5 Rekomendasi Wisata Alam Wonosobo Terbaik

5 Rekomendasi Wisata Alam Wonosobo Terbaik

5 Rekomendasi Wisata Alam Wonosobo Terbaik Untuk Dikunjungi – Apabila kita sedang mencari rekomendasi tempat wisata alam, maka salah satu rekomendasinya adalah kunjungilah kabupaten Wonosobo. Kabupaten Wonosobo sendiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah. Wonosobo sendiri terkenal karena letaknya yang cukup tinggi dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lain di sekitarnya sehigga banyak destinasi alam yang menarik untuk kita kunjungi. Salah satu wisata paling populer dari kabupaten Wonosobo ini tentunya adalah wisata dataran tinggi Dieng yang selalu menjadi pilihan pertama wisatawan luar kota saat ingin berlibur ke kabupaten Wonosobo.

Namun, wisata alam di Wonosobo tidak serta merta hanya Dieng saja. Ada banyak tempat wisata lain, khususnya di sekitaran Dieng yang bisa kalian jadikan wishlist saat kalian berkesempatan untuk mengunjungi Wonosobo. Termasuk Dieng, pada kali ini saya akan bagikan 5 rekomendasi tempat wisata alam Wonosobo Terbaik yang bisa kalian pertimbangkan untuk dikunjungi sebagai destinasi saat berlibur.

5 Rekomendasi Wisata Alam Wonosobo Terbaik

#1. Dataran Tinggi Dieng

Rekomendasi pertama tentunya adalah Dieng Plateu atau Dataran Tinggi Dieng. Sebagai salah satu empat wisata andalah di Jawa Tengah, dataran tinggi Dieng masuk dalam ranah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Karena letaknya berada pada 2 kabupaten, maka akses masuk ke Dieng bisa dilalui baik dari arah Wonosobo maupun Banjarnegara.

wisata alam wonosobo dieng
Instagram/widodo.elbara
wisata alam telaga warna
Instagram/athifzz
wisata alam kawah sikidang
Instagram/natasatankaixin

Kawasan tempat wisata alam Wonosobo ini menawarkan lebih dari jumlah  37 objek wisata alam yang tentunya menarik untuk kalian kunjungi. Beberapa rekomendasi wisata alam di Dieng antara lain adalah Komplek Candi Arjuna, Dieng Plateau Theatre, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Batu Pandang Ratapan Angin, Bukit Sikunir, dan Kawah Sikidang. Kawasan-kawasan ini bisa kalian kunjungi hanya dengan waktu satu hari saja, kecuali bukit Sikunir yang bisa kalian kunjungi pada keesokan harinya untuk mengejar pemandangan matahari terbit.

#2. Pendakian Gunung Prau

Bagi kalian yang tertarik dengan kegiatan mendaki gunung, pendakian Gunung Prau ini bisa kalian jadikan tujuan berikutnya. Gunung Prau sendiri memiliki ketinggian 2.565MDPL dan termasuk gunung yang ramah bagi para pemula. Maka dari itu, bagi kalian yang baru pertama kali ingin mencoba mendaki gunung, Gunung Prau patut untuk kalian jadikan pertimbangan.

Sebagai gunung yang memiliki ketinggian relatif rendah, Gunung Prau memiliki keistimewaan tersendiri dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Salah satu spot yang paling terkenal adalah Bukit Teletubies, dimana bukit ini memiliki penampakan menyerupai bukit pada serial Teletubies yang dipenuhi bunga daisy.

wisata alam pendakian gunung prau
Instagram/saragih_erick

Pendakian Gunung Prau ini sendiri dapat dilakukan dari beberapa jalur pendakian. Jalur tersebut antara lain Dieng, Patakbanteng, Kalilembu, Dwarawati, dan Wates. Dua nama pertama merupakan jalur paling populer yang sering dilalui para pendaki.

#3. Kebun Teh Tambi

Lelah dengan penatnya pekerjaan dan hiruk-pikuk perkotaan? Kebun Teh Tambi mungkin dapat meredakan semua itu.Perpaduan antara pemandangan yang asri dari kebun teh serta sejuknya udara yang bersih dan bebas polusi dan kebisingan merupakan perpaduan yang sempurna untuk melepas penat.

agrowisata kebun teh tambi wonosobo
Instagram/ikesndip
kebun teh tambi wonosobo
Instagram/ir_photograpy

Kebun Teh Tambi memiliki lokasi di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, sekitar 16 Kilometer ke arah utara dari pusat kota Wonosobo dan satu jalur dengan Dieng Plateu. Perkebunan Tambi berada di wilayah yang cukup tinggi yaitu 1.400 hingga 2.100 meter di atas permukaan laut di sisi Barat lereng Gunung Sindoro. Tak heran jika Kebun Teh Tambi memiliki udara yang sejuk dan segar. Perkebunan ini sendiri telah ada sejak tahun 1865 dan dirikan oleh Pemerintah Belanda. Selain menikmati pemandangan dan suasana perkebunan, kalian juga bisa mencoba paket wisata keliling kebun the yang disediakan oleh pengelola Kebun Teh Tambi. Paket ini meliputi melihat proses pengolahan teh di pabrik hingga menikmati teh yang dipetik langsung dari kebunnya.

#4. Danau Telaga Menjer

Tak lengkap rasanya kalau kita tidak memasukkan Telaga Menjer dalam rekomendasi tempat wisata alam Wonosobo. Telaga Menjer yang merupakan danau terluas di wilayah kabupaten Wonosobo tidak dapat kalian lewatkan pesonanya. Danau ini terbentuk secara alami dari letusan vulkanik Gunung Pakuwaja di masa lalu. Sebelum terjadi letusan, danau ini hanyalah mata air kecil kemudian melebar ketika turun hujan.

wisata alam telagra menjer
Instagram/hardysimatupang

Tempat wisata alam Wonosobo Telaga Menjer ini berada pada ketinggian 1.300 mdpl dengan luas area sekitar 70 Ha dan kedalaman 45 m. Karena tempatnya yang cukup tinggi, suhu rata-ratanya pun cukup sejuk dengan kisaran 22-27 °C. Jika melihat pemandangannya, Telaga Menjer ini bisa dibilang mirip dengan danau Bedugul di Bali dan danau Taman Hidup di Gunung Argopuro.

telaga menjer wonosobo
Instagram/hanakrisna_

Untuk menikmati pemandangan dan suasana Telaga Menjer secara klimaks, kalian bisa menaiki perahu yang tersedia di sekitar telaga. Hanya dengan membayar sebesar Rp10.000 hingga Rp20.000, kalian bisa menikmati berkeliling telaga dengan nyaman.

#5. Pemandian Air Panas Kalianget

Lelah setelah menjelajahi berbagai destinasi wisata alam di Wonosobo? Inilah saat yang tepat untuk mengunjungi Pemandian Air Panas Kalianget.

wisata pemandian air panas kalianget wonosobo
Instagram/mochtoyibna

Sensasi mandi air hangat yang alami dari panas bumi cocok untuk meredakan lelah dan pegal setelah berkeliling Wonosobo. Selain meredakan pegal dan capek, kandungan mineral dari air panas Kalianget dapat mengobati dan menyembuhkan penyakit kulit. Menarik bukan?

Itulah tadi 5 Rekomendasi Wisata Alam Wonosobo yang bisa kalian jadikan pilihan kalau kalian ingin berkunjung ke Wonosobo. Jika kalian bersama turis mancanegara dan mengalami masalah seputar imigrasi, bisa langsung datang ke kantor imigrasi wonosobo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *