Rukun-Iman-Islam-dan-Ihsan

Tiga Rukun yang Wajib Ditaati Orang Islam

Islam merupakan agama yang mengatur segala aktivitas kehidupan manusia dari ujung rambut hingga ujung kaki. Hal ini diatur oleh Allah Swt sebagai Pencipta yang mengetahui sifat dan perilaku manusia sedetail mungkin.

Pada dasarnya pedoman aturan berada pada Al-Qur’an dan hadist. Namun umat Islam juga wajib menjalankan dan mentaati rukun-rukun yang telah ditetapkan sebagai dasar bagi perilaku umat muslim.

Rukun yang Wajib Ditaati Orang Islam

Allah memberikan tiga dasar rukun yaitu rukun iman, rukun Islam, dan rukun ihsan. Ketiga rukun ini harus ditaati sebagai seorang muslim. Penjelasan tentang alasan kenapa harus menaati ketiga rukun tersebut ada di bawah ini:

Kewajiban Menaati Rukun Iman

Ke-enam hal yang terdapat pada rukun iman merupakan dasar keimanan yang harus diyakini dengan sepenuh hati dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Ke enam rukun iman itu adalah:

  1. Iman kepada Allah.
  2. Iman kepada Malaikat Allah.
  3. Iman kepada Kitab Allah.
  4. Iman kepada Rasul Allah.
  5. Iman kepada Hari Akhir.
  6. Iman kepada Qada dan Qadar.

Sesungguhnya tujuan kita hidup di dunia adalah untuk beribadah dan berlomba untuk mencapai surga Allah Swt. Namun di zaman yang telah berkembang ini kita mulai diserang, tidak hanya dari segi pola pikir, kita juga diserang dari berbagai perkembangan teknologi yang telah membutakan kita dari aktivitas rohani.

Sebagai seorang manusia, kita tidak hanya membutuhkan makan dan minum untuk memberi energi pada badan atau fisik kita. Namun sebagai seorang manusia, kita juga memerlukan pengetahuan rohani sebagai makanan untuk ruh atau jiwa kita.

Ketika jiwa kita menurun atau tidak memiliki kekuatan agama yang kokoh, maka akan mengganggu psikologis kita sehingga akan mudah mengalami stress, mudah marah, malas, dan lain sebagainya.

Sedangkan jika ruh atau jiwa kita mengalami peningkatan maka akan memperlancar aktivitas dalam sehari-hari. Kedua hal ini harus diimbangi dalam setiap kondisi. Sehingga keduanya dapat berjalan beriringan tanpa harus berat sebelah sehingga akan menimbulkan dampak yang negatif.

Sebagai umat Islam, kita harus memegang teguh enam keimanan tersebut sehingga mudah untuk mengamalkan dalam kehidupan.

Kewajiban Menaati Rukun Islam

Ke-lima rukun Islam ini akan mudah dilakukan ketika kita sudah melakukan enam rukun iman yang telah dijelaskan di atas.

Ke lima rukun islam itu adalah:

  1. Syahadat.
  2. Sholat.
  3. Puasa.
  4. Zakat.
  5. Haji

Ketika kita sudah percaya dan melakukan sepenuh hati ke-enam rukun iman di atas, maka secara langsung kita akan melakukan rukun Islam sebagai hamba yang taat kepada Allah.

Mulai dari mengucapkan dua kalimat syahadat, maka rukun islam selanjutnya adalah mengerjakan sholat. Dalam hal ini mengerjakan sholat wajib 5 waktu atau sholat fardhu yang dilakukan sehari 5 kali.

Sholat fardhu itu terdiri dari sholat shubuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya. Dalam menjalankan sholat fardhu terdapat rukun sholat dan bacaan sholat yang harus dihafalkan dan dibaca ketika mengerjakan sholat.

Untuk mengetahui bacaan sholat dengan benar, silahkan kunjungi https://wisatanabawi.com yang mengulas tentang bacaan sholat wajib dan sholat sunnah.

Kemudian dalam rukun islam selanjutnya yaitu mengerjakan puasa wajib pada bulan Ramadhan. Puasa wajib ini dilakukan selama 1 bulan penuh. Dan ini wajib dilakukan bagi umat islam yang sudah baligh.

Rukun islam selanjutnya adalah membayar zakat dan terakhir adalah menunaikan haji. Untuk rukun islam yang ke lima, menunaikan haji hanya diwajibkan bagi yang mampu secara finansial dan secara fisik mampu mengerjakannya.

Jika selesai dengan urusan keimanan, tentunya kita secara ikhlas mampu melakukan lima pilar dalam rukun Islam. Karena seperti yang kita ketahui, kadar keimanan manusia tidak seterusnya naik atau seterusnya turun, melainkan terus berputar tergantung bagaimana kita menjemput hidayah.

Jika kita menjalankan lima rukun Islam maka hati kita akan selalu dekat dengan Allah. Jika dekat dengan Allah maka kita akan selalu melakukan hal yang disukai oleh Allah, patuh kepada-Nya, maka Allah akan mencintai kita.

Jika Allah sudah mencintai hamba-Nya, maka Allah akan memberikan hal-hal yang kita butuhkan dalam hidup. Sehingga kita tidak akan mengalami kekurangan serta akan selalu bersyukur atas apa yang telah kita peroleh.

Kewajiban Menaati Rukun Ihsan

Rukun ihsan merupakan perilaku yang wajib dimiliki oleh umat Islam karena hubungan dengan Allah bersifat tidak terlihat oleh mata manusia, melainkan dirasakan oleh hati.

Sehingga dalam menjalankan hidup, tentunya kita harus bersikap merasa diawasi oleh Allah. Merasa diawasi dalam hal ini adalah kenyataan bahwa Allah selalu melihat apa yang kita lakukan.

Ssehingga kita harus memiliki rasa malu yang ditanamkan dalam diri agar tidak melakukan hal-hal yang tidak disukai atau dilarang oleh Allah.

Dengan menaati hal ini, maka kita akan selalu mengingat Allah dimanapun berada, selalu berbuat kebaikan, selalu berdzikir meng-agungkan Allah.

Selalu menjalankan kehidupan dengan hati yang tenang bahwa Allah selalu ada di sisi kita sehingga tidak pernah merasa khawatir. Selalu beryukur atas apa yang diterima, dan selalu memperbaiki kualitas iman diri sendiri.

Demikian ulasan tentang tiga rukun yang harus ditaati umat Islam. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi pengingat bagi kita untuk terus menjalankan kewajiban dalam Islam yaitu dengan ketiga rukun di atas, Aamiin.