Setting APN Indosat Lengkap

Bagi Kamu pengguna Indosat, merasa sudah membayar paket internet namun kecepatan internet pas-pasan atau lemot? Mungkin Kamu harus mencoba melakukan setting APN indosat. Cara ini diyakini bisa mempercepat dan menstabilkan koneksi, sehingga Kamu yang hobi bersurfing ria di dunia maya, tidak akan merasa terganggu karena masalah koneksi.

Settingan APN indosat bermacam-macam dan berbeda-beda sehingga harus disesuaikan tergantung kebutuhan, Tidak hanya settingan bawaan dari provide, Kamu bisa mencoba beberapa settingan lain. Sebelum mengetahui berbagai settingan APN indosat, sebaiknya Kamu mengetahui terlebih dulu apa itu APN. Berikut penjelasan APN seperti dikutip dari situs PickMe.pro.

Apa itu APN?

APN adalah singkatan dari Acces Point Name, yakni sebuah istilah teknis untuk jalan masuk (gateway) antara jaringan seluler seperti GSM, 3G atau 4G dan jaringan komputer lain. Sebelum menggunakan perangkat Kamu seperti smartphone Android atau iPhone, Kamu perlu mengatur APN yang sesuai dengan agar bisa menikmati jaringan internet.

Secara default, sebenarnya APN telah terbentuk saat kita mengaktifkan nomor provider tersebut. Nah nantinya, settingan default tersebut dapat diubah-ubah demi mencari settingan yang paling menghasilkan koneksi tercepat dan terstabil yang cocok bagi Kamu. Hal ini juga dipengaruhi dengan keadaan jaringan atau sinyal di mana Kamu berada (lokasi)..

Jadi fungsi APN secara ringkasnya adalah agar perangkat smartphone Kamu bisa terhubung dengan baik dengan jaringan internet. Pada artikel ini, pembahasan akan berkutat seputar provider Indosat Ooredoo dan beberapa settingan APN yang bisa Kamu coba. Indosat Ooredoo sendiri memiliki paket internet yang beragam dengan jumlah kuota bermacam-macam.

Setting APN Indosat Default

Setting APN Indosat default adalah pengaturan yang Kamu dapatkan dari bawaan saat Kamu mulai menggunakan paket internet dari provider indosat. Sebelum mencoba untuk mengganti setting APN untuk mempercepat koneksi, ada baiknya Kamu mengetahui settingan default APN indosat ini. Berikut settingan default APN indosat:

Nama: ISAT WAP

APN: indosatgprs

Proxy: dikosongkan

Port: dikosongkan

Username: indosat

Password: indosat

MMS Proxy: dikosongkan

MMS Port: dikosongkan

MCC: 510

MNC: 01

Authentication type: tidak diset

APN type: default, supl

APN protocol: ipv4/ipv6

APN roaming protocol: ipv4/ipv6

Setting APN Indosat 4G

Selain settingan APN Indosat default, ada juga setting APN indosat bagi Kamu yang menggunakan paket internet 4G saja. Seperti disinggung sebelumnya, cara ini bertujuan untuk mempercepat koneksi internet pada perangkat Kamu. Berikut adalah settingan untuk APN Indosat 4G

Nama: Indosat

APN: internet

Proxy: dikosongkan

Port: dikosongkan

Username: dikosongkan

Password: dikosongkan

MMS Proxy: dikosongkan

MMS Port: dikosongkan

MCC: 510

MNC: 01

Authentication type: tidak diset

APN type: default, supl

APN Protocol: ipv4

APN roaming protocol: ipv4

Setting APN Indosat Alternatif

Berikut ini adalah beberapa settingan APN Indosat alternative yang lain. Kamu bisa mencoba menggunakan settingan ini untuk mencari settingan APN Indosat mana yang paling cepat digunakan pada perangkat Kamu. Kamu bisa mengganti secara manual, ini daftarnya:

  1. Nama APN: indosat apn 1
    APN: lte
    Pengaturan proxy dan lain-lain cukup dikosongkan saja
  2. Nama APN: indosat apn 2
    APN: free
    Pengaturan proxy dan lain-lain cukup dikosongkan saja
  3. Nama APN: indosat apn 3
    APN: internet
    Pengaturan proxy dan lain-lain cukup dikosongkan saja
  4. Nama APN: indosat apn 4
    APN: indosatooredoo.com
    Pengaturan proxy dan lain-lain cukup dikosongkan saja

Setting APN Indosat Stabil

Jika settingan APN di atas adalah settingan alternative yang paling cepat, berikut ini adalah beberapa settingan APN indosat yang paling stabil. Bila Kamu menganggap kestabilan koneksi lebih penting ketimbang kecepatan, maka Kamu perlu menggunakan settingan APN berikut ini. Biasanya pengguna yang bermain game online paling butuh kestabilan koneksi.

  1. APN: wap.indosat-m3.net
    Server: nakula.indosat.com
  2. APN: 363.net
    Server: 8.8.4.4
  3. APN: mms.satelindogprs.com
    Username: satmms
    Password: satmm
  4. APN: indosatunlimited/indosatgprs
    Server: indosatm2.com
  5. APN: internet.globe.com.ph
    Server: 8.8.8.8 atau google.com
  6. APN: Vodafone
    Server: wap.vodafone.com
  7. APN: internet
    Server: 8.8.8.8
  8. APN: indosatooredoo.com/indosatm2
    Username: indosat
    Password: indosatgprs
    Server: 202.155.0.25

Cara Setting APN Indosat di Android

Dengan mengikuti langkah mudah berikut ini, Kamu bisa mengubah setting APN Indosat di smartphone Android Kamu.

  • Pertama-tama Kamu harus masuk ke menu pengaturan pada smartphone android Kamu terlebih dulu.
  • Kemudian, pilih opsi SIM Cards & Mobile Networks atau dalam pengaturan berbahasa Indonesia adalah pengaturan SIM Card dan jaringan.
  • Pilih nomor SIM indosat untuk mengubah settingan APN. Jika ada dua slot SIM Card di smartphone Kamu, maka pilih yang nomor Indosat.
  • Selanjutnya Kamu akan masuk ke pengaturan SIM, pilih APN (Access Point Name), lalu klik New APN untuk memasukkan settingan APN baru.
  • Isi settingan APN seperti pada salah satu daftar settingan APN di atas.
  • Jika sudah pilih Save atau Simpan.
  • Kembali lagi ke pengaturan APN, ubahlah APN default ke APN yang sudah Kamu masukkan barusan.

Cara Setting APN Indosat di iPhone

Sedangkan untuk para pengguna iPhone yang menggunakan sistem operasi iOs, Kamu tak perlu khawatir. Ada juga langkah-langkah untuk mengganti settingan APN Indosat ini. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk setting APN indosat di iPhone.

  • Arahkan perintah ke menu Settings pada iPhone Kamu
  • Lalu klik Cellular
  • Kemudian pilih lagi opsi Cellular Data Network
  • Kamu bisa langsung mengatur setting APN di iPhone dari sini. Pilih settingan APN (ada seperti daftar di atas), isikan dengan lengkap dan teliti.
  • Setelah terisi lengkap, klik Save atau Simpan
  • Lalu Kamu harus kembali ke settingan APN, untuk mengganti APN default ke APN baru.
  • Selesai.

Demikian beberapa langkah dan panduan bagi Kamu yang ingin mempercepat dan memperstabil koneksi internet dengan melakukan setting APN indosat. Setelah mencoba beberapa langkah di atas, segera cek bagaimana kecepatan internet yang Kamu pakai. Bila tidak puas, Kamu bisa mengembalikan settingan APN indosat di perangkat Kamu dengan settingan APN indosat default. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *