Paragraf Deskripsi

Paragraf Deskripsi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang menggambarkan secara jelas objek atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. 

Tujuan dari paragraf ini adalah membuat pembaca seakan-akan berada di tempat kejadian, ikut mengalami, melihat, mendengarkan dan merasakan mengenai suatu hal peristiwa atau adegan.

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi memiliki ciri-ciri yang sangat jelas, yaitu sebagai berikut :

Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.

Menjelaskan ciri-ciri fisik objek seperti bentuk, warna, atau ukuran.

Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci.

Ketika pembaca membaca paragraf deskripsi, maka seolah-olah pembaca akan mengikuti atau merasakan langsung topik yang sedang dibahas di dalam paragraf tersebut.

Jenis Paragraf Deskripsi

Ada 3 jenis paragraf deskripsi, yaitu :

1. Paragraf Deskripsi Subjektif
Paragraf ini menggambarkan objek berdasarkan apa yang dilihat dan dirasakan oleh penulis.

2. Paragraf Deskripsi Spasial
Paragraf ini menjelaskan tentang suatu objek hanya berupa ruang, tempat, benda dan lain sebagainya.

3. Paragraf Deskripsi Objektif
Merupakan paragraf deskripsi yang menggambarkan suatu objek dengan apa adanya berdasarkan objek yang sebenarnya. Dalam hal ini penulis tidak menambahkan pendapat pribadi terhadap objek tersebut.

Contoh Paragraf Deskripsi

Agar kamu lebih paham mengenai paragraf deskripsi, berikut kami berikan beberapa contohnya :

Contoh 1 

Puspa merupakan seorang penjaga perpustakaan yang amat cantik. Ia memiliki kulit yang putih dan merona. Rambutnya ditutupi oleh hijab, wajahnya cantik dan indah. Siapa saja yang melihatnya akan merasa senang dan tenang. Dia juga ramah kepada semua orang, wajar saja jika Puspa banyak digemari oleh teman sekelasnya.

Simak Juga : Contoh Paragraf Narasi

Contoh 2 

Aku mempunyai banyak pohon pepaya di kebun belakang rumah. Pohon-pohon tersebut hanya memiliki tinggi sekitar 1 meter saja. Saat ini buahnya sangat banyak. Ketika aku ingin memakan buah pepaya, aku tinggal memetiknya saja. Pohon-pohon pepaya tersebut dikelilingi oleh pagar.

Contoh 3

Jika diumpamakan permata, pesona Pantai Klayar bak mutiara yang berkilauan. Namun jika diibaratkan seorang gadis, pantai ini bagaikan sosok yang anggun dan enak dilihat. Sepintas kiasan tersebut memang seperti berlebihan, namun itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan pesona alam Pantai Klayar.

Contoh 4 

Aku mempunyai kucing bernama Chiro. Bulunya berwarna putih dan hitam dengan putih sebagai warna dominan. Chiro mempunyai ekor panjang dan lucu. Chiro suka sekali memakan sosis dengan nasi. Saat Chiro lapar, dia akan mengeong meminta makanan.

Contoh 5

Minggu lalu aku pergi berlibur ke Pantai Menganti. Pantai ini terletak di daerah Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Pantai Menganti memiliki bibir pantai yang tipis. Untuk mencapai ke bibir pantainya, kita harus menuruni bukit yang terjal. Biasanya orang-orang lebih memilih bersantai di bagian atas pantai itu. Dibagian atas itulah yang khas dan indah. Udaranya terasa sangat sejuk, serta lingkungannya bersih terbebas dari sampah.

Itulah ulasan mengenai paragraf deskripsi. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *