Pengertian dan Fungsi Utama Harddisk Pada Komputer

Laptop atau PC adalah alat canggih yang sangat membantu dalam pekerjaan, terutama mereka yang bekerja sebagai, karyawan kantor, penulis, auditor, konten kreator, desainer, freelancer, dan lain sebagainya. 

Di dalam laptop/PC, ada satu komponen penting yang berguna untuk penyimpanan data-data penting, yaitu Harddisk. Harddisk dalam laptop atau PC bisa diibaratkan otak pada manusia, yang mana tugasnya hampir sama yaitu menyimpan data yang telah diperoleh. Jika hardisk ini terkena virus atau bahkan rusak, maka data-data yang ada di dalamnya juga akan hilang atau rusak. 

Pada artikel ini kita akan membahas lebih dalam berkaitan dengan apa itu hardisk dan fungsinya dalam menunjang kinerja PC/laptop. 

Apa itu Harddisk ?

Harddisk atau sering juga disebut dengan HDD (Harddisk Drive) adalah perangkat keras yang ada pada komputer atau laptop yang berfungsi sebagai penyimpanan data. Mekanisme penyimpanan hardisk melalui cakram yang dilapisi dengan bahan magnetik. 

Harddisk pertama dikenalkan pada tahun 1956 oleh perusahaan IBM dan langsung diterima masyarakat. Akhirnya harddisk menjadi sebuah media standar penyimpanan pada komputer   pada tahun 1960-an hingga saat ini. 

Saat ini harddisk sudah mengalami kemajuan yaitu dengan adanya SSD atau Solid State Drives. Apa itu SSD? SSD adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC (Integrated Circuit) sebagai memori. Memori ini  punya fungsi yang sama dengan harddisk yaitu sebagai penyimpan data dan informasi. SSD juga lebih tahan terhadap guncangan fisik, tidak berbunyi ketika digunakan, serta memiliki waktu akses yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah.

Fungsi harddisk

Telah kita ketahui bersama bahwa fungsi dari harddisk sendiri adalah menyimpan data atau informasi yang dimiliki oleh user berupa:

1. Tempat Penyimpanan Database

Salah satu elemen terpenting dari komputer atau laptop adalah database. Database inilah yang nantinya membantu sebuah program atau aplikasi dapat berjalan di dalam PC atau laptop. Database biasanya disimpan pada komputer server, hal ini agar mudah dalam akses dari berbagai client yang ingin mengaksesnya.

2. Penyimpanan Data OS (Operating System)

Fungsi hardisk yang kedua adalah sebagai tempat menyimpan data dari OS. OS membutuhkan hardisk agar dapat mengoperasikan sebuah komputer. Karena OS membutuhkan sebuah ruang cukup besar untuk meletakan file dan data setelah diinstal.

3. Menyimpan Data dari Software atau Aplikasi

Hardisk juga mempunyai fungsi sebagai penyimpanan data dari software. Ketika menginstal sebuah aplikasi di laptop atau pc, data-data yang ada di aplikasi akan otomatis tersimpan di dalam harddisk. 

Perlu diketahui juga bahwa harddisk harus memiliki kapasitas cukup besar untuk menampung perangkat lunak dan aplikasi yang berat, yang mana hal itu dipengaruhi kuantitas dari aplikasi tersebut. Maka disarankan untuk mengecek dulu aplikasi yang akan diinstal agar harddisk tidak penuh.

4. Menyimpan Berbagai File Pengguna

Fungsi harddisk selanjutnya adalah tempat menyimpan berbagai file dari pengguna. File yang disimpan di dalam harddisk beraneka macam; Baik berupa gambar, video, serta dokumen seperti .doc, .pdf, .MP3, .MP4, dan lain sebagainya.

5. Sarana Back-up

Beberapa orang memanfaatkan harddisk eksternal sebagai media bantuan penyimpanan file penting. Kalau punya data-data penting, kalian bisa mencadangkan data-data tersebut ke dalam harddisk eksternal. Jika suatu saat PC/laptop kalian dicuri atau rusak, kalian masih punya data cadangan yang bisa langsung digunakan lagi.

Demikian penjelasan tentang harddisk dan fungsi utamanya. Kalau harddisk kalian digunakan untuk apa saja? Jangan malu untuk berbagi melalui kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *