Perbedaan Iphone X dan Iphone XR

Perbedaan Iphone X dan XR

Jika berbicara tentang industri gadget memang tidak ada habisnya, perkembangan demi perkembangan terjadi begitu cepat, begitu pun dengan brand ternama di dunia gadget yakni Apple inc. yang sudah banyak mengeluarkan produknya di dunia gadget.

Salah satu produknya yang sangat laku di pasaran adalah smartphone yang diberi nama iPhone, smartphone dari Apple ini bisa sangat terkenal karena kualitasnya, mulai dari segi software, hardware maupun durability dari smartphone itu sendiri.

Maka dari itu Harga iPhone pun bisa dibilang lebih mahal, tetapi sah sah saja melihat sebuah kualitas yang anda dapatkan. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu produk terusan dari iPhone yakni iPhone X dan XR.

Iphone X vs Iphone XR
macpoin.com

Dilihat dari namanya, apa si perbedaan dari keduanya ?

  1. Jeroan Dapur Pacu

Apalah arti sebuah smartphone tanpa sebuah CPU yang disematkan didalamnya, bisa dibilang bagai manusia tanpa otak.

iPhone X yang release nya mendahului dari iPhone XR yakni pada tahun 2017 dan pada kala itu chipset terbaik dari Apple adalah teknologi CPU Apple A11 Bionic.

Berbeda dengan iPhone XR yang bisa dibilang versi terbaru dari iPhone X yang dimana pada kala perilisan nya yakni satu tahun setelah iPhone X dirilis. Dan pada kala itu Apple sendiri sudah memiliki chipset penerus yakni  Apple A12 Bionic.

Lebih detailnya secara arsitektur A12 lebih unggul dengan jumlah core yang mencapai 6 core, sehingga A12 bionic diklaim mampu memiliki kecepatan yang lebih baik hingga 50% dari versi sebelumnya. Hal tersebut berkat teknologi Image Signal Processor (ISP)

  1. Tampilan Layar

Jika anda orang yang menginginkan ukuran layar yang lebar, maka iPhone XR lah yang lebih cocok untuk anda, yang dimana iPhone XR sudah memiliki bentangan layar selebar 6,1 inci, sedangkan kakaknya memiliki ukuran layar yang lebih compact selebar 5,8 inci.

Dengan ukuran layar selebar itu, maka bodi dari iPhone XR terasa jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan iPhone X.

Selain itu perbedaan berikutnya terletak pada panel yang digunakan, dimana pada iPhone X panel yang digunakan adalah teknologi layar OLED, yang dimana teknologi tersebut diklaim lebih hemat baterai.

Sedangkan layar yang dipakai oleh iPhone XR adalah sama seperti iPhone iPhone sebelumnya yakni teknologi Liquid Retina Display.

  1. Tampilan Desain

Meski namanya dari keduanya itu sama, pilihan warna dari kedua Smartphone ini berbeda, iPhone X hanya memiliki 2 varian warna yakni Silver dan Space Grey.

Sedangkan adiknya memiliki varian yang lebih komplit yakni sapai 6 varian yang berbeda yaitu White, Black, Yellow, Coral, blue, Red.

Apple sendiri menghadirkan iPhone XR dengan banyak varian warna bukan tanpa maksud, melainkan Apple mengincar pengguna dari kalangan usia muda yang biasanya menyukai beragam wara yang cerah.

  1. Sektor Kamera

Jika anda seorang yang sudah menggunakan iPhone dari mulai iPhone 7 plus, maka anda tidak asing lagi dengan yang namanya portrait mode.

Pada iPhone XR yang sudah menggunakan chipset A12 bionic ini memiliki pembaruan teknologi yang dimana kamera tunggal iPhone XR bisa mengambil portrait mode. Hal tersebut dikarenakan teknologi komputasional fotografi.

Nah itulah beberapa perbedaan yang menonjol antara iPhone X dengan iPhone XR, secara teknis, iPhone XR adalah versi pembaruan dari iPhone X, jadi harga yang dibandrol untuk versi XR lebih mahal dari iPhone X.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *