tips perawatan kaki palsu ini di rumah. Jangan lupa minta bantuan orang terdekat agar proses perawatan bisa berjalan dengan lancar. Berikut tipsnya:

  • Hindarkan kaki palsu dari air agar tidak mudah rusak. 
  • Jangan cuci kaki palsu Anda. 
  • Bersihkan secara teratur dengan cara dilap dengan kain bersih. 
  • Angin-anginkan kaki palsu jika selesai dibersihkan. 
  • Jaga agar kaki palsu tidak lembab. 
  • Gunakan pengharum pada kaki palsu untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap. 
  • Lepas kaki palsu setelah beraktivitas. 

Cara Memilih Kaki Palsu

Panduan pemula kaki palsu berikutnya yaitu cara memilih kaki palsu. Untuk memilih kaki palsu, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Di antaranya yaitu melihat kebutuhan, melihat kondisi juga melihat jasa pembuatan. 

Anda harus melihat kondisi kaki yang akan dipakaikan kak palsu terlebih dahulu lalu menyesuaikannya dengan budget yang Anda punya. Sehingga Anda bisa memilih kaki palsu dengan material juga fitur yang sesuai dengan uang di dompet. 

Selain itu, Anda juga harus melihat jasa pembuatan kaki palsu tersebut. Apakah mereka sudah ahli atau belum. Agar hasil kaki palsu yang dipesan bisa sesuai dengan kebutuhan. 

Sudah Paham Bagaimana Panduan Pemula Kaki Palsu?

Itulah panduan pemula kaki palsu yang dapat menjadi acuan untuk penggunaan, pemilihan hingga perawatan kaki palsu. Jika ingin memiliki kaki palsu, Anda bisa meluncur ke Prostetika.com. Sebuah jasa pembuatan kaki dan tangan palsu serta alat rehabilitasi lain seperti produk prostetik dan ortotik premium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *