Pengertian-Kwitansi

Pengertian Kwitansi

Mendengar istilah kwitansi, tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan?

Yaitu sebagai alat bukti bahwa sudah pernah melakukan sebuah transaksi ataupun jual- beli.

Namun yang perlu Anda pahami lagi yaitu tentang jenis jenis kwitansi itu sendiri, karena ada banyak sekali jenis jenis kwitansi yang sudah dibedakan berdasarkan dengan fungsinya.

Maka untuk itu silahkan perhatikan dari bahasan berikut ini meliputi pengertian kwitansi dan jenis jenis dari kwitansi.

Pengertian Kwitansi

Secara umum kwitansi adalah alat atau bukti bahwasannya seseorang telah melakukan sebuah transaksi maupun jual beli baik berupa barang ataupun jasa atau bisa juga dengan yang lainnya.

Sehingga setelah seorang tersebut sudah melakukan transaksi, maka biasanya akan mendapatkan alat bukti berupa kwitansi.

Akan tetapi kwitansi ini biasanya dibuat ataupun dikeluarkan hanya untuk bentuk jumlah transaksinya yang besar atau banyak, sehingga membutukan alat bukti yang nyata.

Tidak menutup kemungkinan juga biasanya seorang juga untuk mengeluarkan kwitansinya dalam hal transaksi yang kecil.

Setelah dapat memahami pengertian dari kwitansi diatas, maka Andapun bisa memahami dari berbagai jenisnya berikut ini:

Jenis Jenis Kwitansi

#1. Kwitansi Kosong

Jenis pertama pada kwitansi ini ialah jenis kwitansi kosong yang seringkali dicari cari oleh kebanyakan orang.

Karena kerap kali jenis kwitansi ini dijadikan sebagai bahan referensi, karena bentuk kwitansi yang masih kosong, sehingga sangat mudah untuk diterapkan pada kebutuhkan bukti kwitansi masing- masing pihak.

Dalam membuat kwitansi ini pun sangat mudah, Anda bisa melihatnya pada bahasan cara membuat kwitansi.

#2. Kwitansi Debet

Pengertian dari Nota debet atau bukti kwitansi ini yaitu merupakan dokumen transaksi sebagai permintaan pengurangan harga kepada pihak penjual ataupun fakta yang berisi data yang melaporkan tentang pengiriman kembali barang yang tidak cocok dengan pesanan( rusak).

Pemberitahuan dalam perhitungan hal ini ialah dikirimkannya pada sebuah industri ataupun badan usaha kepada konsumennya, kalau akunnya sudah di debet dengan jumlah nominal tertentu. Nota debit atau bukti kwitansi ini terbuat oleh pihak pembeli.

Hal- hal yang tercantum pada nota debit serta nota kredit atau bukti kwitansi ini pada prinsipnya merupakan sama, cuma ada perbandingan pada data yang tercantum di dalam tiap- tiap kwitansi.

Pada intinya fakta transaksi yang bernama nota kredit serta nota debit dikeluarkan dikala terjalin ketidakcocokan ataupun tidak cocok dengan benda yang diharapkan oleh pihak pembeli.

#3. Kwitansi Pembayaran

Jenis kwitansi berikutnya iyalah kwitansi bukti pembayaran.

Yaitu kwitansi ini berguna sebagai alat bukti bahwasannya telah melakukan sebuah pembayaran pada jenis tertentu, misalnya saja adalah pembayaran listrik, jasa ataupun bisa juga dengan yang lainnya.

#4. Kwitansi Pembelian

Sebaliknya juga ada jenis kwitansi pembayaran dan ada juga maka jenis kwitansi pembelian.

Yaitu jenis kwitansi ini seringkali didapatkan saat sudah melakukan sebuah pembelian pada toko tertentu, misalnya seorang telah melakukan pembelian pada toko banguan atau cat, maka seorang tersebut biasanya akan mendapatkan bukti kwitansinya.

Itulah bahasan mengenai pengertian kwitansi dan jenis jenis kwitansi, semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan bisa berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *